Finishing Furniture Kayu Mahoni Dengan Cat Kayu Terbaik di Indonesia

1244

Kayu mahoni merupakan salah satu kayu yang sangat mudah dijumpai di Indonesia. Keunggulan dari jenis kayu ini adalah warna serat kayunya yang kemerah-merahan.

Bahkan tidak jarang, kayu ini digunakan sebagai pengganti kayu jati sebagai media furniture. Karena kayu mahoni jauh lebih murah daripada kayu jati. Namun kualitas yang dimiliki kayu mahoni tidak kalah bagus dengan kayu jati.

Jadi wajar saja jika kayu mahoni banyak digemari oleh penggiat hobi kayu ataupun orang awam sekalipun. Di Eropa, justru mengganggap kayu mahoni tersebut sebagai kayu yang berkelas.

CS Biovarnish

Sebab, kayu mahoni ini tidak mudah ditemukan di benua Eropa melainkan hanya di beberapa negara di Asia saja. Umumnya, kayu mahoni banyak digunakan oleh orang Eropa sebagai media interior seperti furniture.

Maka dari itu, banyak pengusaha mebel yang mengekspor furniture ke Eropa. Begitu pula di Indonesia, kayu mahoni juga dianggap sebagai kayu yang berkelas karena tekstur serta karakternya yang unik.

Furniture yang menggunakan material dari kayu mahoni pada umumnya hanya berlapis cat kayu transparan seperti plitur. Bertujuan agar tampilan kayu mahoni tetap tampak seperti aslinya.

Furniture kayu mahoni tentu membutuhkan lapisan cat kayu yang tepat. Agar tidak menutup serat kayunya maka diperlukan cat kayu yang memang diformulasikan untuk warna natural kayu.

Cat kayu terbaik dengan warna natural kayu adalah dengan cat yang memiliki transparansi warna yang tajam. Sehingga ketika cat diaplikasikan, warna kayu semakin tajam namun tetap memperlihatkan serat dari kayu yang dilapisinya.

Aplikasi Cat Kayu Terbaik Berbahan Water Based Untuk Furniture Kayu Mahoni

Hanya menggunakan plitur untuk mendapatkan tampilan natural kayu pada kayu mahoni memang terdengar mudah. Namun, faktanya bahwa untuk menciptakan tampilan natural kayu yang optimal maka dibutuhkan beberapa tahap finishing.

Tahap finishing tersebut memiliki tujuan pada setiap tahapnya. Seperti pada tahap dasar dengan mengaplikasikan dempul atau sanding sealer yang bertujuan untuk menutup pori-pori kayu, menyamarkan cacat kayu dan memperhalus tekstur kayu.

Sedangkan untuk pengaplikasian wood stain seperti plitur memiliki tujuan untuk mempertajam tampilan warna dasar kayu. Untuk tahap akhir yakni pengaplikasian topcoat memiliki peran untuk mengunci warna cat dan menciptakan tampilan akhir seperti gloss, matte atau doff.

Tidak sedikit orang yang mengabaikan tahap-tahap finishing diatas hanya untuk mendapatkan tampilan natural kayu saja. Dengan tahapan finishing yang lengkap justru membuat cat akan bertahan lama.

Kasus yang sering terjadi pada furniture dengan tampilan natural kayu adalah warna yang terlihat kusam diakibatkan oleh udara lembab, perubahan cuaca atau memang faktor cat yang sudah lama diaplikasikan.

Maka dari itu, pemilihan cat sangat penting untuk menjaga tampilan furniture kayu mahoni dapat bertahan lebih lama. Anda dapat menggunakan cat yang memiliki daya rekat yang kuat sehingga cat tidak mudah memudar.

Selain memperhatikan faktor tampilan yang dihasilkan serta fitur yang terdapat pada cat maka perhatikan pula faktor kenyamanan serta keamanan cat tersebut. Finishing dengan cat yang aman akan lebih membuat Anda merasa lebih nyaman dan tidak khawatir dampak yang ditimbulkan, bukan?

Cat kayu yang baik untuk finishing kayu mahoni dan nyaman ketika diaplikasikan dengan cat water based. Jenis cat ini memang tergolong cat yang baru berkembang di Indonesia.

Kualitas serta keamanan bahannya sudah terjamin dan dipercaya di kalangan industri finishing internasional. Sebagian masyarakat Indonesia masih asing dengan cat ini karena belum populer. Bahkan masih banyak yang meragukan dari segi kualitas dan harga yang ditawarkan pun lebih mahal dibandingkan cat pada umumnya.

Secara harga, cat water based memang lebih mahal dibandingkan dengan cat konvensional pada umumnya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya belum banyak cat water based di Indonesia, bahan-bahan yang digunakan serta proses produksi cat tersebut.

Kelebihan cat water based dibandingkan cat konvensional adalah Anda tidak perlu menggunakan thinner atau spiritus untuk melarutkan cat melainkan hanya cukup menggunakan air saja.

Jika diperhatikan kembali, cat konvensional memang dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau namun Anda perlu menggunakan pelarut organik seperti thinner atau spiritus untuk melarutkan cat. Cat ini akan lebih boros digunakan ketika Anda memiliki usaha yang jumlah produksinya sangat banyak.

Sedangkan cat water based justru dikatakan lebih mahal namun jika dilihat kembali, cat ini tidak perlu menggunakan pelarut organik. Anda dapat menggunakan air kapanpun tanpa harus membelinya. Sehingga penggunaan cat ini pun lebih hemat jika digunakan untuk finishing partai besar.

Bagi Anda yang akan mengekspor furniture kayu mahoni ke luar negeri khususnya di Amerika atau Eropa maka Anda perlu memperhatikan keamanan bahan finishing Anda.

Dari segi keamanan, justru cat water based jauh lebih aman dan ramah lingkungan dibandingkan cat konvensional. Sebab, cat water based diformulasikan menggunakan bahan-bahan yang sesuai dengan standar keamanan.

Sedangkan beberapa cat konvensional menggunakan bahan-bahan yang sesuai standar minimum untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Bahkan kandungan bahan yang terdapat pada cat sangat berbahaya sehingga dapat berdampak buruk pada lingkungan dan kesehatan.

Gunakan cat kayu yang memiliki kandungan VOC yang rendah serta telah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia. Anda juga dapat menggunakan cat yang sudah sesuai dengan standar dari regulasi internasional seperti European Chemical Agency (ECHA-Reach) dan United State Enviromental Protection Agency (US-EPA).

Cat yang sudah memiliki persyaratan tersebut adalah cat water based Biovarnish.  Cat tersebut tidak mengandung bahan kimia berbahaya, tidak beracun serta tidak berbau sehingga lebih nyaman ketika digunakan dan tidak menimbulkan gangguan kesehatan ataupun pencemaran lingkungan.

Cat kayu terbaik dengan bahan water based tersebut juga diformulasikan khusus sebagai pengganti plitur atau pernis. Sehingga fitur-fitur yang ditawarkan pun sudah sesuai standar finishing. Adapun fitur-fitur Biovarnish sebagai berikut:

  • Low VOC
  • Daya rekat film yang kuat
  • Transparansi warna yang tajam
  • No Sagging
  • Cepat kering
  • Mudah diaplikasikan
  • Elastisitas cat yang baik
  • Tidak menguap
  • Tahan air dan tahan cuaca

Dari penjabaran fitur Biovarnish diatas, Biovarnish dilengkapi fitur tahan air dan tahan cuaca sehingga Biovarnish tidak hanya cocok untuk finishing pada furniture interior saja melainkan juga furniture eksterior.

Sedangkan untuk menciptakan tampilan natural kayu, seperti yang sudah dijelaskan diatas maka dibutuhkan tahapan finishing dengan menggunakan beberapa jenis cat yang berbeda.

Biovarnish menawarkan kemudahan bagi Anda selama finishing baik bagi seorang professional atau bahkan seorang pemula sekalipun. Karena Biovarnish terdiri dari beberapa varian cat yakni Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Sanding Sealer, Biovarnish Glaze dan Biovarnish Clear Coat.

Produk-produk finishing tersebut dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Karena untuk menciptakan tampilan natural kayu yang bagus dibutuhkan tahap finishing mulai dari basecoat, maincoat dan topcoat.

Untuk mempermudah finishing, maka perhatikan cara aplikasi Biovarnish berikut:

  1. Ampelas kusen hingga bersih
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler dengan pisau palet lalu diamkan dalam suhu ruangan selama 20-30 menit. Apabila sudah kering, amplas menggunakan kertas amplas no. 320
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood stain menggunakan kuas, tunggu hingga benar-benar mengering selama kurang lebih 60 menit kemudian ampelas halus menggunakan kertas amplas no. 400
  4. Aplikasikan Biovarnish Clear kemudian diamkan hingga semalaman untuh hasil sempurna

Setelah melalui tahap finishing, furniture dapat langsung packing atau digunakan. Furniture yang sudah terlapisi Biovarnish tanpa perlu diangin-anginkan dulu untuk mengurangi uap cat. Justru dapat langsung digunakan karena Biovarnish tanpa mengalami penguapan.

Sehingga Biovarnish tergolong jenis cat yang aman dan nyaman karena tidak mengeluarkan zat kimia beracun dan tidak berbau. Begitupula juga langsung digunakan untuk dalam ruangan.

Cat Water Based Terbaik Di Indonesia

Biovarnish adalah cat kayu terbaik di Indonesia yang menggunakan bahan water based acrylic. Biovarnish memiliki fitur dengan daya rekat film yang kuat, transparansi warna yang tajam, tarikan kuasnya yang ringan, mudah diamples sehingga cocok diaplikasikan pada media kayu seperti kayu mahoni, kayu jati, kayu sonokeling dll dan atau digunakan pada serat alam lain seperti bambu dan rotan.

Dimana sih membeli produk Biovarnish? Mudah saja, Anda dapat langsung menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini. Atau Anda dapat menghubungi via e-mail untuk konsultasi dan pemesanan produk yakni di [email protected]

Bagi Anda yang suka membeli produk di marketplace, kini Bioindustries telah hadir di beberapa marketplace kesayangan Anda yakni

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

TokoPedia : https://www.tokopedia.com/bioindustries

Shopee : https://shopee.co.id/biovarnish.official

Atau Anda dapat langsung mengunjungi Bio Office yang terletak di Jl. Sidikan No. 94,Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta.

Tidak bingung harus menggunakan cat mana lagi kan agar mendapatkan hasil finishing natural kayu yang optimal dan tajam? Selalu gunakan cat kayu yang aman dan ramah lingkungan untuk kebutuhan finishing baik tampilan natural kayu ataupun tampilan warna solid.

Dengan menggunakan produk-produk yang aman dan ramah lingkungan maka Anda telah ikut menjaga lingkungan dari dampak buruk bahan kimia berbahaya yang telah menyebabkan polusi udara, dampak dari efek rumah kaca serta pemanasan global.

Selain Biovarnish, Bioindustries juga menyediakan berbagai kebutuhan perkayuan seperti cat untuk finishing warna solid, treatment kayu (obat anti serangga dan anti jamur), bleaching kayu hingga perawatan furniture (poles kayu). Semua produk tersebut adalah produk yang aman dan ramah lingkungan sesuai dengan standar keamanan internasional.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here