Lapisan Sealer Transparan untuk Warna Cat Kayu Agar Hasil Lebih Tajam

156

Furnituredengan tampilan natural kayu masih banyak diminati oleh masyarakat. Bahkan tampilan natural kayu sangat awet dan selalu diminati meskipun banyak mengalami inovasi desain interior. Kenapa begitu banyak diminati dibandingkan tampilan warna lain? Sebab, furniture dengan tampilan natural kayu memberikan kesan yang natural, elegan dan memiliki nilai estetik. Nilai estetik dari tampilan natural kayu ini terdapat pada warna dan serat yang dimiliki oleh media finishing yang dilapisi. Ya, meskipun media finishing tersebut sudah dilapisi cat kayu namun tetap memperlihatkan serat dari yang dimilikinya.

 Tampilan natural kayu bisa menggunakan plitur atau cat kayu lainnya seperti melamin, NC, pernis dll. Namun, untuk mendapatkan hasil akhir yang optimal tidak hanya membutukan satu jenis cat kayu saja. Dalam industri mebeling, furniture yang diproduksi melewati beberapa tahap finising untuk dapat menciptakan tampilan natural kayu yang halus, rapi dan tajam. Sayangnya, bagi seorang awam hal tersebut dipandang terlalu ribet dan menghabiskan banyak waktu. Dalam proses finishing memang membutuhkan waktu yang cukup lama bahkan lebih dari satu hari.

Cat kayu yang cepat kering memang jarang dijumpai kecuali cat tersebut merupakan cat water based. Cat tersebut lebih cepat kering karena menggunakan bahan dan pelarut dari air. Ya, cat kayu yang menggunakan pelarut organik seperti thinner atau spiritus lebih lama kering karena bergantung dengan sinar matahari selama proses pengeringan. Sehingga, ketika musim hujan akan lebih lama bahkan bisa berhari-hari untuk proses pengeringan.

CS Biovarnish

Cat water based lebih efisien waktu dibandingkan cat solvent based karena tidak bergantung dengan sinar matahari melainkan cukup dikeringkan dalam suhu ruangan saja. Sehingga, hanya dalam kurun waktu 30-60 menit saja cat sudah kering. Apakah cat kayu untuk tampilan natural kayu dengan bahan dasar air sudah dapat dijumpai di Indonesia? Cat water based sudah bisa digunakan di Indonesia namun keberadaannya belum sebanyak cat solvent based. Begitu pula lapisan sealer transparan untuk warna cat kayu.

Finishing Lapisan Sealer Transparan untuk Warna Cat Kayu

Biovarnish merupakan salah satu cat water based yang aman dan menghasilkan tampilan warna kayu yang optimal. Cat kayu ini bisa digunakan untuk finishing furniture interior ataupun eksterior baik pada media finishing kayu, MDF, plywood, LVL, Veneer, rotan, bambu atau serat alam lainnya. Sebab, Biovarnish dilengkapi dengan fitur tahan air, tahan cuaca dan daya rekat film yang kuat. Sehingga, ketika dialikasikan ke media finishing serat alam manapun akan menghasilkan tampilan yang sama.

Berikut cara finishing Biovarnish lapisan sealer transparan untuk warna cat kayu dengan hasil yang optimal:

  • Aplikasikan terlebih dahulu Biovarnish Wood Filler untuk menyamarkan cacat pada kayu. Kemudian amplas permukaan media finishing yang dilapisi tersebut
  • Lalu aplikasikan Biovarnish Liquid Stain untuk menciptakan tampilan warna kayu yang diinginkan. Lalu diamkan kurang lebih 60 menit dan apabila sudah kering, amplas ambang permukaan media finishing tersebut
  • Untuk memperkuat coating sebelumnya, aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer. Larutkan terlebih dahulu dengan air lalu aduk larutan tersebut hingga homogen. Setelah itu, aplikasikan ke seluruh permukaan media finishing baik dengan cara kuas atau semprot. Setelah itu, diamkan kurang lebih 60 menit di tempat yang teduh. Setelah kering sentuh, amplas ambang permukaan media finishing tersebut menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  • Tahap akhir agar cat tersebut warnanya terkunci, cat lebih kuat daya rekatnya serta memberikan tampilan matte atau gloss maka aplikasikan Biovarnish Clear Coat.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here