Refinishing Furniture Kayu Jati Dengan Tampilan Natural Transparan

268

Furniture yang terbuat dari kayu lambat laun tampilannya akan memudar terlebih jika sebelumnya lapisan cat pada furniture adalah cat solvent based. Sebab, cat solvent based pada umumnya akan mudah menguap karena kandungan minyak yang digunakan. Dari segi tampilan, cat solvent based memberikan tampilan yang kuat dan maksimal dan cat ini memiliki kelemahan dari segi daya tahan ketika diaplikasikan ke permukaan kayu atau bahan baku lain.

Jika tampilan furniture sudah mulai mengusam, hal yang perlu dilakukan adalah refinishing atau pengecatan ulang. Pada umumnya, refinishing bisa dilakukan dengan plitur atau pernis namun cat ini kurang memberikan hasil yang baik dan daya tahan yang kurang bagus. Namun, jika memilih jenis cat agar kayu bisa bertahan lama dan tidak mudah menguap, sangat disarankan menggunakan jenis cat water based. Kenapa demikian? Cat water based merupakan cat yang menggunakan bahan dasar air dan tidak menguap sehingga akan bertahan lebih lama.

Kayu jati dikenal sebagai kayu yang memiliki daya tahan dan kekuatan yang baik tentunya masalah lapisan cat yang sedikit mngusam tidak akan mengganggu tampilannya. Namun, cat tidak hanya sekedar menjaga tampilan saja namun fungsi cat juga untuk melindungi kayu sehingga bisa tahan benturan, gesekan maupun serangan serangga maupun jamur. Jika jenis cat yang digunakan merupakan cat dengan daya proteksi yang lemah maka tidak menutup kemungkinan kayu jati pun akan mudah rusak.

CS Biovarnish

Cat water based merupakan pilihan bahan finishing yang tepat untuk lapisan awal atau digunakan untuk refinishing. Salah satu cat water based yang direkomendasikan adalah Biovarnish karena cat ini memiliki daya proteksi dan daya tahan yang baik serta cocok diaplikasikan untuk indoor maupun outdoor.

Refinishing Furniture Kayu Jati Menggunakan Biovarnish

Refinishing pada furniture dilakukan ketika furniture mulai usang atau di beberapa spot furniture sudah mulai cacat karena mengelupas. Jika furniture dalam ruangan Anda sudah mulai mengusam sebaiknya lakukan refinishing untuk mencegah furniture rusak. Sebab, cat yang mulai mengusam biasanya memiliki daya proteksi yang lemah sehingga furniture sangat riskan mengalami masalah kerusakan baik karena gesekan, jamur maupun serangga.

Refinishing furniture kayu  jati tidak hanya dilakukan pada sisi yang sudah usang saja melainkan keseluruhan kayu. Sehingga sebelum kayu jati di cat kembali, maka langkah yang harus dilakukan adalah membersihkan sisa cat yang masih menempel pada permukaan kayu sehingga akan mempermudah proses finishing. Untuk membersihkan sisa cat yang masih menempel pada permukaan furniture, cukup hanya dengan diamplas. Pastikan amplas permukaan furniture secara merata jadi untuk proses refinishing pun lebih mudah dilakukan.

Nah, selain keadaan yang sudah mengusang sebaiknya juga perhatikan pula kondisi kayu pada saat itu. Perhatikan sekitar permukaan kayu apakah ada kerusakan diakibatkan oleh serangga atau tidak, sebab kalau tidak sekalian ditangani maka proses refinishing pun akan sia-sia. Jika terdapat bekas kerusakan akibat serangga misalkan serbuk-serbuk kayu maka alangkah baiknya semprotkan cairan anti serangga kayu. Kemudian, tutup pori-pori kayu yang rusak diakibatkan serangga tersebut menggunakan filler.

Berikut langkah-langkah refinishing pada furniture kayu jati yang bisa Anda lakukan di rumah:

  • Aplikasikan Biovarnish Wood Filler

Pengaplikasikan Biovarnish wood filler ini bertujuan untuk menutup cacat kayu diakibatkan oleh serangga maupun akibat dari gesekan. Campurkan dengan air kemudian aduk hingga homogen. Setelah itu aplikasikan menggunakan pisau palet ke seluruh permukaan kayu kemudian tunggu hingga kering. Apabila sudah kering, amplas menggunakan kertas amplas no. 240

  • Aplikasikan Biovarnish Wood Stain

Pada tahap ini disebut sebagai coloring atau pewarnaan. Pada tahap ini, gunakan wood stain dengan warna yang sesuai keinginan. Kemudian larutkan ke dalam air sesuai dengan takaran dalam kemasan. Kemudian aplikasikan menggunakan kuas ke seluruh permukaan kayu, diamkan kurang lebih 60 menit di tempat teduh. Apabila sudah kering, amplas ambang menggunakan kertas amplas no. 400

  • Aplikasikan Biovarnish Clear Coat

Agar tampilan furniture kayu jati lebih optimal, maka aplikasikan Biovarnish Clear coat. Kesempatan ini, Anda bisa memilih tampilan matte atau gloss dan pilih sesuai dengan yang diinginkan. Larutan cat tersebut campurkan air sesuai dengan petunjuk dalam kemasan kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kayu. Tunggu hingga mengering kurang lebih 20 menit untuk hasil kering sentuh. Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish clear coat kembali apabila hasilnya kurang sesuai dengan yang diinginkan.

Mengenal Cat Water Based Biovarnish

Biovarnish merupakan cat kayu yang terbuat dari water based acrylic yang aman dan ramah lingkungan. Sebab, cat ini diformulasikan sesuai dengan standar keamanan regulasi internasional seperti US Enviromental Protection Agency dan EACH-Reach. Sehingga cat water based Biovarnish ini tidak memiliki kandungan VOC yang tinggi, tidak mengandung bahan kimia berbahaya, tidak beracun, tidak menyebabkan bau yang menyengat serta lebih ramah lingkungan.

Karena kandungan bahannya yang aman dan ramah lingkungan, Biovarnish juga cocok diaplikasikan pada kerajinan tangan, wooden toys hingga baby furniture. Maka dari itu, penggunaan cat water based sangat direkomendasikan karena kandungannya yang aman untuk lingkungan keluarga Anda. Selain itu, cat water based ini juga tidak menyebabkan lingkungan sekitar Anda tercemar. Berbeda dengan cat solvent based pada umumnya yang notabene akan meninggalkan bau yang sangat menyengat, menyebabkan polusi tanah, air maupun udara.

Biovarnish merupakan pelopor cat ramah lingkungan yang ada di Indonesia dan sudah dibuktikan keamanannya. Tidak hanya bisa diaplikasikan pada kayu saja, Biovarnish juga bisa diaplikasikan ke berbagai olahan kayu (MDF, plywood, dan sejenisnya) dan natural fyber (bambu, rotan, enceng gondok dll) karena daya rekatnya yang kuat dan memiliki transparansi warna yang baik sehingga akan mengahasilkan warna yang natural.

Di berbagai negara sudah menggalakkan untuk menggunakan produk-produk yang aman dan ramah lingkungan. Bahkan di berbagai negara maju di seluruh dunia sudah menghentikan penggunaan cat yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya seperti timbal, merkuri dan bahan kimia berbahaya lainnya. Sebab, tidak sedikit korban mengalami penyakit parah seperti kanker disebabkan berinteraksi dengan bahan kimia berbahaya tersebut dalam jangka waktu yang panjang.

Tentu ini menjadi salah satu tugas bagi setiap masyarakat untuk menjaga lingkungan dan kesehatan untuk kepentingan bersama. Dengan demikian, untuk memulai hal tersebut dimulai dari diri kita sendiri dengan memilih produk-produk yang aman dan ramah lingkungan. Biovarnish menjadi salah satu bahan finishing yang sangat direkomendasikan karena kandungan bahannya yang aman. Jangan biarkan diri kita salah dalam memilih untuk kepentingan lingkungan dan kesehatan orang-orang disekitar kita.

Untuk mendapatkan produk cat water based, Biovarnish yang aman dan ramah lingkungan, Anda bisa langsung ke kantor Bio centre di Jogja, Jepara dan Cirebon. Atau hubungi saja langsung call centre Bioindustries di kontak yang sudah tertera pada website ini.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here