Teknik Aplikasi Dempul Kayu Mahoni Pada Furniture Dengan Cara Tepat

908

Untuk menutup pori-pori serta menyamarkan cacat pada permukaan kayu, gunakan dempul kayu mahoni yang tepat dan aman.

Kayu mahoni merupakan salah satu kayu yang memiliki kualitas yang baik walaupun ketahanan dan keawetan tidak sebagus kayu jati. Namun, kayu mahoni memiliki tekstur yang halus dan pori-pori kecil selain itu kayu tersebut memiliki serat-serat yang lurus, terpadu, mudah dipotong dan dibentuk. Sehingga tidak jarang kayu mahoni digunakan sebagai bahan baku untuk furniture atau handicraft. Bahkan kayu mahoni merupakan salah satu kayu kelas atas bagi orang Eropa karena jenis pohon ini cukup sulit dijumpai di Eropa ataupun Amerika. Wajar saja jika furniture yang menggunakan kayu mahoni dianggap mewah. Ya, kayu mahoni banyak dimanfaatkan untuk furniture interior di Eropa sedangkan kayu jati biasanya dimanfaatkan untuk furniture eksterior.

Menariknya dari kayu mahoni adalah kayu tersebut memiliki tampilan warna serat yang kemerah-merahan. Warna khas yang dimiliki kayu mahoni ini lah yang membuat furniture kayu mahoni tetap mempertahankan tampilan warna dasarnya. Namun, karena kayu mahoni cukup langka maka Anda bisa menggunakan kayu jenis lain yang memiliki warna yang hampir mirip dengan kayu mahoni seperti kayu mindi, kayu kamper, kayu merbau, kayu meranti dan lain-lainnya.

CS Biovarnish

Kadangkala, kayu-kayu tersebut mengalami cacat kayu baik karena proses alamiah ataupun karena proses penebangan, pemotongan atau saat pengolahan menjadi furniture. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut biasanya akan diaplikasikan dempul agar permukaan kayu lebih rata dan halus sehingga akan mempermudah proses finishing selanjutnya. Maka dari itu, lakukan pendempulan dengan cara yang tepat agar hasilnya tidak berantakan. Biasanya, apabila dempul kayu mahoni tidak diaplikasikan secara sempurna akan mengakibatkan pori-pori kayu tidak menutup sempurna atau dempul akan bergelombang. Lebih baiknya, gunakan dempul yang aman dan ramah lingkungan.

Sebelum mengaplikasikan dempul akan lebih baik Anda mengamplas terlebih dahulu permukaan kayu tersebut agar permukaan kayu lebih halus dan mempermudah dempul merekat dengan baik. Penggunaan dempul tidak hanya untuk menyamarkan cacat pada kayu saja melainkan juga bertujuan untuk menutup pori-pori kayu. Pori-pori kayu yang tertutup dengan baik akan mempercepat warna kayu tampak secara sempurna. Nah, untuk menggunakan dempul kayu sebaiknya sesuaikan dengan tampilan yang diinginkan. Misalkan tampilan yang ingin digunakan adalah kayu mahoni maka pastikan warna dempul mirip dengan tampilan warna kayu mahoni.

Seperti yang diketahui, dempul kayu terdiri dari beragam merk dan kualitasnya berbeda-berbeda. Dominasi dempul kayu yang berada di pasaran adalah dempl kayu yang menggunakan pelarut organik seperti thinner atau spiritus. Pada umumnya, dempul dengan pelarut ini akan berbau menyengat sehingga Anda disarankan untuk menggunakan masker. Terlebih bagi Anda yang memiliki masalah pernafasan maka pastikan untuk selalu menggunakan masker selama proses pengaplikasian. Namun, jika Anda menginginkan dempul kayu yang tidak berbau maka disarankan untuk menggunakan dempul water based. Dempul jenis ini lebih nyaman saat diaplikasikan karena tidak mengeluarkan bau menyengat dan lebih ramah lingkungan.

Dempul Kayu Mahoni Yang Aman

Jenis dempul mana kah yang berbahaya bagi kesehatan? Faktanya, justru dempul dengan bahan solvent based justru berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan, loh. Keberadaannya yang banyak dipasaran membuat banyak orang lebih menggunakannya karena mudah dijumpai dan harganya yang terjangkau. Disisi lain, justru cat solvent based berbahaya sekali bagi kesehatan ataupun lingkungan karena terkandung bahan-bahan kimia berbahaya dan tinggi VOC.

Menurut regulasi US EPA, VOC (Volatile Organic Compound) atau senyawa organik yang mudah menguap berbahaya bagi lingkungan karena diemisikan menjadi gas dari padatan atau cairan. Dampak buruk pada VOC ini bisa dalam jangka pendek ataupun jangka panjang. Maka dari itu, penggunaan VOC pada suatu produk harus dikurangi. Biasanya, VOC banyak terdapat pada cat, lilin ataupun dalam bidang farmasi. Dalam kadar yang tinggi. VOC dapat memicu masalah kesehatan kronis seperti kanker. Maka dari itu, kini mulai hadir produk-produk yang ramah lingkungan, salah satunya adalah cat water based atau cat dengan bahan dasar air.

Di Indonesia, keberadaan dempul berbahan dasar air cukup langka meskipun beberapa produk cat water based sudah terdapat di pasaran Indonesia. Meskipun keberadaannya yang langka, produk water based mulai banyak diminati bahkan perkembangan produk ramah lingkungan tersebut lebih cepat dibandingkan oleh cat solvent based. Untuk pengaplikasian, dempul water based hampir mirip dengan dempur solvent based namun yang membedakan adalah proses pengeringannya. Dempul water based hanya cukup didiamkan dalam suhu ruangan tanpa harus dikeringkan dibawah sinar matahari. Berbeda dengan cat solvent based yang bergantung dengan cahaya matahari.

Aplikasi dempul water based mudah sekali dipalikasikan maka perhatikan langkah-langkah pengaplikasian dempul dibawah ini dengan baik:

  • Sebelum diaplikasikan dempul, pastikan permukaan kayu bersih dan kering dengan MC <15%. Dengan tingkat kekeringan yang stabil maka kayu akan lebih tahan lama dan tidak mudah terserang serangga atau jamur.
  • Aplikasikan dempul dengan cara scrape menggunakan pisau searah dengan serat kayu.
  • Tunggu hingga kering kurang lebih 30 menit, kemudian ampelas permukaan kayu tersebut menggunakan kertas amplas.
  • Lakukan langkah-langkah di atas sampai mendapatkan hasil pori-pori atau cacat kayu tertutup sempurna.
  • Kemudian lanjutkan dengan mengaplikasikan maincoat seperti wood stain.

Keberadaan cat water based yang semakin eksis di pasaran mancanegara bahkan sudah memasuki Indonesia, kini banyak produsen cat lokal mulai berlomba-lomba mengembangkan cat water based untuk kebutuhan finishing furniture ataupun kerajinan. Salah satu produsen cat lokal yang mengembangkan cat water based dan bahkan menjadi pelopor dari produk-produk ramah lingkungan adalah Bio Industries. Seperti dempul kayu untuk finishing natural kayu, Bio Industries memiliki Biovrnish yang mana cat tersebut merupakan cat kayu khusus untuk tampilan natural kayu. Tidak hanya terdiri dari dempul kayu saja melainkan juga produk finishing lainnya seperti wood stain, sanding sealer dan clear coat.

Dempul water based yang bagus dan kualitasnya tidak kalah dengan cat water based luar negeri adalah Biovarnish Wood Filler. Dempul ini telah sesuai dengan standarisasi keamanan dan kesehatan bahan kimia dari Uni Eropa ECHA Reach Regulation Compliance dan kandungan VOC jauh di bawah ambang batas yang ditetapkan oleh US-Enviromental Protection  Agency (EPA). Sehingga dempul tersebut aman, tidak berbau dan bahkan tidak beracun sehingga akan lebih nyaman ketika diaplikasikan.

Dempul tersebut memiliki kerekatan yang bagus, anti jamur, cepat kering dan mudah diampelas. Biovarnish Wood Filler ini terdiri dari 4 warna yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan yakni warna kayu mahoni, kayu jati, kayu ramin dan kayu sungkai. Nah, untuk mendapatkan tampilan kayu mahoni maka Anda dapat mengaplikasikan Biovarnish Wood Filler dengan warna kayu mahoni. Anda tidak perlu bingung lagi dengan proses finishing cat water based karena Anda dapat menggunakan varian produk finishing Biovarnish. Maka dari itu, kehadiran Biovarnish akan mempermudah proses finishing bagi Anda yang menginginkan menggunakan produk ramah lingkungan. Selain itu, dari segi tampilan Biovarnish Wood Stain dan Biovarnish Liquid Stain terdiri dari 20 varian warna yang bisa Anda pilih, salah satunya adalah warna kayu mahagony atau mahoni.

Dempul kayu ramah lingkungan ini memiliki daya rekat film yang kuat sehingga dapat diaplikasikan pada media finishing serat alam apapun seperti bambu, rotan, enceng gondok, atau serat alam yang biasanya digunakan untuk kerajinan. Untuk proses pengeringannya pun juga cepat yakni hanya membutuhkan waktu 20-30 menit tanpa harus dikeringkan dibawah sinar matahari langsung.

Selain produk finishing natural kayu, Bio Industries juga menawarkan produk finishing lainnya yakni BioColours. Bahkan juga menyediakan produk ramah lingkungan lainnya mulai dari treatment atau perawatan. Untuk melindungi dari serangan serangga atau jamur maka Anda dapat menggunakan obat ramah lingkungan untuk kayu yakni BioCide. Sedangkan untuk pemutihan kayu atau bleaching, Anda dapat menggunakan WA 250 yang lebih ramah lingkungan dibandingkan H2O2. Disisi lain, untuk perawatan kayu maka Anda menggunakan Biopolish demi menjaga tampilan produk.

Penasaran dimana dapat memesan produk ramah lingkungan ini? Nah, Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau pemesanan silahkan hubungi Bio Industries via telp. pada kontak hotline yang tertera pada website. Apabila Anda berada di area Yogyakarta dan sekitarnya, silahkan kunjungi kantor Bio Industries di Jl. Sidikan No.94, Yogyakarta. Atau Anda dapat melakukan pemesanan via marketplace Bio Industries di https://www.tokopedia.com/catkayu, https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased atau https://shopee.co.id/bioavarnish.official.

Tertarik penggunaan komponen furniture kayu mahoni yang ramah lingkungan? Pesan sekarang sebelum Anda menyesal. Semoga dengan informasi mengenai aplikasi dempul kayu mahoni tersebut memudahkan Anda saat finishing untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here