Sudah Kah Mengecat Ulang Pintu garas Kayu Menggunakan Biovarnish?

95

Pintu garasi yang menggunakan material kayu bisa dikatakan rentan rusak apabila tidak dirawat dengan baik. Terlebih lapisan cat kayu yang digunakan, apabila tidak rutin dibersihkan dari debu atau kotoran maka lapisan cat yang terdapat pada pintu garasi tersebut akan memudar atau mengusam. Hal ini akan mengurangi proteksi cat terhadap kayu sehingga kayu akan mudah terserang jamur atau rayap.

Ada baiknya untuk merawat pintu garasi secara rutin pasalnya masih banyak masyarakat yang abai dengan hal ini. Kusam yang terjadi pada pintu garasi kayu memang disebabkan dua hal yakni kurangnya perawatan atau faktor usia cat pada pintu tersebut. Pada umumnya, memasuki umur 5-10 tahu ntampilan cat akan memudar. Sehingga diwaktu paling efektif untuk mengecat ulang pintu garasi adalah 5 tahun.

Sebagian orang, mengecat ulang memakan waktu yang cukup lama dan cukup sulit untuk mendapatkan hasil yang optimal. Anda bisa memilih tampilan solid atau natural kayu. Nah, selama ini tampilan yang paling umum digunakan untuk pintu adalah tampilan natural kayu. Tampilan ini memberikan kesan natural kayu dengan warna kecoklatan. Sampai saat ini, sudah banyak warna tampilan natural kayu yang digunakan untuk konstruksi bangunan ataupun furniture.

CS Biovarnish

Ketika Anda memutuskan untuk mengecat ulanng pintu garasi sebaiknya perhatikan pula cat kayu yang akan digunakan. Memang cat kayu dengan tampilan natural banyak ditemukan di pasaran namun belum tentu semua jenis cat kayu tersebut memberikan hasil yang baik. Sangat disarankan untuk menggunakan cat kayu water based yang notabene cat kayu ini memiliki kandungan bahan yang aman dan hasilnya pun tidak kalah bagus dengan cat kayu pada umumnya. Cat water based yang direkomendasikan adalah Biovarnish sebab cat kayu ini sangat cocok untuk seorang pemula sekalipun agar mendapatkan hasil natural kayu yang optimal. Mengecat ulang  pintu garasi kayu menggunakan Biovarnish akan terlihat tajam dan menarik.

Cara  Mengecat Ulang Pintu Garasi Kayu Menggunakan Biovarnish

Untuk mengecat ulang pintu garasi menggunakan Biovarnish sebaiknya pintu tersebut dibersihkan terlebih dahulu agar mempermudah proses finishing. Sisa cat kayu yang masih menempel akan menghambat pengaplikasian cat dan tampilan akhirnya. Sehingga, pastikan pintu garasi tersebut bisa diamplas hingga benar-benar bersih. Setelah pintu garasi bersih maka cat kayu sudah bisa diaplikasikan ke kayu pintu tersebut.

Biovarnish merupakan cat kayu yang mudah diaplikasikan karena memiliki tarikan kuas yang ringan atau daya sebar yang luas. Selain itu, cat kayu ini dilengkapi dengan fitur daya rekat film yang kuat dan transparansi warna yang tajam sehingga tampilan natural kayu yang dihasilkan pun akan maksimal. Disisi lain, Biovarnish sangat aman digunakan karena bahan diformulasikan khusus sesuai dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US EPA dan ECHA Reach.

Sedangkan untuk cara aplikasi, Biovarnish bisa digunakan dengan metode finishing apapun baik kuas atau semprot. Daripada penasaran, berikut cara mengecat ulang menggunakan Biovarnish untuk tampilan natural kayu:

  1. Setelah diamplas, aplikasikan Biovarnish Wood Filler yang sudah dilarutkan dengan air. Kemudian diamkan kurang lebih selama 30 menit, dan cukup didiamkan saja di tempat teduh tanpa dikeringkan dibawah sinar matahari. Setelah kering, amplas hingga serat kayu terlihat
  2. Gunakan Biovarnish Liquid Stain untuk memberikan tampilan natural kayu. Larutkan air terlebih dahulu, kemudian kuaskan atau semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Lalu diamkan kurang lebih selama 60 menit dan apabila sudah kering, amplas ambang permukaan kayu tersebut
  3. Gunakan Biovarnish Sanding Sealer untuk memperkuat tampilan cat. Larutkan air terlebih dahulu dan aduk hingga homogen. Semprotkan ke seluruh permukaan kayu dan kemudian diamkan selama 60 menit. Setelah kering sentuh, amplas permukaan kayu tersebut
  4. Gunakan Biovarnish Clear Coat matte atau gloss dan BioCide SPF untuk melindungi kayu dari serangan jamur. Campurkan Biovarnish Clear Coat, BioCide SPF dan air lalu aduk hingga homogen. Setelah larut homogen, aplikasikan ke seluruh permukaan kayu searah serat kayu. Setelah itu, diamkan selama semalaman atau hingga cat benar-benar kering.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here