Cara Menggunakan Cat Kayu Untuk Finishing Kusen Rumah di Indonesia

876

Kusen akan terlindungi dengan baik apabila dilapisi cat kayu. Cat kayu yang bagus adalah cat kayu aman dan tidak mudah flacking sehingga lebih tahan lama.

Pada bangunan-bangunan bergaya klasik sampai modern, selalu tidak lepas dengan kusen guna menyambungkan daun pintu atau daun jendela. Sedangkan di Indonesia, sebagian besar kusen merupakan komponen bangunan yang selalu dipakai. Seperti halnya rumah adat Indonesia yang sebagian besar menggunakan kusen seperti rumah adat joglo, limas, rumah gadang dan sebagainya. Bahkan, rumah dengan gaya modern, modern mid-century di Indonesia tidak lepas menggunakan kusen sebagai pelengkap bagian rumah.

Kusen kayu yang paling banyak digunakan hingga saat ini adalah terbuat dari material kayu. Dan kayu yang digunakan pun tidak boleh asal atau sembarangan. Pasalnya, kusen merupakan komponen bangunan yang bertujuan untuk menjaga daun pintu atau daun jendela terpasang seperti fungsinya. Masalah yang sering dialami pada kusen adalah penggunaan kayu yang tidak tepat.

CS Biovarnish

Kayu yang tidak tepat pada kusen justru akan membuat kusen tidak bisa berfungsi dengan baik. Masalah yang sering terjadi adalah kayu yang digunakan tersebut mudah mengalami penyusutan atau pemuaian sehingga ketika terjadi perubahan cuaca menyebabkan daun pintu atau daun jendela tidak dapat berfungsi dengan baik. Hingga saat ini, kayu yang digunakan untuk kusen ataupun daun jendela/pintu dengan fleksibilitas yang baik adalah kayu jati. Kayu tersebut juga dikenal sebagai kayu yang tahan terhadap perubahan cuaca sehingga paling sering digunakan untuk kebutuhan komponen bangunan atau furniture eksterior.

Tidak semua orang memang mampu menjangkau kayu jati sebagai material bagian dari rumah sehingga dibutuhkan kayu lain yang memiliki kualitas yang bagus meskipun tidak sebaik kayu jati. Diantaranya adalah kayu mahoni, kayu kamper, kayu merbau dan kayu nangka. Semua jenis kayu ini memiliki karakter yang berbeda-beda sehingga pastikan Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan dari penghuni rumah.

Untuk melindungi kusen kayu secara optimal maka dibutuhkan lapisan cat yang tepat. Lapisan cat tersebut memang tidak hanya sekedar mempercantik tampilan kusen saja melainkan juga melindungi kusen dengan baik. Untuk cat kayu yang digunakan melapisi kusen kayu sebaiknya adalah cat yang memiliki fleksibilitas yang baik. Sehingga ketika terjadi perubahan cuaca tidak mengalami pemuaian atau penyusutan. Selain itu, dengan fleksibilitas yang bagus juga cat tidak mudah mengalami flacking atau retak-retak. Terjadinya flacking pada umumnya disebabkan cat kayu yang sudah terlalu lama.

Namun, jika cat kayu tersebut memiliki fleksibilitas yang bagus maka terjadinya lebih lama dibandingkan cat kayu pada umumnya.  Cat kayu yang tidak mudah flacking atau yang tidak mudah memudar biasanya juga lebih lama harus di refinishing atau di cat ulang. Kenapa harus di cat ulang? Seperti yang sudah dijelaskan diatas, fungsi cat tidak hanya mempercantik tampilan saja melainkan juga melindungi kayu dari berbagai kerusakan.

Sedangkan untuk maslaah warna, sebagian besar warna kusen pada rumah-rumah di Indonesia menggunakan warna alami kayu walaupun tidak sedikit pula yang menggunakan warna solid. Untuk menampilkan warna alami kayu pada kusen perlu memilih finishing kusen yang tepat. Jika dilihat sekilas, finishing dengan tampilan natural kayu terlihat sederhana. Namun, apabila dilakukan secara asal atau tidak sesuai dengan tahapan finishing yang tepat maka hasilnya justru berantakan dan kasar.

Dengan didukung daya sumber alami yang terdapat di Indonesia, warna alami selalu dipilih agar tetap menampilkan kesan alami dan menyatu dengan alam. Namun tidak jarang, penggunaan cat yang kurang aman masih digandrungi oleh aplikator cat pada kusen atau furniture rumah. Padahal, dampak yang ditimbulkan juga cukup berbahaya. Cat yang kurang aman salah satunya adalah cat dengan bahan dasar solvent atau minyak. Kandungan kimia yang tinggi pada minyak dapat mengakibatkan efek samping bagi aplikator atau orang lain, seperti pusing-pusing, dapat pula mengakibatkan iritasi kulit misal gatal-gatal, ganggunan syaraf atau bahkan mengidap kanker. Maka, sangat disarankan menggunakan finishing kusen yang aman dan ramah lingkungan, seperti cat water based.

Aplikasi Finishing Kusen Yang Benar

finishing kusen dengan biovarnishKetika memilih cat, masyarakat pada umumnya memilih cat solvent based untuk melapisi kusen mereka. Namun, perlu diketahui dampak dari penggunaan cat solvent based. Seperti yang telah diurai diatas, cat solvent based bukanlah cat yang aman.

Sedangkan cat kayu yang aman digunakan untuk finishing kusen kayu atau furniture adalah cat water based. Selain memperhatikan keindahan warna yang ditampilkan, perlu juga memperhatikan kenyamanan bagi keluarga atau orang sekitar.

Cat water based merupakan cat kayu yang menggunakan bahan dan pelarut dari air. Maka dari itu, cat kayu water based tergolong jenis cat kayu yang ramah lingkungan. Bahkan cat water based termasuk teknologi terbaru dalam bidang finishing untuk menggantikan fungsi dari penggunaan cat solvent based. Di Indonesia, keberadaan cat water based masih tergolong baru sehingga informasi cat water based pun masih sedikit.

Informasi mengenai cat water based di Indonesia pun belum menjangkau semua kalangan sehingga penggunanya pun masih sedikit. Meskipun minat penggunaan cat water based ini masih sedikit dan belum diketahui banyak orang, ternyata perkembangan cat water based justru lebih meningkat dibandingkan cat solvent based. Dan Anda pun tidak perlu bingung lagi karena cat water based juga sudah mulai ditemui di berbagai toko cat walaupun jumlahnya belum sebanyak cat solvent based. Namun, hal tersebut membuktikan bahwa eksistensi cat water based mulai diakui di masyarakat baik secara kualitas ataupun keamanan bahannya.

Berikut langkah finishing kusen yang tepat:

  1. Haluskan permukaan kusen dengan menggunakan amplas guna menghilangkan debu, kotoran atau minyak yang masih tertempel pada kusen.
  2. Jika terdapat bagian-bagian kusen yang rusak atau berlubang, aplikasikan dempul guna menyamarkan lubang.
  3. Aplikasikan amplas kembali pada bagian yang sudah didempul sampai merata. Tujuan amplas pada bagian yang didempul tersebut agar permukaan rata. Jika permukaan kusen merata maka akan memudahkan untuk mengaplikasikan cat.
  4. Aplikasikan cat dengan menggunakan kuas yang sudah dilapisi kain.Tunggu sampai kering lalu ulangi kembali langkah tersebut sampai mendapatkan warna kilap yang sempurna.

Kesadaran masyarakat akan pentingnya keamanan cat yang mulai meningkat, berdampak pada mudahnya cat water based ditemukan di pasaran. Salah satu cat water based di Indonesia adalah Biovarnish. Cat tersebut merupakan cat water based yang diformulasikan sesuai dengan standarisasi keamanan internasional seperti US-Environmental Protection Agency (EPA) dan  standard regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA)REACH. Untuk mendapatkan informasi lebih detai mengenai Biovarnish atau cat water based lainnya silahkan menghubungi customer care Bio Industries via telp melalui kontak hotline yang sudah tertera di website ini.

Biovarnish merupakan cat water based pegganti plitur konvensional atau pernis berbahan dasar shellac gum untuk aplikasi pada furniture baik indoor maupun eksterior. Biovarnish juga sangat efektif dan efisien membentuk lapisan film pada kayu, selain itu cat tersebut juga lebih cepat kering, tidak lengket, tahan air dan tahan cuaca.  Jadi, pastikan Anda menggunakan cat yang aman dan ramah lingkungan pada furniture rumah Anda. karena interaksi langsung terhadap keluarga, hewan peliharaan atau teman-teman Anda, cat aman dan ramah lingkungan seperti cat water based merupakan salah satu cat yang cocok digunakan karena sifatnya yang tidak berbau dan tidak menimbulkan efek samping pada kesehatan.

Biovarnish juga mudah diaplikasikan dan cepat kering sehingga akan lebih menguntungkan terlebih jika digunakan dalam partai besar. Cat kayunya yang cepat kering tersebut tidak harus dikeringkan dibawah sinar matahari melainkan hanya cukup didiamkan di bawah suhu ruangan tanpa harus dikeringkan dibawah sinar matahari. Dengan proses pengeringan yang cepat dan tanpa membutuhkan sinar matahari tentunya akan lebih efisien waktu. Selain itu, juga dapat dilakukan kapanpun tanpa harus menunggu cuaca panas terik agar cat cepat kering.

Cat kayu ramah lingkungan tersebut aman digunakan untuk kebutuhan finishing interior ataupun eksterior seperti kusen. Sebab, cat kayu aman tersebut dilengkapi dengan fitur tahan air dan tahan cuaca. Hasilnya pun akan selalu optimal meskipun diaplikasikan di beda material finishing seperti kayu solid, kayu olahan, bambu, rotan ataupun serat alam lainnya. Dengan transparansi warna kayu yang tajam dan daya rekat filmnya yang kuat membuat cat akan menghasilkan warna yang bagus di media finishing apapun.

Demikian tips aplikasi dengan pilihan finishing kusen yang tepat. Pastikan untuk selalu menggunakan produk-produk yang aman dan ramah lingkungan agar tidak mencemari lingkungan dan kesehatan pun tetap terjaga dengan baik. Semoga Bermanfaat!

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here