Finishing Pintu Utama Dengan Cat Kayu Tahan Air Agar Tidak Cepat Pudar

914

Pintu utama adalah hal pokok dalam suatu hunian. Jika digunakan pada hunian pribadi, pintu utama paling banyak menggunakan bahan dari material kayu. Namun, jika digunakan untuk perhotelan, toko dll biasanya terbuat dari alumunium dan kaca.

Memang tidak sedikit orang yang menggunakan kayu sebagai pintu utama karena karakter kayu yang memiliki ciri khas berbeda-beda. Setiap kayu memiliki tampilan serat yang berbeda dan umumnya menunjukkan kualitas dari kayu tersebut.

Memang, serat pada kayu akan menambah nilai artistik dari kayu itu sendiri. Maka dari itu, masyarakat pada umumnya lebih menyukasi serat kayu seperti kayu jati karena rapi, halus dan seratnya yang lurus berkelok.

CS Biovarnish

Selain tampilan serat, kayu juga banyak dipilih karena memiliki kualitas ketahanan serta keawetan yang baik. Jika digunakan untuk pintu utama, biasanya kayu yang dipilih harus tahan terhadap perubahan cuaca, serangan jamur ataupun rayap dan memiliki stabilitas yang baik.

Tidak banyak kayu yang memiliki stabilitas yang baik sehingga ketika mengalami perubahan cuaca maka kayu tersebut akan mudah menyusut atau memuai sehingga sulit digunakan sesuai dengan fungsinya.

Pintu utama terutama berbahan dasar kayu sangat rentan dengan cuaca. Apabila terkena air atau paparan sinar matahari secara terus-menerus maka kayu akan mudah rusak. Maka lapisan cat sangat penting untuk melindungi kayu dari kelapukan.

Tentu saja cat kayu yang digunakan khusus untuk eksterior. Cat kayu eksterior pada umumnya diformulasikan dengan fitur tahan air dan tahan cuaca sehingga cat dapat bertahan dari paparan sinar matahari ataupun air hujan/embun.

Cat kayu tahan air dengan kualitas yang bagus akan memberikan hasil yang maksimal pada kayu. Gunakan cat kayu dengan kualitas serta aman untuk digunakan.

Finishing Pintu Utama Menggunakan Cat Kayu Water Based

Pintu utama akan terjaga dengan baik apabila finishing pintu menggunakan cat kayu tahan air yang tepat. Dengan dilengkapi fitur ketahanan terhadap cuaca dan air membuat furniture eksterior seperti pintu dapat bertahan lebih lama dan tidak mudah terserang jamur, rayap atau bahkan lapuk karena perubahan cuaca.

Pada penjelasan diatas, cat kayu memiliki peran yang penting namun untuk menggunakan cat kayu sebaiknya gunakan cat yang aman. Seperti apakah cat kayu yang aman?

Cat kayu yang aman adalah cat kayu yang tidak memberikan dampak buruk pada lingkungan. Dampak buruk yang disebabkan oleh cat berbagai macam bahkan dapat mengganggu kesehatan orang ataupun hewan peliharaan.

Cat yang berdampak buruk pada lingkungan tentu saja sangat berbahaya. Sebab, cat tersebut mengandung senyawa kimia yang mampu mencemari udara, air ataupun tanah. Dan jika senyawa kimia berbahaya tersebut terhirup dan mengendap didalam tubuh, dapat memicu penyakit serius seperti gangguan pernafasan, gangguan syaraf hingga kanker.

Saat ini, cat kayu yang aman baru lah cat water based atau cat berbahan dasar air. Sebagian orang mungkin belum mengatahui bahwa cat kayu ternyata ada yang berbahan dasar air. Selama ini, banyak orang mengenal cat kayu dari bahan solvent atau harus menggunakan pelarut thinner atau senyawa organik lainnya.

Cat kayu water based ini diklaim aman karena penggunaan bahan kimianya yang aman dan rendah atau bahkan tanpa VOC. VOC ini adalah senyawa yang mencemari udara bahkan juga dapat berdampak pada rusaknya lapisan ozon yang membuat permukaan bumi semakin panas.

Maka dari itu, banyak orang yang peduli akan lingkungan mulai menggerakkan untuk memakai produk yang ramah lingkungan, salah satunya adalah produk yang tidak mengandung VOC atau masih dalam batas yang aman.

Walaupun cat ini masih tergolong cat kayu yang baru dikembangkan di Indonesia namun kualitasnya telah terpercaya. Sebab, banyak negara yang telah menerapkan penggunaan cat kayu yang ramah lingkungan.

Untuk menggunakan cat water based, Anda tidak perlu mengimport dari luar negeri. Kualitasnya memang sudah terjamin bagus namun Anda akan mengeluarkan biaya lebih untuk membeli produk luar negeri.

Cat water based di Indonesia yang memilki kualitas yang bagus serta keamanan bahannya yang sudah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan internasional adalah Biovarnish.

Cat tersebut memang diformulasikan sebagai pengganti cat kayu solvent based seperti plitur atau pernis. Sehingga aplikasinya pun menyerupai bahkan Biovarnish memiliki varian yang lebih lengkap.

Produk cat water based memang sangat terbatas bahkan kuota cat water based masih kalah jauh dengan cat solvent based. Namun, berbeda dengan Biovarnish notabene terdiri dari varian produk finishing natural kayu yang lengkap.

Cat kayu berkualitas intenasional ini juga dapat digunakan untuk interior ataupun eksterior karena dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan yang selama ini banyak dijumpai pada cat solvent based.

Kekurangan dari cat water based adalah untuk tingkat kilap, cat water based belum seoptimal cat solvent based. Untuk Biovarnish, tingkat kilap sudah mencapai prosentase 80%. Angka ini sudah sangat baik untuk tingkat kilap pada cat water based.

Jika menginginkan tingkat kilap yang optimal maka Anda dapat mengaplikasikan topcoat gloss beberapa layer hingga mendapatkan tingkat kilap yang Anda inginkan.

Untuk mendapatkan tampilan natural kayu pada pintu utama hingga optimal maka dibutuhkan beberapa tahap finishing. Dengan varian produk Biovarnish pastinya Anda akan merasa puas.

Tingkat tajam Biovarnish sangat baik sehingga ketika diaplikasikan sekali saja maka akan menampakkan hasil yang signifikan. Bahkan, serat kayu akan terlihat tajam dan warna kayu pun semakin menonjol.

Jika menggunakan metode finishing kuas, Biovarnish lah ahlinya. Sebab, ketika Anda menggunakan kuas dan memoleskan Biovarnish ke permukaan media finishing maka tarikannya akan terasa ringan dan cat merata dengan baik.

Sebagai cacatan, jika Anda pemula baik ketika menggunakan cat water based atau cat solvent based maka disarankan untuk menggunakan kuas sponge. Dan apabila tetap menggunakan kuas berbulu halus maka disarankan untuk melapisinya dengan kain.

Penggunaan kuas sponge atau kuas yang sudah terlapisi dengan kain bersih diatas bertujuan agar tidak meninggalkan bekas kuas (brush mark) sehingga hasilnya akan rapi, halus dan warna merata dengan baik.

Untuk menciptakan tampilan natural kayu, berikut cara aplikasi cat Biovarnish yang tepat:

  1. Bersihkan kayu dari kotoran menggunakan ampelas. Lakukan hingga bersih dan permukaan kayu rata. Jika sudah bersih maka bersihkan sisa debu pengamplasan tersebut dari permukaan kayu
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler untuk menyamarkan cacat kayu seperti mata kayu, bekas paku dll. Jika sudah diaplikasikan, diaman selama 30 menit lalu amplas menggunakan kertas amplas no. 320 apabila sudah kering
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain menggunakan kuas ke seluruh permukaan kayu. Diamkan kurang lebih 60 menit dalam suhu runagan kemudian ampelas halus permukaan kayu menggunakan kertas amplas no. 400
  4. Aplikasikan Biovarnish Clear lalu keringkan di tempat teduh selama semalam untuk hasill maksimal

Cat Kayu Tahan Air Terbaik di Indonesia

Biovarnish merupakan cat kayu tahan air berbahan water based acrylic yang sudah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan internasional seperti US-EPA (Enviromental Protection Agency) dan ECHA (European Chemical Agency) Reach.

Penggunaan bahan-bahan yang telah disesuaikan dengan standar regulasi internasional tersebut sehingga Biovarnish aman digunakan. Dengan kandungan VOC yang sangat rendah dan tidak menggunakan bahan-bahan kimia, Biovarnish juga aman jika digunakan untuk lapisan pada mainan anak-anak, furniture bayi ataupun kandang hewan peliharaan.

Kandungan VOC yang rendah serta tidak terkandung bahan kimia berbahaya membuat Biovarnish tersebut tidak mengeluarkan bau cat yang menyengat serta tidak beracun. Maka dari itu, cat berbahan dasar air ini sangat aman dan nyaman digunakan.

Biovarnish sangat cocok diaplikasikan pada furnitur interior ataupun eksterior seperti pintu dengan media kayu, bambu, rotan atau serat alam lainnya. sebab cat water based ini memiliki fitur dengan daya rekat film yang kuat, transparansi warna yang baik, cepat kering, tahan air, serta tarikan kuasnya yang ringan.

Gunakan cat kayu dengan bahan water based demi kenyamanan orang-orang sekitar Anda dan mari ikut serta menjaga lingkungan dari kerusakan yang disebabkan oleh pencemaran cat solvent based.

Cara Pemesanan:

Untuk pembelian varian produk Biovarnish, Anda dapat langsung menghubungi kontak yang tercantum pada website ini. Atau dapat juga melalui e-mail Bioindustries yakni [email protected]

Sedangkan untuk pembelian online, Anda akan dapat membeli dengan cara yang praktis. Anda dapat melakukan pembelian melalui marketplace Bioindustries kesayangan Anda yakni

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries

Selain itu, Anda dapat melakukan pembelian offline dan juga konsulitasi langsung mengenai perkayuan baik teknik finishing, perawatan dll. Kunjungi Bio Office di

Bio Centre : Jl. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta, DIY

Bio Service Jepara: Jl. Raya Kudus Km.9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah

Bio Service Cirebon: Jl. Escot No. 42 Rt.014/Rw 014, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat

Bioindustries tidak hanya menyediakan produk-produk finishing natural kayu saja melainkan juga produk perkayuan lainnya seperti cat solid, obat anti jamur/seranga, bahan bleaching kayu hingga untuk perawatan kayu.

Semua produk yang diproduksi oleh Bioindustries ini pastinya aman dan ramah lingkungan serta telah disesuaikan dengan standar keamanan regulasi internasional sehingga kualitasnya pun sangat baik.

Pastikan sejak sekarang untuk menggunakan produk-produk finishing yang aman dan ramah lingkungan guna menjaga lingkungan dari dampak buruk bahan kimia berbahaya.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here