New Normal! Mengecat Saja untuk Melapis Cat Kayu Kursi Mebel Menggunakan Sanding Sealer

47

Apa sih sanding sealer? Bagi seorang yang belum terbiasa mengecat kursi atau furniture pasti masih belum mengenal dengan tepat penggunaan dari sanding sealer. Penggunaan sanding sealer memang masih jarang digunakan oleh masyarakat pada umumnya, biasanya sanding sealer hanya digunakan oleh penghobi, pengrajin ataupun industri mebeling. Pengaplikasian sanding sealer pada furniture justru akan memberikan hasil yang halus.

Fungsi dari sanding sealer adalah untuk memperhalus tekstur permukaan media finishing. Selain itu, sanding sealer juga bertujuan untuk menutup pori-pori kayu serta memotong bulu-bulu halus yang kadangkala muncul ketika proses finishing. Bahkan dengan menggunakan sanding sealer akan jauh lebih praktis menghasilkan tampilan yang optimal sehingga wajar apabila sanding sealer banyak dipilih bagi seorang ahli dalam bidang finishing.

Kapan harus menggunakan sanding sealer? Pengaplikasian sanding sealer bisa dilakukan sebelum atau pun sesudah maincoat colouring atau pengaplikasian plitur/pernis kayu. Bahkan juga bisa dengan mengaplikasikan langsung ketika menginginkan hasil finishing transparan. Nah, sederhana, bukan? Anda bisa mengaplikasikan sendiri di rumah untuk hasil tampilan natural seperti yang dijual di toko mebeling dengan hasil elegan dan ekslusif.

CS Biovarnish

Untuk menggunakan sanding sealer, Anda harus mengenal dua jenis sanding sealer yang umum digunakan untuk finishing. Biasanya sanding sealer yang paling banyak digunakan adalah sanding sealer solvent based yang mana membutuhkan pelarut thinner. Sayangnya, untuk menggunakan sanding sealer membutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses pengeringannya bahkan bisa memakan beberapa hari. Sedangkan sanding sealer yang lebih mudah dan cepat kering adalah sanding sealer water based. Sanding sealer tersebut menggunakan pelarut air untuk mengencerkan cat. Sayangnya keberadaan cat water based ini masih cukup langka di Indonesia. Meskipun demikian, produse cat lokal saat ini tengah mengembangkan cat water based mengingat minat pasar internasional sangat tinggi terhadap cat water based.

Cara Melapis Kayu Kursi Mebel Menggunakan Sanding Sealer Water Based

Untuk hasil natural kayu pada kursi kayu, gunakan varian produk Biovarnish, salah satunya adalah Biovarnish Sanding Sealer. Biovarnish merupakan pelopor cat kayu berbahan dasar air yang ada di Indonesia bahkan kualitasnya pun tidak kalah dengan cat water based dari luar negeri. Keberadaan cat ini pun mulai banyak dijumpai di seluruh daerah di Indonesia. Tidak perlu ragu terhadap kualitas Biovarnish sebab cat water based ini menggunakan bahan yang diformulasikan khusus sesuai standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US EPA (Enviromental Protection Agency) dan ECHA (European Chemical Agency) Reach.

Kandungan bahan terhadap Biovarnish yang aman tidak hanya aman digunakan untuk furniture interion bahkan juga untuk furniture bayi ataupun mainan anak-anak. Cara aplikasi Biovarnish lebih sederhana dan cepat kering. Penasaran? Berikut teknik finishing untuk melapis kayu kursi mebel menggunakan sanding sealer:

  • Setelah diaplikasikan coating seperti plitur, amplas permukaan media finishing tersebut sebelum diaplikasikan coating selanjutnya
  • Larutkan sanding sealer dengan air lalu aduk hingga benar-benar larut sempurna. Kemudian apliaksikan ke seluruh permukaan kayu dengan merata. Lalu diamkan dalam suhu ruangan kurang lebih 60 menit. Setelah kering sentuh, amplas ambang permukaan kayu tersebut menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  • Untuk tahap akhir, aplikasikan Biovarnish Clear Coat matte atau gloss. Tujuan pengaplikasian cat ini adalah untuk mengunci coating sebelumnya agar cat dapat melekat sempurna dan hasilnya optimal. Caranya, larutkan dengan air terlebih dahulu lalu aplikasikan ke seluruh permukaan media finishing. Setelah diaplikasikan, diamkan dalam suhu ruangan kurang lebih selama semalaman.

Kursi kayu yang sudah dilapisi coating dapat langsung digunakan tanpa harus didiamkan di ruang terbuka karena tidak mengeluarkan bau menyengat serta tidak mengalami penguapan. Karena tidak terjadi penguapan cat, membuat tampilan tersebut lebih bertahan lebih lama.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here