Refinishing Kursi Sudut Kayu Menjelang Lebaran Menggunakan Biovarnish

92

]Menjelang lebaran furniture di rumah justru sudah waktunya untuk di cat ulang. Pastinya tidak ingin dibiarkan begitu saja, bukan? Furniture yang sudah tampak tua tampilannya dan sudah waktunya untuk di cat maka segera mungkin furniture tersebut di cat ulang. Jika tidak, kayu pada yang digunakan tersebut akan mudah rusak baik karena proses oksidasi, serangan rayap atau terkena jamur. Furniture yang sudah terserang jamur dan rayap sudah fatal untuk ditolong kecuali diaplikasikan obat anti rayap atau obat anti jamur. Namun, hal tersebut tidak menjamin furniture tersebut masih layak dipakai atau tidak. Jika sudah lapuk karena rayap dan jamur maka furniture sudah tidak bisa digunakan.

Jika sudah tampilan furniture mulai memudr, atau terdapat beberapa bagian yang mengelupas maka segera mungkin untuk di cat ulang. Nah, karena kursi sudut merupakan salah satu furniture interior maka disarankan untuk menggunakan cat kayu yang aman untuk refinishing. Cat kayu yang aman akan membuat lingkurang rumah Anda terasa nyaman tanpa terganggu bau cat kayu yang menyangat dan bahan-bahan kimia yang berbahaya.

CS Biovarnish

Cat kayu yang aman sangat direkomendasikan saat ini untuk mengurangi dampak buruk dari cat yang selama ini banyak digunakan oleh masyarakat. Cat water based yang disebut cat yang aman dan ramah lingkungan karena menggunakan pelarut air dan tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya. Bahkan cat water based sangat disarankan dibandingkan cat solvent based. Teknologi ini muncul disebabkan karena kandungan bahan kimia pada umumnya bisa menyebabkan masalah kesehatan dan polusi lingkungan.

Di Indonesia, keberadaan cat kayu jenis ini masih tergolong baru jadi wajar saja jika masih banyak masyarakat yang belum mengetahui cat kayu tersebut. Biovarnish merupakan cat water based yang mudah dijumpai di Indonesia. Bukan hanya karena kandungan bahannya yang aman melainkan Biovarnish juga mampu memberikan tampilan natural kayu yang tajam.  Refinishing kursi sudut kayu menjelang lebaran menggunakan biovarnish memang tepat diaplikasikan karena tidak mengeluarkan bau setelah finishing dan tetap aman bagi lingkungan.

Refinishing Kursi Sudut Kayu Menjelang Lebaran Menggunakan Biovarnish

Biovarnish merupakan cat water based yang aman dan tidak mengeluarkan bau menyengat. Sebab, cat tersebut tidak mengalami penguapan dan rendah VOC sehingga tidak akan menyebabkan kerusakan lingkungan. Nah, yang membuat menarik karena kandungannya aman adalah Biovarnish menggunakan bahan yang diformulasikan sesuai dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US EPA dan ECHA Reach.

Untuk refinishing kursi sudut kayu menjelang lebaran menggunakan Biovarnish mudah dilakukan, baik dengan metode finishing kuas atau semprot. Penasaran bagaimana caranya mendapatkan tampilan natural kayu dengan Biovarnish pada kursi sudut? Berikut teknik refinishing kursi sudut menggunakan Biovarnish:

  1. Hilangkan cat lama pada kursi sudut dengan cara diamplas. Pastikan permukaan kursi sudut benar-benar bersih.
  2. Setelah dibersihkan, aplikasikan Biovarnish Wood Filler pada permukaan kayu. Tunggu hingga kering kurang lebih 30 menit lalu amplas permukaan kayu tersebut hingga terlihat seratnya
  3. Kuaskan atau semprotkan Biovarnish Liquid Stain ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Kemudian diamkan dalam suhu ruangan kurang lebih 60 menit. Apabila sudah kering sentuh, amplas ambang seluruh permukaan kayu.
  4. Semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga benar-benar merata. Kemudian diamkan di suhu ruangan kurang lebih 60 menit dan kemudian amplas ambang apabila sudah kering sentuh
  5. Campurkan Biovarnish Clear Coat, BioCide SPF dan air hingga tercampur homogen. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu searah serat kayu tersebut kemudian diamkan dalam suhu ruangan selama semalaman atau benar-benar kering sempurna.

Setelah kursi sudut selesai finishing, kursi tersebut sudah bisa langsung digunakan karena sudah kering dan tidak mengalami penguapan sehingga tidak mengeluarkan bau menyengat serta aman digunakan.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here