Ingin Pintu Berwarna Natural Kayu Yang Tajam? Refinishing Pintu Kayu Minimalis Menggunakan Biovarnish

50

Apa yang akan Anda lakukan jika pintu pada rumah sudah tidak menarik lagi untukd dilihat? Pintu biasanya terbuat dari material kayu yang notabene sangat rawan terserang debu dan bahkan mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik. Jika pintu kayu tersebut didiamkan begitu saja maka debu yang membandel pun sulit untuk dibersihkan. Bahkan dibersihkan dengan lap setengah basah pun cukup sulit dihilangkan, memang tidak akan kelihatan setelah di bersihkan dengan lap setengah basah. Namun, jika sudah kering maka debu tersebut akan kembali terlihat.

Tidak hanya masalah debu, tampilan pintu juga akan bermasalah jika terdapat bagi cat yang mengelupas atau bahkan terkena gesekan benda tumpul. Nah, bagaimana solusi pintu kayu apabila sudah mengalami masalah-masalah semacam ini? Jika dibiarkan saja, masalah tersebut justru akan memberembet dan membuat tampilan pintu semakin buruk. Salah satu cara yang harus Anda lakukan adalah dengan mengecat kembali pintu tersebut.

Untuk mengecat pintu dengan tampilan yang sama dengan sebelumnya yakni tampilan natural kayu, bukan ditimpakan lagi cat diatas cat lama. Melainkan Anda harus membersihkan pintu tersebut dari cat lama terlebih dahulu sebelum mengecat ulang. Hal ini bertujuan untuk memperhalus tampilan sekaligus warna yang dihasilnya akan sama rata. Keseringan yang dilakukan oleh masyarakat ketika mengecat ulang suatu furniture atau konstruksi bangunan adalah permukaan pintu masih banyak cat lama yang menempel sehingga hasilnya terkesan kasar dan tidak rapi.

CS Biovarnish

Namun, karena pintu merupakan salah satu hal penting untuk rumah hunian Anda maka sebaiknya memilih cat kayu yang tidak mengeluarkan bau menyengat. Pasalnya, tidak sedikit orang merasa kurang nyaman dengan bau cat tersebut. Selain tidak berbau menyengat, cat kayu tersebut juga harus mengandung bahan-bahan kimia yang aman. Saat ini, cat kayu yang aman merupakan cat water based notabene cat tersebut menggunakan pelarut dari air. Hal ini berbeda halnya dengan cat pada umumnya yang menggunakan pelarut organik seperti thinner, methanol ataupun spiritus. Cat water based salah satu yang berkualitas di Indonesia adalah Biovarnish. Refinishing pintu kayu minimalis menggunakan Biovarnish akan lebih mudah dan hasilnya pun tajam.

Tahap Mudah Refinishing Pintu Kayu Minimalis Menggunakan Biovarnish

Biovarnish merupakan cat kayu water based yang menggunakan bahan-bahan sesuai dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US Enviromental Protection Agency dan European Chemical Agency Reach. Sehingga Biovarnish sudah dipastikan aman karena mengandung bahan kimia yang aman dan VOC yang rendah. Disisi lain, Biovarnish dilengkapi dengan fitur unggulan yang akan mempermudah proses finishing seperi daya rekat film yang kuat, transparansi warna yang tajam, tahan air, tahan cuaca dan bisa menggunakan metode finishing kuat atau semprot.

Penasaran bagaimana cara menciptakan tampilan natural kayu pada tahap refinishing pintu kayu minimalis menggunakan Biovarnish:

  1. Setelah pintu kayu tersebut diamplas dan benar-benar bersih, aplikasikan Biovarnish Wood Filler untuk menyamarkan cacat pada kayu. Setelah diaplikasikan, diamkan selama 20-30 menit di tempat yang teduh. Setelah kering, amplas permukaan kayu hingga seratnya terlihat
  2. Larutkan Biovarnish Liquid Stain dan air lalu aduk hingga tidak meninggalkan endapan. Kuaskan atau semprotkan ke seluruh permukaan kayu dengan searah serat. Kemudian tunggu hingga kering sentuh kurang lebih 60 menit. Jika sudah kering sentuh, amplas ambang permukaan kayu
  3. Larutkan Biovarish Sanding Sealer dan air kemudian aduk hingga homogen. Semprotkan keseluruh permukaan kayu secara merata. Diamkan selama 60 menit hingg kering sentuh. Lalu amplas ambang seluruh permukaan kayu
  4. Campurkan Biovarnish Clear Coat, BioCide SPF dan air lalu aduk hingga homogen. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu searah dengan seratnya. Agar hasilnya optimal dan langsung digunakan, diamkan selama semalaman atau 24 jam.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here