Cat Rumah Kayu Outdoor Terbaik Menjelang Lebaran

41

Rumah yang menggunakan material dari kayu cukup banyak diterapkan di Indonesia. Pasalnya, dahulu rumah-rumah masyarakat Indonesia menggunakan kayu sebagai tembok. Namun, hingga saat ini pun tidak sedikit orang yang menggunakan material kayu sebagai konstruksi bangunan. Apabila kayu digunakan sebagai material tembok maka perlu perawatan khusus agar kayu tidak mudah rusak meskipun kayu yang digunakan merupakan kayu jati. Ya, kayu merupakan jenis kayu yang memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca maupun serangan rayap.

Sayangnya, tidak sedikit orang menggunakan kayu selain jati untuk kontruksi bangunan sehingga dibutuhkan cat kayu yang tepat. Fungsi cat kayu bukan hanya sebagai mempercantik tampilan saja melainkan juga digunakan untuk melindungi kayu dari berbagai kerusakan seperti gesekan benda tumpul, serangga, jamur dan lain sebagainya. Terlebih jikan bersinggungan dengan cuaca maka fungsi cat memiliki peran yang penting agar kayu bisa bertahan lama.

Cat kayu untuk outdoor pada umumnya harus dilengkapi dengan weather resistance. Namun, dalam mengguankan cat tidak hanya sekedar mengetahui fitur pada cat saja melainkan juga tampilan finishing yang dihasilkan serta kandungan bahan pada cat. Pasalnya, saat ini masih banyak cat kayu yang menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya di dalamnya sehingga wajar saja jika cat kayu tersebut menimbulkan polusi pada lingkungan.

CS Biovarnish

Di Amerika, penggunaan cat kayu dengan bahan kimia berbahaya hampir tidak lagi diterapkan. Sebanyak 80% sudah dikuasai cat kayu yang ramah lingkungan yakni cat water based. Sedangkan di Indonesia, keberadaan cat kayu berbahan dasar air masih cukup langka dijumpai namun perkembangan cat kayu ini sekarang mulai meningkat. Ini menjadi kabar gembira karena masyarakat mulai menyadari akan pentingnya penggunaan produk yang ramah lingkungan.

Menjelang lebaran saat ini, pastinya membutuhkan cat kayu yang nyaman agar tidak mengganggu tamu yang hadir. Maka dari itu, cat rumah kayu outdoor menjelang lebaran yakni Biovarnish menjadi pilihan yang tepat.

Finishing Cat Rumah Kayu Outdoor Menjelang Lebaran Dengan  Biovarnish

Biovarnish sangat disarankan untuk finishing baik konstruksi bangunan, furniture ataupun mainan anak-anak karena cat kayu tersebut aman digunakan. Bahan yang terkandung dalam cat diformulasikan khusus sesuai dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US EPA dan ECHA Reach. Selain kandungan bahannya yang aman, cat kayu ini juga memberikan hasil yang  maksimal.

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa cat kayu ini bisa digunakan untuk kepentingan indoor maupun outdoor karena dilengkapi fitur tahan air dan tahan cuaca. Bahkan cat kayu ini juga mudah diaplikasikan sehingga cocok untuk pemula sekalipun. Nah, berikut teknik finishing Biovarnish yang bisa Anda lakukan dirumah sebelum lebaran:

  1. Gunakan Biovarnish Wood Filler untuk menutup pori-pori dan menyamarkan cacat pada kayu. Caranya mudah, Anda cukup larutkan dengan air kemudian aduk hingga larutan homogen. Setelah itu aplikasikan dengan pisau palet atau sejenisnya dan kemudian diamkan kurang lebih selama 30 menit. Setelah kering, amplas hingga serat kayu terlihat
  2. Gunakan Biovarnish Liquid Stain. Agar lebih cepat menyebar maka gunakan cara semprot. Setelah disemprotkan ke seluruh permukaan kayu lalu diamkan selama 60 menit. Dan amplas ambang apabila sudah kering sentuh.
  3. Gunakan Biovarnish Sanding Sealer. Larutkan dengan air dan aduk hingga homogen. Lalu semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Setelah kering sentuh, amplas ambang seluruh permukaan kayu.
  4. Gunakan Biovarnish Clear Coat matte atau gloss dan BioCide SPF agar tidak mudah terserang jamur. Campurkan dengan air kemudian aduk hingga homogen. Jika sudah tercampur dengan sempurna, aplikasikan ke seluruh permukaan kayu searah serat kayu. Kemudian diamkan selama semalaman atau hingga kering.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here