Sanding Sealer Bahan Pelapis Cat Air untuk Kayu dengan Hasil Natural

91

Sanding sealer bahan pelapis cat air kayu akan menghasilkan warna kayu yang lebih tajam dan natural

Tidak semua bahan finishing saat ini aman digunakan. Sebagian cat kayu masih menggunakan bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Apa tanda cat tersebut berbahaya bagi kesehatan ataupun lingkungan? Pada umumnya, cat kayu tersebut mengeluarkan bau cat kayu yang menyengat. Adapula cat kayu yang tidak berbau namun cat tersebut belum tentu aman digunakan. Yang menjadi tanda pasti cat tersebut tidak aman adalah cat tersebut mengalami penguapan. Sebab, cat akan mengeluarkan zat-zat kimia berbahaya selama proses penguapan. Sehingga banyak furniture pasca finishing tidak boleh langsung dimasukkan ke dalam gudang atau ruang tertutup dikarenakan agar uap cat berkurang terlebih dahulu.

Cat kayu yang mengalami penguapan tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan ataupun lingkungan melainkan juga akan mempengaruhi tampilan dari furniture.Sebab, cat kayu yang menguap lambat laun warnanya akan memudar. Jika cat kayu memudar dengan waktu yang lebih cepat maka harus segera dilakukan refinishing. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mengembalikan tampilan awal dan melindungi furniture dari kerusakan.

CS Biovarnish

Cat kayu dengan bahan dasar air ini masih tergolong baru di Indonesia dan bahkan masih sedikit orang yang mengetahui cat kayu berbahan dasar air. Namun, secara realita bahwa cat kayu justru lebih populer dalam bidang finishing. Banyak buyer mancanegara sangat memperhatikan cat kayu yang digunakan pada furniture. Hal ini dikarenakan beberapa negara maju mulai menggunakan produk ramah lingkungan salah satunya adalah cat berbahan dasar air. Wajar saja jika cat berbahan dasar air tersebut lebih familiar di luar negeri dibandingkan di tanah air.

Sanding Sealer Bahan Pelapis Cat Air untuk Kayu Yang Ramah Lingkungan

Sanding Sealer Bahan Pelapis Cat Air untuk Kayu

Untuk menjaga lingkungan dan tidak menimbulkan dampak buruk pada kesehatan maka terciptalah cat kayu yang menggunakan bahan-bahan yang aman dan ramah lingkungan. Masyarakat dunia saat ini sangat memperhatikan produk-produk yang ramah lingkungan guna menyelamatkan kesejahteraan bumi. Pasalnya, bumi mengalami banyak polusi diakibatkan oleh zat kimia berbahaya yang tersebar di dunia. Bahkan, zat kimia berbahaya menjadi salah satu penyebab lapisan ozon semakin melebar. Dengan demikian, untuk mengurangi adanya pemanasan global karena melebarnya lapisan ozon, alternatif yang dilakukan adalah dengan menggunakan produk ramah lingkungan termasuk cat berbaha dasar air.

Bagaimana dengan cat berbahan dasar air di Indonesia? Cat berbahan dasar air di Indonesia masih dianggap sangat baru sehingga masih sedikit orang yang menyadari akan keberadaan dari cat kayu tersebut. Bahkan masih banyak orang yang belum mengetahui yang dinamakan cat berbahan dasar air atau cat water based dan manfaat penggunaannya. Namun, karena cat berbahan dasar air ini sudah begitu populer di pasar internasional dan peminat buyer mancanegara yang semakin meningkat membuat cat berbahan dasar air di Indonesia juga mengalami peningkatan. Sangat penting bagi Anda yang memiliki usaha kerajinan atau industri mebeling apabila menginginkan pangsa pasar internasional untuk menggunakan produk yang ramah lingkungan. Pasalnya, terdapat negara tertentu yang sangat menekankan keamanan produk seperti tingkat VOC pada cat. VOC (Vehicle Organic Compounds) merupakan senyawa organik yang mudah menguap dan beracun sehingga akan berbahaya bagi lingkungan jika keberadaannya di udara.

Biovarnish Sanding Sealer merupakan salah satu cat berbahan dasar air dari produk Indonesia yang direkomendasikan. Sebab, kualitas dari cat kayu tersebut sesuai dengan standar internasional sehingga cat ini pun tidak kalah bagus dengan cat kayu dari luar negeri. Biovarnish menggunakan bahan-bahan yang diformulasikan khusus sesuai dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach sehingga cat tersebut tidak mengeluarkan bau menyengat, rendah VOC dan tidak beracun.

Kandungan bahan pada Biovarnish yang aman membuat cat kayu ini baik untuk finishing interior ataupun eksterior. Menariknya, cat kayu tersebut tidak menyebabkan berbagai kontaminasi bahan kimia sehingga baik digunakan untuk finishing furniture atau mainan anak-anak.

Finishing Natural Kayu Menggunakan Sanding Sealer Bahan Pelapis Cat Air untuk Kayu

Biovarnish direkomendasikan untuk finishing natural kayu karena cat kayu ini dilengkapi dengan fitur-fitur khusus untuk finishing warna kayu. Diantaranya fitur unggulan pada Biovarnisha adalah memiliki transparansi warna yang tajam, daya rekat yang kuat, good-levelling, tahan air, tahan cuaca, mudah digunakan dan memiliki daya elastis yang baik.

Biovarnish Sanding Sealer merupakan sanding sealer berbahan dasar air yang memiliki kualitas yang  bagus baik dari segi hasil finishing ataupun keamanan bahannya. Bahkan, Biovarnish Sanding Sealer mampu menutup pori-pori kayu secara maksimum, memotong bulu-bulu halus dan mempertajam tampilan coating sebelumnya. Dan, cat kayu berbahan dasar air cenderung lebih cepat kering dibandingkan dengan cat konvensional. Selain itu, untuk proses pengeringnya pun tanpa harus dikeriangkan dibawah sinar matahari melainkan cukup di dalam suhu ruangan saja. Tentu penggunaan cat berbahan dasar air lebih menguntungkan dan efisien karena tidak menghabiskan waktu banyak dan hasilnya pun optimal.

Pasca finishing, Biovarnish akan terasa berbeda dengan cat konvensional sebab jika finishing cat konvensional usai maka furniture yang sudah terlapisi cat tersebut harus didiamkan di ruang terbuka untuk mengurangi adanya penguapan cat. Selain itu, didiamkan di ruang terbuka juga membuat VOC pada furniture berkurang. Sayangnya, apabila terjadi penguapan cat tersebut maka tampilan cat pada furniture pun lambat laun akan memudar. Berbeda dengan cat berbahan dasar air yang notabene dapat langsung digunakan karena tidak mengalami penguapan dan nyaman untuk digunakan karena tidak mengeluarkan bau.

Nah, penasaran bagaimana teknik finishing Biovarnish cat berbahan dasar air ketika digunakan untuk finishing natural kayu? Berikut tahap finishing menggunakan Biovarnish Sanding Sealer setelah diaplikasikan liquid stain:

  • Setelah permukaan furniture diaplikasikan liquuid stain, amplas ambang permukaan furniture tersebut hingga terasa halus. Kemudian bersihkan dari sisa-sisa debu yang menempel pada permukaan furniture agar mempermudah coating setelahnya melekat dengan optimal
  • Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer. Sebelumnya, larutkan terlebih dahulu Biovarnish Sanding Sealer dan air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air lalu aduk hingga larutan tersebut tercampur dengan baik. kuaskan ke seluruh permukaan kayu, disarankan untuk menggunakan kuas sponge atau kuas yang sudah terlapisi kain katun untuk menghindari adanya brush mark. Jika menginginkan hasil yang lebih baik maka Anda bisa menggunakan cara semprot
  • Setelah diaplikasikan ke seluruh permukaan furniture, diamkan kurang lebih 60 menit. Kemudian amplas ambang menggunakan kertas amplas apabila sudah kering sentuh
  • Untuk hasil akhir sekaligus menciptakan tampilan gloss ataupun matte maka aplikasikan Biovarnish Clear Coat. Untuk mengaplikasikan cat kayu ini, cukup didiamkan dalam suhu ruangan kurang lebih 24 jam setelah diaplikasikan. Setelah kering sempurna, furniture sudah dapat digunakan atau dipacking.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here