Inilah Sanding Sealer Pelapis Cat Kayu Terbaik untuk Furniture Kayu

105

Apa yang disebut dengan sanding sealer? Bagi orang yang tidak terjun langsung dalam bidang finishing  pasti masih asing dengan cat kayu sanding sealer. Cat kayu tersebut memang jarang digunakan oleh masyarakat pada umumnya melainkan sering digunakan untuk kepentingan industri mebelling. Sanding sealer merupakan maincoat yang bertujuan untuk memerkuat antarmediate cating diatasnya.

Tujuan penggunaan sanding sealer adalah untuk memperhalus permukaan media finishing agar lebih mudah ketika diaplikasikan cat. Lalu apa perbedaan dari filler kayu dan sanding sealer? Dilihat dari teksturnya saja sudah berbeda, jika sanding sealer lebih bertekstur liquid sedangkan filler kayu memiliki tekstur pasta. Selain itu, sanding sealer tidak hanya memperhalus melainkan juga digunakan untuk memotong bulu-bulu halus pada permukaan kayu. Sedangkan filler kayu pada umumnya diguunakan untuk menutup pori-pori atau menyamarkan cacat pada kayu.

Sanding sealer ini bisa digunakan sebelum atau setelah diaplikasikan plitur. Dan cocok digunakan untuk menciptakan tampilan transparan kayu. Selain memberikan hasilnya yang lebih tajam, permukaan furniture pun akan terlihat lebih halus. Sanding sealer pun sudah banyak ditemukan di pasaran dengan jenis merk yang beragam. Salah satu sanding sealer yang terbaru adalah sanding sealer water based yakni sanding sealer yang terbuat dan menggunakan pelarut dari air.

CS Biovarnish

Sanding sealer berbahan dasar air tergolong baru di Indonesia dan belum banyak dijumpai dipasaran. Namun, minat cat water based di Indonesia seiring waktu mulai meningkat karena mulai banyak masyarakat menyadari akan pentingnya cat water based. Sanding sealer pelapis cat kayu terbaik untuk furniture yang terbuat dari bahan dasar air adalah Biovarnish.

Cara Aplikasi Biovarnish Sanding Sealer Pelapis Cat Kayu Terbaik untuk Furniture

Biovarnish sanding sealer merupakan sanding sealer pertama yang menggunakan bahan dari air. Cat kayu ini juga aman digunakan karena kandungan bahannya yang diformulasikan khusus sesuai dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional seperti US EPA dan ECHA. Dengan demikian, cat kayu tersebut telah aman dari bahan kimia berbahaya dan rendah VOC agar tidak berdampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan.

Biovarnish sanding sealer akan menghasilkan tampilan yang optimal ketika menggunakan varian produk Biovarnish yang notabene terbuat dari bahan dasar air. Tidak hanya aman, cat kayu tersebut dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan yang membuat tampilan cat lebih tajam dan tahan lama. Terlebih cat kayu Biovarnish tidak mengalami penguapan sehingga lebih nyaman ketika diletakkan langsung dalam ruangan.

Berikut finishing menggunakan Biovarnish sanding sealer pelapis cat kayu terbaik untuk furniture dengan hasil natural transparan:

  1. Amplas terlebih dahulu permukaan kayu agar lebih rata dan bersih. Kemudian bersihkan sisa-sisa pengamplasan.
  2. Larutkan Biovarnish Sanding Sealer dengan air lalu aduk hingga homogen. Semprotkan ke seluruh permukaan kayu atau media finishing searah serat agar hasil optimal. Pada tahap ini bertujuan untuk memotong bulu-bulu halus yang masih keluar sehingga hasilnya pun lebih sempurna. Kemudian diamkan selama 60 menit dalam suhu ruangan dan apabila sudah kering sentuh, amplas ambang permukaan kayu tersebut menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  3. Ulangi pengaplikasian Biovarnish Sanding Sealer sama persisi dengan tahap no. 2 lalu amplas ambang permukaan kayu tersebut menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  4. Untuk mengunci coating sebelumnya dan memberikan hasil matte atau gloss, aplikasikan Biovarnish Clear Coat. Setelah diaplikasikan ke seluruh permukaan kayu, diamkan selama semalaman atau benar-benar kering sebelum furniture digunakan.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here