Cara Menyamakan Warna Parket Kayu Mahoni Menggunakan Cat Water Based

65

Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam yang beragam. Salah satu yang menjadi produk unggulan adalah kayu, seperti yang diketahui bahwa seluruh wilayah di Indonesia banyak ditumbuhi pepohonan dengan jenis yang bermacam-macam. Siapa sangka ternyata kayu mahoni adalah salah satu unggulan dari Indonesia yang sudah menjelajah ke berbagai negara. Kayu mewah ini sangat diminati di luar negeri karena hampir mirip dengan kayu jati dan tampilannya yang kemerah-merahan menjadikan kayu tersebut lebih unik.

Kayu mahoni banyak dimanfaatkan untuk furniture dan lantai kayu karena ketahanannya yang baik. Karena tampilannya yang kemerah-merahan biasanya furniture atau lantai kayu tetap menonjolkan kesan asli dari kayu mahoni. Terlebih seratnya yang halus, teratur layaknya kayu jati. Di negara-negara empat musim, kayu mahoni lebih ekslusif daripada kayu jati karena pertumbuhan pohonnya yang jarang. Ya, pohon tersebut lebih cepat berkembang di daerah tropis, seperti Indonesia.

Membicarakan masalah lantai, saat ini tengah berkembang lantai kayu atau parket kayu untuk memberikan kesan natural dan mewah. Untuk parket, kayu yang digunakan pun beragam asalkan memiliki ketahanan yang baik. Biasanya kayu yang digunakan diantaranya adalah kayu jati, kayu sonokeling maupun kayu mahoni. Karena desainnya mozaik, parket kayu ini justru memiliki minat tersendiri. Pada umumnya, parket kayu digunakan pada ruang tamu atau ruang utama untuk memberikan kesan mewah yang elegan.

CS Biovarnish

Tentunya, parket kayu ini membutuhkan lapisan cat untuk memberikan kesan kilap dan mewah pada lantai. Kesan kilap ini akan terlihat seperti kaca, nah jika dibandingkan maka seperti halnya kilap menyerupai lantai granit. Kesan kaca ini lah yang menambah lantai terkesan mahal dan menarik.

Cat Water Based Untuk Finishing Parket Kayu

Untuk memberikan kesan mengkilap pada kayu ini tidak harus menggunakan jenis cat khusus melainkan hanya cukup menggunakan pernis dengan tampilan gloss. Sayangnya, untuk cat kayu yang digunakan pun harus diperhatikan. Meskipun cat kayu konvensional mampu memberikan tingkat kilap cat optimal yakni 100% namun nyatanya berbahaya bagi kesehatan loh. Sebab, cat konvensional mengalami penguapan dan uap yang menyebar ke udara tersebut mengandung berbagai bahan kimia berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan cat kayu berbahan dasar air atau juga dikenal dengan cat water based. Cat kayu ini memang belum mampu memberikan tampilan kilap mencaai 100% melainkan masih bertahan di 80%. Meskipun masih 80%, tampilan kilap cat ini dirasa cukup untuk memberikan kesan kaca pada permukaan kayu. Nah, menariknya adalah cat kayu lebih aman digunakan karena tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya dan cenderung rendah VOC. Kandungan bahan kimianya yang aman dan rendah VOC ini lah membuat cat water based sangat disarankan untuk finishing furniture, kerajinan maupun aksesoris serat alam lainnya.

Negara-negara di dunia saat ini telah mengembangkan cat water based dan sudah disesuaikan dengan regulasi yang telah ditetapkan di negara-negara tersebut. Biasanya, regulasi ini terdapat pada negara maju seperti di Amerika atau Eropa. Begitu pula dengan Asia, saat ini penggunaan cat water based lebih diperhatikan dibandingkan cat solvent based. Bahkan untuk mencapai pasar internasional, Anda harus menerapkan batas kadar bahan kimia dan VOC yang diperbolehkan pada suatu produk.

Salah satu cat kayu water based yang sudah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan internasional adalah Biovarnish. Meskipun produk yang satu ini adalah produk asli Indonesia namun kualitasnya sama dengan cat kayu dari luar negeri. Pasalnya, regulasi yang menjadi rujukan penggunaan bahan kimia dan tingkat batas keamanan VOC adalah US Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach.

Cara Menyamakan Warna Parket Kayu Mahoni

Masalah yang kadangkala terjadi selama finishing adalah tampilan kayu yang tidak sama sehingga dibutuhkan cara untuk menyamakan antar lapisan kayu yang satu dengan yang lain. Apakah cara menyamakan warna parket kayu mahoni bisa menggunakan cat water based? Tentu saja bisa. Cat water based memiliki fungsi dan peran yang sama dengan cat kayu pada umumnya. Yang membedakan antara cat kayu water based dan cat kayu solvent based adalah kandungan bahan yang dimiliki serta pelarut yang digunakan.

Cat kayu water based menggunakan pelarut yang berbeda dengan cat kayu pada umumnya notabene menggunakan thinner atau spiritus, namun tidak untuk cat water based yang hanya cukup menggunakan air saja. Karena tidak terdapat kandungan minyak pada cat selama finishing sehingga cat kayu ini tidak mengalami penguapan. Hasilnya adalah tampilan kilap pada cat kayu ini lebih bertahan lama daripada cat solvent based.

Begitu pula dengan Biovarnish yang notabene adalah cat kayu water based. Menariknya adalah cat kayu lebih mudah diaplikasikan karena ketika sekali oles saja sudah memberikan tampilan yang tajam. Sehingga disarankan untuk mengaplikasikannya pada parket kayu dengan tekanan ringan baik menggunakan kain katun atau kuas. Selain itu, mengaplikasikan dengan tekanan ringan akan menghasilkan tampilan warna cat yang seragam.

Biovarnish memberikan hasil akhir yang baik nan tajam karena dilengkapi dengan daya rekat film yang kuat dan transparansi warna yang tajam. Jadi, wajar saja jika cat kayu ini banyak dimanfaatkan untuk finishing furniture, aksesoris kayu, mainan anak, furniturure bayi, kerajinan atau bahkan memberikan tampilan kilap pada lantai kayu.

Nah, untuk parket kayu maka perlu diperhatikan adalah pada saat pemasangan. Untuk parket kayu solid maka dibutuhkan tenaga profesional agar hasil antar papan kayu bisa melekat dengan baik. Jika sudah menempel antar papan dengan baik maka akan memudahkan proses pengaplikasian cat.

Cara menyamakan warna parket kayu mahoni tentunya cukup menyulitkan karena pada dasarnya kayu mahoni kadangkala tidak sama rata. Nah, untuk menyakannya maka Anda bisa mengaplikasikan cat dengan cara berikut:

  1. Pastikan parket kayu mahoni tersebut sudah dalam keadaan halus dan bersih dari debu
  2. Jika sudah bersih dan halus, Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish Wood Filler dengan tampilan mahoni sebagai dasar agar warna bisa sama rata. Caranya, campurkan air kemudian aduk hingga tercampur sempurna. Kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kayu. Untuk hasil yang baik, diamkan selama 20-30 menit kemudian amplas menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 240
  3. Langkah selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan colouring. Anda bisa menggunakan Biovarnish Liquid Stain dengan tampilan mahagony. Campurkan air terlebih dahulu untuk menurunkan intensitas warna sekaligus mengencerkannya agar mempermudah pengaplikasiannya ke parket kayu. Lalu, diamkan selama 60 menit dan amplas ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400 apabila sudah kering
  4. Untuk lapisan coating lebih kuat dan tampilannya semakin tajam, aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer. Caranya, lakukan hal yang sama dengan langkah no. 3
  5. Langkah terakhir bertujuan untuk mengunci warna dan memberikan efek kaca. Gunakan Biovarnish Clear Coat tampilan gloss yang sudah dilarutkan dengan air. Aplikasikan ke seluruh permukaan parket kayu searah dengans serat kayu kemudian diamkan selama semalaman.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here