Grosir Cat Kayu Tidak Berbau dan Aman Bagi Kesehatan Yang Sesuai EPA

1113

Furniture yang tidak bau dan aman pastinya akan lebih nyaman digunakan karena tidak berbahaya bagi kesehatan ataupun lingkungan.

Furniture ataupun barang yang menggunakan bahan finishing bertujuan untuk meningkatkan minat pasar. Sehingga keindahan menjadi faktor utama untuk furniture agar lebih menarik dan memperkuat warna furniture. Pada umumnya, furniture yang hingga saat ini digunakan di Indonesia ataupun di negara-negara di dunia menggunakan material dari serat alam. Salah satu serat alam paling populer yang digunakan untuk furniture adalah kayu. Sedangkan kayu yang digunakan sendiri terdiri dari berbagai macam jenis tergantung dari jenis pohon tersebut.

Di Indonesia, material kayu sangat mudah ditemukan karena memiliki SDM yang memadai. Selain itu, terdiri dari kayu-kayu yang berkualitas mulai dari kayu dengan harga tinggi ataupun harga standar. Salah satu jenis kayu ekslusif dan paling diminati oleh pasar adalah kayu jati. Kayu tersebut memiliki keelokan pada tampilan serat dan warna yang dimilikinya sehingga kayu tersebut dapat ditimpa dengan berbagai macam warna. Selain itu, kayu jati juga dikenal sebagai kayu yang awet dan tahan lama.

CS Biovarnish

Disisi lain, kelemahan dari kayu jati adalah harga jualnya yang selangit sehingga tidak semua kalangan mampu menjangkau. Jikapun menggunakan kayu jati tentu memilih untuk menggunakan kayu jati dengan umur yang masih muda atau menggnakan jenis kayu lain sebagai pilihan alternatifnya. Baik menggunakan kayu jati atau kayu lain tentu tidak lepas dari tahap finishing. Pada tahap ini adalah tahap pengaplikasian cat pada permukaan furniture baik dengan tampilan natural kayu atau warna solid.

Pastikan untuk memulai tahapan finishing sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan pula kekuatan cat pada permukaan kayu. Pasalnya, tidak sedikit kayu mudah mengelupas atau memudar meskipun baru saja diaplikasikan. Disisi lain, kayu dengan kualitas yang rendah membutuhkan perlakuan istimewa sebelum tahap finishing. Karena kayu dengan kualitas tersebut cenderung lebih rentan terhadap berbagai faktor diantaranya perubahan cuaca, kelembaban udara, serangan jamur ataupun serangga.

Sebelum tahap finishing berlangsung, pastikan kayu dapat terlindungi dengan baik dengan cara treatment kayu tersebut. Tahap treatment ini dapat dilakukan pasca penebangan yakni dengan mengaplikasikan obat anti serangga atau obat anti jamur. Kenapa pasca penebangan? Ada beberapa jenis kayu memiliki kandungan air yang tinggi sehingga akan lebih resiko terserang jamur. Seperti kayu pinus atau juga dikenal sebagai kayu jati belanda, jenis kayu ini sangat mudah terserang jamur blue stain sehingga dibutuhkan perlakukan yang ekstra. Setelah tahap treatment maka kayu harus dikeringkan hingga mencapai tingkat kekeringan MC 12% atau kurang dari 15%. Setelah tahap ini, baru lah kayu tersebut dapat dilakukan tahap finishing secara bertahap.

Furniture yang baru saja diaplikasikan cat pasti meninggalkan bau yang menyengat. Hal ini dikarenakan cat mengandung banyak VOC serta kandungan kimia berbahaya seperti merkuri dan timbal. Biasanya cat yang memiliki bau menyengat terdapat pada cat solvent based yang notabene menggunakan bahan pelarut thinner dll. Berbeda halnya dengan cat tidak berbau seperti cat water based karena cat tersebut lebih rendah VOC bahkan tidak menggunakan bahan kimia berbahaya.

Cat water based yang sudah tersebar di Indonesia memang baru beberapa tahun terakhir ini, namun sangat banyak yang meminati ketika mengetahui keuntungan dari cat water based. Salah satunya lebih aman dan ramah lingkungan.  Maka dari itu, disarankan grosir cat kayu tidak berbau seperti cat water based daripada cat solvent based.

Grosir Cat Kayu Tidak Berbau Ternama di Indonesia

Cat water based lebih banyak dipilih karena lebih mudah untuk masuk ke ranah pasar internasional apabila Anda menginginkan produk furniture Anda di eksport ke luar negeri seperti Asia, Eropa maupun Amerika. Salah satu grosir cat kayu tidak berbau yang terpercaya tidak beracun adalah Bio Industries, karena bahan yang digunakan telah sesuai dengan standarisasi keamanan internasional dari US Environmental Protection Agency (EPA) dan regulasi keamanan rendah VOC dari Uni Eropa ECHA Reach Regulation Compliance.

Khusus untuk warna natural kayu  aka Anda dapat menggunakan kayu ramah lingkungan Biovarnish. Cat kayu ini terbuat dari water based acrylic yang khusus digunakan untuk tampilan natural kayu. Memiliki transparansi warna yang tajam dan kerekatan film yang kuat sehingga cat dapat melekat dengan sempurna dan hasilnya tajam. Selain itu, cat tersebut tidak meninggalkan bau menyengat seperti cat pada umumnya karena tidak terdapat kandungan minyak didalamnya. Selain itu, pelarut yang digunakan adalah air sehingga tidak menambah bau dan justru ramah lingkungan.

Kandungan minyak pada cat, tidak hanya meninggalkan bau menyengat melainkan juga cepat memudar. Jadi, cat tanpa kandungan minyak seperti Biovarnish justru dapat bertahan lebih lama. Bahkan cat natural kayu ini dilengkapi dengan fitur tahan air dan tahan cuaca sehingga dapat bertahan baik ketika digunakan untuk kebutuhan outdoor seperti kursi teras ataupun garden furniture lainnya.

Biovarnish terdiri dari berbagai varian diantaranya adalah Biovarnish Wood Filler yang bertujuan sebagai dempul, Biovarnish Wood Stain dan Biovarnish Liquid Stain yang bertujuan sebagai colouring, Biovarnish Sanding Sealer yang bertujuan untuk menciptakan lapisan cat yang kuat, pada tampilan solid maka dikenal sebagai cat primer, Biovarnish Glaze yang bertujuan untuk menciptakan tampilan finishing wash dan terakhir adalah Biovarnish Clear Coat yang bertujuan sebagai topcoat.

Untuk Biovarnish Wood Filler terdiri dari 4 macam warna kayu yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan yakni warna kayu jati, kayu mahoni, kayu ramin dan kayu sungkai. Sedangkan Biovarnish Wood Stain ataupun Biovarnish Liquid Stain terdiri dari 20 warna yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan yakni mulai dari yang tampilan natural kayu yang cerah hingga ke tampilan yang gelap. Terakhir adalah Biovarnish Clear Coat juga terdiri dari 2 tampilan akhir yakni matte atau gloss. Nah, pada tahap topcoat tersebut lah yang biasanya menentukan tampilan furniture mengkilap atau tidaknya.

Biovarnish tidak hanya cocok untuk finishing pada material kayu saja melainkan juga material dari serat alam lainnya seperti rotan, bambu, enceng gondok, daun pandan dan masih banyak lagi. Karena cat kayu ini cepat kering dan tidak membutuhkan sinar matahari selama pengeringan sehingga akan lebih menguntungkan. Dengan proses finishing cepat tentu saja akan mempermudah Anda produksi barang dengan cepat dan sesuai dengan pesanan konsumen.

Adapun langkah finishing menggunakan Biovarnish yang dapat Anda lakukan diantaranya adalah

  • Setelah kayu kering sempurna maka amplas terlebih dahulu agar permukaan kayu lebih halus dan rata sehingga akan mempermudah coating melekat dengan baik
  • Jika tampilan yang diinginkan adalah close pore maka Anda dapat mengaplikasikan Biovarnish Wood Filler secara keseluruhan ke permukaan kayu. Caranya, setelah dilarutkan dengan ai maka aplikasikan menggunakan pisau scrap ke seluruh permukaan kayu dengan rata. Lalu diamkan selama 20-30 menit di tempat yang teduh atau dalam suhu ruangan. Kemudian apabila sudah kering, amplas menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 240
  • Pilih tampilan warna yang diinginkan baik dengan Biovarnish Wood Stain atau Biovarnish Liquid Stain. Pastikan untuk mengencerkan cat tersebut terlebih dahulu untuk menurunkan intensitas warnanya sehingga ketika diaplikasikan tidak terlalu gelap. Kemudian, diamkan dalam suhu ruangan selama 60 menit. Apabila sudah kering sentuh maka amplas permukaan kayu tersebut menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  • Untuk mempertajam sekaligus memperkuat coating maka gunakan Biovarnish Sanding Sealer. Cara pengaplikasian sebenarnya hampir sama dengan tahap diatas yakni setelah dilarutkan dengan air maka aplikasikan ke seluruh permukaan kayu dengan cara semprot. Setelah merata, keringkan dalam suhu ruangan selama 60 menit. Jika sudah kering, amplas ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400

Terakhir, aplikasikan Biovarnish Clear Coat tampilan matte atau gloss. Setelah dilarutkan dengan air, aplikasikan ke seluruh permukaan kayu secara merata. Lalu diamkan selama semalaman untuk hasil yang optimal. Setelah kering, furniture tersebut dapat langsung digunakan tanpa harus diangin-anginkan di tempat terbuka karena cat tidak tersebut tidak menguap.

Pemesanan Cat Kayu Tidak Berbau, Biovarnish

Untuk harga grosir cat kayu tidak berbau yang bagus dari Bio Industries salah  satunya adalah Biovarnish. Cat ini digunakan khusus untuk menampilkan warna transparan kayu dengan system kuas. Anda dapat melakukan pemesanan kepada kami baik eceran maupun grosir. Untukh harga lebih murah, Anda dapat membeli dalam partai besar. Anda juga dapat melakukan penawaran harga kepada kami apabila melakukan pembelian dalam partai besar. Untuk mendapatkan produk ini, Anda dapat melalui website ini. Atau ingin mendapatkan harga grosir cat kayu tidak berbau ini lebih murah, Anda dapat membeli dalam partai besar. Untuk informasi serta pemesanan, silahkan menghubungi customer service kami via telp melalui kontak hotline yang sudah tercantum pada website. Atau Anda juga dapat melakukan pemesanan melalui marketplace yakni https://www.bukalapak.com/u/agen_biovarnish, https://www.tokopedia.com/biovarnishseries atau https://shopee.co.id/biovarnish.official.

Dalam memilih grosir cat kayu tidak berbau alangkah baiknya memilih produk yang terpercaya tertutama produk yang sudah menggunakan bahan yang sesuai dengan standarisasi keamanan internasional.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here