Finishing Warna Cat Pintu Rumah Coklat Kayu Menggunakan Biovarnish

85

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki penduduk tertinggi di dunia. Semakin banyaknya jumlah penduduk, semakin sempit pula lahan hunian rumah. Bahkan lahan persawahan atau lahan kosong saat ini banyak dimanfaatkan sebagai hunian perumahan. Perumahan pastinya sudah diatur luas hunian tersebut agar bisa sesuai dengan target.

Hal yang tidak lepas dari setiap hunian baik hunian rumah pribadi, restaurant, hotel dan lain sejenisnya adalah pintu. Di Indonesia, pintu banyak menggunakan material kayu yang pastinya mudah didapatkan. Pasalnya, Indonesia merupakan negara dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Sedangkan kayu yang digunakan untuk pintu pun berbeda-beda baik dari segi kualitas atau tampilan serat. Dan kayu paling favorit oleh masyarakat adalah kayu jati yang notabene memiliki kualitas terbaik dikelasnya, tidak hanya tampilannya yang indah melainkan kayu ini juga tidak mudah memui atau menyusut.

Untuk mempercantik tampilan pintu pastinya tidak lepas dari polesan cat. Tampilan paling digemari hingga saat ini untuk pintu adalah warna coklat kayu. Tampilan ini bukan berarti menutup seluruh kayu melainkan tetap membiarkan serat kayu apa adanya namun warna coklat lebih dipertajam. Biasanya, untuk menciptakan tampilan coklat kayu seperti menggunakan plitur. Cat kayu yang satu ini sudah familiar di tengah masyarakat sehingga keberadaan cat kayu tersebut sudah umum ditemukan dipasaran.

CS Biovarnish

Plitur yang banyak digunakan oleh masyarakat pada umumnya adalah plitur dengan pelarut organik seperti spiritus atau thinner. Plitur jenis ini unggul dalam tampilan gloss karena mampu mencapai tingkat kilap optimal yakni mencapai 100%. Sayanganya, tingkat kilap cat tersebut tidak bertahan lama karena mengalami penguapan setiap waktunya. Sedangkan cat kayu yang ampu bertahan lebih lama adalah cat water based meskipun tingkat kilap cat kayu ini masih dibawah plitur konvensional.

Finishing Warna Cat Pintu Rumah Coklat Kayu Menggunakan Biovarnish

Untuk mendapatkan warna coklat pada pintu, Anda bisa menggunakan Biovarnish yang notabene cat water based. Cat kayu ini diklaim ramah lingkungan karena kandungan bahannya yang aman. Biovarnish diformulasikan khusus sesuai dengan standar regulasi keamanan internasional yakni US Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach. Jadi, dari segi kualitas, Biovarnish tidak kalah dengan cat water based yang berasal dari luar negeri.

Agar mengoptimal tampilan natural coklat kayu pada pintu berikut finishing warna cat pintu coklat kayu menggunakan Biovarnish:

  • Amplas terlebih dahulu permukaan kayu agar permukaannya rata dan halus. Dengan demikian, pintu kayu tersebut akan lebih mudah untuk diaplikasikan cat.
  • Aplikasikan Biovarnish Wood Filler yang sudah dilarutkan dengan air ke seluruh permukaan kayu untuk menutup pori-pori kayu dan menyamarkan cacat pada kayu. Lalu diamkan di tempat yang teduh selama 20-30 menit. Apabila sudah kering, amplas permukaan kayu tersebut menggunakan kertas amplas alumunium oxide
  • Larutkan Biovarnish Liquid Stain dengan air lalu aduk hingga homogen.Kuaskan atau semprotkan ke seluruh permukaan kayu secara merata. Kemudian diamkan kurang lebih 60 menit atau hingga kering sentuh. Kemudian amplas ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400 apabila sudah kering sentuh.
  • Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer ke seluruh permukaan kayu lalu diamkan dalam suhu ruangan kurang lebih 60 menit. Setelah itu, amplas ambang permukaan pintu kayu apabila sudah kering sentuh
  • Untuk memberikan sentuhan gloss atau matte, aplikasikan Biovarnish Clear Coat. Setelah diaplikasikan ke seluruh permukaan pintu kayu, diamkan selama semalaman dan pintu pun bisa digunakan.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here