Produk Sealer Pendamping Cat Kayu yang Bagus Ini Guna Furniture Mulus

113

Tidak semua orang menggunakan produk sealer penamping cat kayu yang bagus agar hasil akhir finishing tampak optimal, rapi dan halus.

Kayu merupakan material serat alam yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Bahkan furniture ataupun konstruksi menggunakan kayu sudah menjadi kebiasaan atau bahkan kebutuhan. Seperti yang diketahui bahwa kayu terdiri dari berbagai macam jenis berdasarkan jenis dan kelasnya. Tidak semua jenis kayu bagus jika digunakan furniture, konstruksi bangunan ataupun lantai kayu. Hal tersebut harus disesuaikan dengan keawetan dan ketahanan yang dimiliki dari setiap kayu. Namun, untuk kayu yang digunakan pada furniture bisa menggunakan jenis kayu apapun, loh. Sebab, khusus untuk furniture interior cukup dilapisi dengan cat kayu maka sudah cukup terlindungi.

Untuk jenis kayu yang paling diminati oleh masyarakat dunia adalah kayu jati dan kayu mahoni. Kedua jenis kayu ini memiliki kualitas yang sudah diragukan lagi. Untuk kayu jati, biasanya banyak digunakan untuk interior ataupun eksterior karena kayu tersebut tahan terhadap serangan rayap, tahan terhadap perubahan cuaca dan memiliki elastisitas yang baik. Tentu saja, harga jual dari kayu jati cukup mahal dan tidak semua orang mampu menjangkau harga dari kayu tersebut mulai dari jenis kayu jati emas, rakyat atau terlebih kayu jati perhutani. Maka dari itu, kayu lain pun dipilih sebagai alternatif pengganti kayu jati namun tetap memberikan kesan natural kayu.

CS Biovarnish

Adakalanya kayu yang digunakan untuk furniture memiliki serat lurus yang cukup kasar sehingga membutuhkan lapisan cat khusus agar serat tertutup dengan baik dan hasilnya pun lebih halus. Permukaan kayu yang halus akan mempermudah pengaplikasian coating sehingga warna terkesan lebih tajam. Cat kayu apakah yang cocok digunakan untuk memperhalus serat kayu yang cukup kasar selama proses finishing natural kayu?

Agar hasilnya lebih halus dengan menutup pori-pori kayu maka dibutuhkan lapisan cat kayu sanding sealer. Cat kayu tersebut merupakan maincoat yang bertujuan untuk memperhalus tekstur kayu pada proses finishing natural kayu. Cat kayu ini jarang digunakan oleh orang awam selama finishing natural kayu. Pada umumnya, cat kayu yang digunakan untuk diy adalah dengan mengaplikasikan filler kayu dan plitur.

Produk Sealer Pendamping Cat Kayu yang Bagus agar Menghasilkan Tampilan Yang Lebih Halus

Sanding sealer memiliki peran yang cukup panting selama proses finishing natural kayu. Sebab, dengan mengaplikasikan sanding sealer maka hasilnya akan jauh lebih tajam dan optimal. Jika menginginkan tampilan glossy, dengan mengaplikasikan sanding sealer maka tampilan akan lebih gloss dibandingkan yang tidak diaplikasikan sanding sealer. Wajar saja jika sanding sealer sering digunakan oleh industri mebeling atau aplikator profesional untuk hasil yang optimal.

Fungsi dan Kegunaan Sanding Sealer:

  • Memperhalus tekstur permukaan kayu atau serat alam lain
  • Menutup pori-pori kecil pada kayu
  • Memotong bulu-bulu halus yang sulit hilang saat diamplas
  • Memperkuat film antar mediate coating
  • Mempertajam tampilan coating sebelumnya
  • Mempermudah proses pengamplasan

Namun, sanding sealer yang umum digunakan biasanya memakan waktu yang cukup lama selama proses pengeringan. Hal tersebut disebabkan oeleh proses pengeringan yang bergantung dengan sinar matahari. Tentunya akan lebih lama apabila memasuki musim penghujan yang notabene cahaya matahari tidak bisa ditentukan. Dengan demikian, pengaplikasikan sanding sealer dirasa kurang efektif karena efisien waktu. Seperti yang diketahui, untuk industri kerajinan ataupun mebeling waktu merupakan terpenting agar tidak mengalami kerugian. Apabila furniture yang dikerjakan terlambat tentunya akan merugikan suatu perusahaan, tentu hal tersebut tidak ingin terjadi, bukan?

Jika Anda khawatir karena proses pengeringan sanding sealer konvensional yang membutuhkan waktu lama, kini hadir sanding sealer yang lebih cepat kering yakni Biovarnish Sanding Sealer.

Mengenal Biovarnish Sanding Sealer Dan Cara Teknik Finishingnya

Biovarnish Sanding Sealer merupakan maincoat yang terbuat dari bahan water based acrylic dan cukup menggunakan pelarut air untuk mengencerkannya. Cat kayu tersebut sangat disarankan untuk finishing natural kayu karena prosesnya yang cepat dan hasilnya pun optimal. Sanding sealer ini dilengkapi fitur daya rekat film yang kuat dan good-levelling sehingga membuat tampilan akhir semakin bagus.

Sanding sealer tersebut juga diklaim aman dan ramah lingkungan karena bahan yang digunakan diformulasikan khusus sesuai dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach. Dengan demikian, kualitas dari Biovarnish Sanding Sealer tidak kalah baik dengan cat water based dari luar negeri.

Cat kayu ini juga dilengkapi dengan tahan air dan tahan cuaca sehingga bisa digunakan untuk finishing media interior ataupun eksterior. Bahkan juga dapat diaplikasikan dengan cara kuas atau semprot. Pada umumnya, cat kayu hanya dapat diaplikasikan dengan salah satu metode dan apabila menggunakan kedua sistem tersebut hasilnya tidak akan optimal. Daripada penasaran, berikut teknik finishing sanding sealer untuk hasil natural kayu:

  1. Setelah diaplikasikan liquid stain, amplas ambang permukaan kayu agar mempererat coating setelahnya.
  2. Larutkan Biovarnish Sanding Sealer dan air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air. Lalu aduk hingga larutan tersebut tercampur dengan baik. Aplikasikan menggunakan kuas sponge atau kuas yang sudah dilapisi dengan kain katun. Atau Anda juga bisa mengaplikasikannya dengan spray gun
  3. Setelah diaplikasika ke seluruh permukaan kayu, diamkan dalam suhu ruangan kurang lebih 60 menit. Apabila sudah kering sentuh, amplas ambang permukaan kayu menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  4. Untuk hasil akhir, aplikasikan Biovarnish Clear Coat. Pengaplikasian cat ini bertujuan untuk mengunci warna dan menciptakan tampilan matte atau gloss.

Perawatan

Setelah furniture diaplikasikan cat kayu tersebut, pastikan untuk selalu merawat furniture tersebut secara rutin. Bersihkan furniture dari debu setiap hari agar tidak mengganggu tampilan ataupun organisme lain yang bisa menyebabkan kayu rusak. Dan aplikasikan secara rutin poles kayu untuk menjaga tampilan sekaligus kualitas dari kayu pada furniture. Pengaplikasian poles kayu ini cukup jarang dilakukan karena harganya yang cukup mahal. Faktanya, justru dengan mengaplikasikan poles kayu secara rutin justru akan memperpanjang kualitas tampilan cat pada kayu, loh.

Anda juga dapatmembersihkan permukaan kayu menggunakan kain setengah basah untuk menghilangkan debu membandel. Pastikan jangan terlalu basah karena akan mempengaruhi tingkat kelembaban pada kayu. Apabila kayu menjadi lembab diakibatkan oleh air yang meresap pada serat kayu maka memungkinkan kayu terserang jamur atau serangga.

Tidak hanya sekedar membersihkan furniture dari berbagai debu untuk menjaga tampilan cat. Anda harus menjaga sirkulasi udara pada ruangan berjalan dengan baik meskipun Biovarnish aman jika digunakan langsung pada ruangan tertutup pasca finishing. Hal ini bertujuan untuk udara dalam ruangan dapat bergantian dan ruangan tidak menjadi lembab. Ruangan yang lembab bisa memicu jamur permukaan ataupun serangga seperti rayap.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here