Teknik Aplikasi cat Kayu Terbaik Untuk Finishing Meja Mahoni

1216

Furniture seperti set furniture ruang tamu pada umumnya menggunakan kayu solid. Hingga saat ini pun, kayu belum tergantikan sebagai media furniture paling sering digunakan untuk suatu hunian.

Indonesia merupakan salah satu negara yang aktif memproduksi furniture yang terbuat dari kayu solid. Sebab, sumber daya alam yang melimpah sehingga kayu lebih mudah untuk ditemukan.

Meskipun kayu solid adalah kayu yang mudah dijumpai di Inodonesia namun tidak menutup kemungkinan beberapa jenis kayu mulai sulit ditemukan ataupun harga yang ditawarkan sangat tinggi.

CS Biovarnish

Salah satu kayu solid yang saat ini ditawarkan dengan harga yang melambung tinggi adalah kayu jati. Kayu jati tergolong jenis kayu ekslusif karena harga jualnya yang tinggi dan karakter dasar yang dimilikinya.

Jika Anda ingin tampilan yang menyerupai kayu jati namun lebih terjangkau maka Anda dapat menggunakan kayu mahoni. Kayu ini berada di bawah kayu jati dari segi kualitas namun juga unggul di beberapa jenis kayu solid lainnya.

Furniture berbahan kayu mahoni di Indonesia cukuplah banyak yang meminati. Bahkan minat furniture kayu mahoni tidak hanya di Indonesia saja melainkan hingga ke mancanegara.

Umumnya, furniture yang menggunakan kayu mahoni untuk diekspor ke luar negeri adalah furniture interior seperti set ruang tamu, kitchenette dll. Karena kayu mahoni di mata orang asing adalah kayu yang sama ekslusif dengan kayu jati karena kayu mahoni cukup sulit ditemukan dan harganya yang tergolong mahal.

Selain karena memiliki serat yang hampir sama dengan kayu jati, kayu ini juga lebih murah. Namun, jika sudah digunakan untuk furniture maka perlu lapisan cat untuk memperindah tampilan.

Dengan karakter serat yang indah dan warnanya yang kemerah-merahan, finishing yang ditampilan adalah warna natural kayu. Warna ini masih banyak digunakan di Indonesia dan memiliki peminat yang banyak hingga ke mancanegara.

Cat yang digunakan untuk melapisi furniture kayu mahoni ini bertujuan untuk memperkuat tampilan kayu mahoni itu sendiri. Dengan demikian, seratnya akan terlihat lebih tajam dan hasilnya natural alami.

Untuk menggunakan tampilan transparan kayu maka tampilan akhir furniture pun juga beragam yakni matte, doff atau gloss. Tampilan tersebut kembali pada selera masing-masing setiap orang. Karena setiap orang memiliki minat tersendiri pada furniture.

Anda juga dapat menciptakan tampilan natural kayu pada furniture. Untuk hasil yang optimal maka perhatikan beberapa hal dibawah ini:

  1. Mengetahui cat kayu yang akan digunakan. Anda dapat memilih jenis cat kayu yang akan digunakan yakni cat solvent based atau cat water based. Ketahui dan pahami perbedaan, kelebihan dan kekurangan dari masing-masing cat tersebut.
  2. Memahami metode finishing sesuai dengan kemampuan. Bagi Anda yang sudah mahir finishing tentu tidak akan masalah jika menggunakan metode semprot ataupun kuas. Namun, apabila Anda adalah seorang pemula yang menggunakan kuas maka sebaiknya lapisi kuas menggunakan kain bersih atau Anda juga bisa menggunakan kuas sponge.
  3. Gunakan cat kayu sesuai dengan kebutuhan. Dalam finishing, Anda harus mengenal tahap finishing yang tepat terlebih dahulu. Untuk hasil yang optimal umumnya memenuhi standar finishing yakni pengaplikasian basecoat, maincoat dan topcoat. Cat yang digunakan umumnya juga disesuaikan dengan tampilan yang akan diciptakan. Jika Anda menginginkan tampilan close pore maka Anda harus menggunakan dempul atau sanding sealer namun jika open pore maka Anda dapat mengabaikan penggunaan dempul tersebut.

Dari penjelasan diatas, yang perlu diperhatikan adalah cat kayu yang Anda gunakan. Pasalnya, tidak semua merk cat memberikan hasil finishing yang memuaskan, bukan? Pastikan Anda memilih kayu yang berkualitas namun tetap tidak menguras kantong Anda

Finishing Meja Mahoni Dengan Cat Water Based

Masihkah Anda menggunakan cat kayu solvent based seperti plitur atau pernis? Alangkah Anda tidak menggunakan jenis cat ini karena bahan yang terkandung dalam cat sangat berbahaya bagi kesehatan lingkungan.

Disisi lain, cat solvent based juga dijual dengan harga yang bervariasi tergantung dari kualitas cat yang ditawarkan. Namun, jika Anda menggunakan untuk finishing dalam jumlah yang besar maka Anda akan lebih boros cat karena tidak hanya cat saja yang harus Anda beli melainkan juga pelarut yang digunakan.

Sedangkan cat kayu yang lebih hemat tanpa harus membeli pelarut adalah cat water based. Cat ini merupakan teknologi terbaru dalam dunia finishing saat ini. Anda hanya cukup menggunakan air tanpa harus menggunakan thinner atau spiritus untuk melarutkan cat.

Selain itu, cat water based juga lebih aman serta ramah lingkungan dibandingkan cat solvent based. Diklaim lebih aman karena cat water based menggunakan teknologi tercanggih dan bahan-bahan yang digunakan pun telah sesuai dengan standar keamanan global saat ini.

Cat water based sendiri telah berkembang pesat untuk beberapa tahun terakhir. Hal ini dikarenakan masyarakat mulai menyadarai akan pentingnya penggunaan cat kayu yang tidak berdampak buruk pada kesehatan maupun lingkungan.

Cat water based mulai banyak dijumpai di pasaran meskipun keberadaannya belum sebanyak cat solvent based. Salah satu cat water based yang memiliki kualitas yang bagus adalah Biovarnish.

Cat ini diformulasikan khusus untuk menggantikan cat kayu solvent based seperti plitur atau pernis sehingga aplikasinya pun mudah. Selain itu, Biovarnish juga dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan seperti halnya dengan cat solvent based.

Meskipun dilengkapi fitur-fitur unggulan namun harga dari Biovarnish tergolong terjangkau dan Anda akan lebih hemat. Saat finishing pun Anda akan menikmati kemudahan dari Biovarnish.

Sebab, Biovarnish memiliki daya rekat film yang kuat sehingga ketika diaplikasikan warna cat dapat melekat dengan baik dan warnanya pun lebih cepat tajam. Maka dari itu, jika Anda menggunakan kuas, tidak perlu dengan tekanan yang kuat melainkan cukup dengan tekanan yang ringan saja.

Saat mengaplikasikan Biovarnish ataupun setelah diaplikasikan, cat kayu ramah lingkungan ini juga tidak mengeluarkan bau cat yang menyengat sehingga Anda akan lebih merasa nyaman ketika menggunakannya.

Hal ini berbeda jauh dengan cat solvent based yang mengeluarkan bau cat meskipun sedikit samar karena cat solvent based terkandung minyak yang membuat cat lebih cepat menguap dan mengeluarkan bau.

Cat water based tidak mengalami penguapan sehingga tampilan cat akan lebih tahan lama. Dengan demikian, Anda dapat meminimalisir dari refinishing furniture kayu yang terdapat di rumah Anda.

Dari penjelasan diatas, untuk mendapatkan hasil yang sempurna maka Anda harus mengetahui tahap finishing pada furniture yakni dengan menggunakan cat sesuai dengan tahap-tahap finishing.

Anda dapat menggunakan cat kayu sesuai tahap finishing menggunakan varian Biovarnish ini. Ya, Biovarnish tidak hanya tersedia wood stain saja melainkan juga jenis cat kayu lainnya.

Untuk hasil natural kayu maka Anda dapat memperhatikan langkah-langkah finishing menggunakan varian Biovarnish sebagai berikut:

  1. Ampelas permukaan kayu hingga bersih dari kotoran atau sisa minyak yang masih menempel
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler warna kayu mahoni menggunakan pisau palet jika menginginkan tampilan close pore atau hanya untuk menyamarkan cacat pada kayu. Setelah diaplikasikan dan sudah kering, amplas dengan kertas amplas no. 320
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain warna mahoni menggunakan kuas, tunggu hingga kering selama satu jam. Setelah itu, amplas ambang menggunakan kertas amplas no. 400

Aplikasikan Biovarnish Clear Coat dengan tampilan matte atau gloss. Kemudian diamkan selama semalaman untuk hasil optimal

Baca Juga : cara menggunakan cat kayu untuk finishing kayu mahoni

Cat Kayu Terbaik Berbahan Water Based di Indonesia

Cat kayu terbaik, Biovarnish menggunakan bahan water based acrylic yang disesuaikan dengan standar regulasi keamanan internasional sepert US-EPA dan ECHA-Reach. Sehingga tidak mengandung bahan kimia berbahaya serta tidak beracun.

Pasca finishing, Anda pun dapat langsung menggunakan furniture kayu mahoni tersebut tanpa khawatir bau cat ataupun keracunan. Bahkan, furniture tersebut juga aman ketika terdapat anak-anak atau bayi sekalipun.

Biovarnish memiliki fitur dengan daya rekat film yang kuat, transparansi warna yang tajam, tarikan kuasnya yang ringan , mudah diampelas, cepat kering sehingga cocok diaplikasikan pada media alam seperti kayu, bambu, rotan atau serat alam lainnya.

Dimana saya dapat membeli Biovarnish?

Biovarnish dapat Anda temukan di agen resmi di kota-kota Anda. Atau Anda dapat mengunungi Bio Office Centre yang terletak di Jl. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta. Adapun cabang Bio terdapat di Cirebon dan Jepara.

Untuk informasi dan pemesanan, silahkan menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini. Atau Anda juga dapat menghubungi via e-mail Bio di [email protected]

Anda lebih suka berbelanja di e-commerce? Bioindustries kini juga sudah tersedia di e-commerce kesayangan Anda. Anda bisa klik dibawah ini:

BukaLapak : https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

TokoPedia : https://www.tokopedia.com/biopaint102

Shopee : https://shopee.co.id/biovarnish.official

Bioindustries tidak hanya menyediakan cat kayu dengan tampilan natural kayu saja melainkan juga cat dengan tampilan lainnya. Untuk tips finishing misalkan menginginkan tampilan klasik, patina, wash finish dll, Anda dapat menghubungi kontak yang sudah tercantum.

Tidak hanya cat, Bioindustries juga menyediakan berbagai kebutuhan perkayuan lainnya yang tentu saja kandungan bahan pada produk tersebut lebih ramah lingkungan dan aman untuk digunakan.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here