Finishing Mainan Anak-Anak Penuh Warna-Warni dan Ramah Anak

67

Sebagai orang tua pastinya cukup selektif ketika memilih mainan anak-anak, bukan? Anda bisa menciptakan mainan yang ramah anak dengan cat kayu yang aman ini.

Dunia anak-anak adalah bermain. Dengan mainan, anak-anak juga dapat belajar berbagai hal untuk perkembangan otak anak. Tentu saja cukup khawatir bukan dengan adanya mainan anak-anak yang justru berbahaya jika digunakan?

Faktanya, banyak mainan anak-anak yang menggunakan bahan berbahaya seperti plastik yang justru dapat menyebabkan keracunan dan bahkan berakibat fatal jika digunakan dalam kurun waktu yang panjang.

CS Biovarnish

Mainan anak-anak yang justru ramah terhadap anak adalah yang terbuat dari serat alam seperti kayu. Di luar negeri, taman bermain anak-anak saat ini lebih menggunakan mainan yang terbuat dari kayu karena lebih aman dan ramah anak.

Di Indonesia, penggunaan kayu sebagai mainan memang belum banyak namun hal tersebut sudah cukup baik. Dan karena anak-anak sangat menyukai sesuatu yang berwarna-warni maka mainan anak-anak pun juga tidak terlepas dari lapisan coating.

Tentu saja cat yang digunakan untuk mainan anak-anak tidak boleh sembarangan. Cat kayu yang digunakan harus aman dan tidak mengganggu masalah kesehatan anak.

Seperti yang diketahui, cat kayu yang banyak ditemukan di Indonesia pada umumnya adalah cat solvet based. Cat ini memang lebih mudah didapatkan dan harganya pun terjangkau, sayangnya cat tersebut justru berbahaya ketika digunakan untuk mainan anak-anak.

Sebab, kandungan bahan kimia pada cat tersebut beresiko terhadap kesehatan bagi orang dewasa terlebih bagi anak-anak yang notabene organnya masih begitu lemah.

Cat solvent based adalah cat yang mengandung solvent dan membutuhkan pelarut organik seperti thinner. Bahkan kini telah ada cat solvent yang dikemas dalam kaleng semprot sehingga tanpa harus dicampur dengan thinner atau sejenisnya.

Meskipun demikian, cat tersebut masih membahayakan bagi kesehatan terlebih bagi anak-anak. Sedangkan cat kayu yang saat ini lebih aman digunakan adalah cat yang menggunakan bahan dari air.

Cat Untuk Mainan Anak-anak yang Aman Digunakan

Waspadai Zat Berbahaya Pada Finishing Mainan Kayu
Chalk Paint untuk Finishing Mainan Anak

Cat kayu yang terbuat dari air memang  lebih ramah lingkungan sebab selain penggunaan air sebagai bahan dasarnya, cat tersebut juga tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya.

Maka dari itu, cat berbahan air saat ini direkomendasikan untuk digunakan sebagai bahan finishing pada furniture ataupun perabotan. Terlebih jika cat tersebut memiliki kandungan VOC yang rendah, seperti yang sudah dijelaskan oleh regulasi United State EPA.

Regulasi United State EPA menjelaskan bahwa VOC merupakan senyawa yang mudah menguap dan beracun yang berasal dari benda padat atau cair yang diemulsikan menjadi gas.

VOC dapat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan, biasanya VOC terdapat pada lilin, pewangi ruangan atau pun cat. Wajar jika saat ini terdapat beberapa negara yang menerapkan standar keamanan agar barang yang masuk mengandung VOC yang rendah.

Di Indonesia, standar keamanan dikenal dengan SNI dan ini menjadi patokan umum untuk keamanan benda atau barang yang harus digunakan. Lalu bagaimana dengan cat?

Hingga saat ini, masih banyak cat yang belum sesuai dengan standar keamanan internasional yakni masih terdapat kandungan VOC-nya yang tinggi. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa cat yang umumnya mengandung VOC yang tinggi adalah cat solvent based.

Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena cat berbahan dasar air saat ini telah dikembangkan oleh berbagai produsen cat Indonesia. Mengingat standar keamanana dan minat cat ini semakin meningkat.

Untuk mainan anak-anak, tentu cat yang harus dipilih merupakan cat yang aman dan ramah anak. Dengan kandungan bahan yang aman, Anda sebagai orang tua pun tidak perlu khawatir jikalau terdapat kandungan bahaya yang dapat menimbulkan keracunan, iritasi ataupun alergi.

Nah, salah satu cat yang dapat digunakan untuk finishing mainan anaka-anak adalah chalk paint. Cat tersebut merupakan cat kapur yang terbuat dari air dan latex. Ketika Anda mengaplikasikan cat ini dan mengalami kesalahan maka Anda dapat menghapusnya dengan air.

Chalk paint di Indonesia memang belum familiar karena keberadaannya yang masih langka dan belum banyak yang meminati cat tersebut. Cat ini berbeda dengan cat duco pada umumnya karena proses finishing yang lebih cepat dan tidak membutuhkan persiapan yang panjang.

Lalu apa saja persiapan untuk finishing mainan anak-anak. Berikut penjelasannya:

  • Gunakan material mainan anak-anak yang ramah lingkungan seperti terbuat dari serat alam yakni kayu, rotan, bambu dll
  • Pastika mengamplas permukaan mainan anak-anak hingga benar-benar halus agar tidak membahayakan anak-anak saat memainkannya
  • Gunakan seluruh produk finishing yang kandungan bahannya ramah lingkungan

Chalk Paint Produk Indonesia Yang Berkualitas

Chalk paint di Indonesia belum banyak yang memproduksi cat jenis ini. Untuk beberapa tahun lalu apabila Anda menginginkan cat ini untuk finishing maka Anda harus mengimpor merk dagang dari luar negeri.

Untuk menggunakan chalk paint saja maka Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup tinggi karena harus mengimpor dari luar negeri. Saat ini, produk chalk paint mulai diproduksi oleh manufaktur cat di Indonesia.

Salah satu manufaktur cat yang concern terhadap produk ramah lingkungan dan memproduksi jenis chalk paint tersebut adalah Bio Industries.

Cat tersebut dikenal dengan BioDuco Chalk Paint yang notabene bahan-bahan menggunakan bahan yang khusus diformulasikan sesuai dengan standar regulasi keamanan internasional yakni US-EPA (Enviromental Protection Agency) dan ECHA-Reach.

Dengan demikian, kandungan bahan bebas bahan kimia berbahaya, tidak beracun, tidak berbau dan aman untuk anak-anak. Selain itu, BioDuco Chalk Paint terdiri dari 20 varian warna pastel sehingga warna-warna tersebut disukai oleh anak-anak.

Untuk mendapatkan tampilan finishing yang diinginkan, maka perhatikan langkah-langkah finishing dibawah ini:

  • Setelah media siap difinishing, aplikasikan BioDuco Wood Putty yang sebelumnya sudah dilarutkan dengan air. Gunakan pisau scrape untuk mengaplikasikan ke permukaan media finishing. Diamkan dalam suhu ruangan kurang lebih selama 20-30 menit. Apabila sudah kering, amplas menggunakan kertas amplas no. 320
  • Aplikasikan BioDuco Chalk Paint sesuai dengan warna-warna yang diinginkan. Larutkan terlebih dahulu dengan air lalu aduk hingga homogen. Kuaskan atau semprotkan ke seluruh permukaan kayu searah serat kayu. Lalu diamkan selama 1 jam dan apabila sudah kering maka amplas halus dengan kertas amplas no. 400
  • Aplikasikan BioDuco Topcoat matte/gloss yang sudah dilarutkan air. Lalu aplikasikan ke seluruh permukaan kayu. Diamkan permukaan mainan kayu anak-anak tersebut hingga kering dan dapat digunakan.

Cara Pemesanan:

Untuk mendapatkan produk-produk BioDuco dan produk finishing ramah lingkungan lainnya dari Bio Industries, silahkan hubungi langsung kontak hotline yang sudah tercantum pada website. Atau Anda juga dapat menghubungi via e-mail: [email protected]@co.id. Untuk pembelian lebih praktis, Anda juga dapat melakukan pembelian online melalui marketplace Bio Industries yakni Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries atau Bukalapak://www.bukalapak.com/u/catwaterbased.

Selain pembelian online, Anda juga dapat mengunjungi kantor pusat dan kantor cabang Bio Industries untuk pembelian atau konsultasi berbagai tips finishing lainnya yakni

Kantor Pusat: Jl. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta

Kantor Cabang: Jl. Raya Kudus Km. 0, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah

Jl. Escot No.42 Rt.014/Rw.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here