Refinishing Rak Buku Kayu Menjelang Lebaran Menggunakan Biovarnish

92

Bagi pecinta buku, rak buku sudah menjadi kewajiban terdapat pada suatu ruangan. Namun, agar buku terjaga dengan baik tentu perlu dibersihkan setiap saat begitu pula rak buku yang digunakan tersebut. Jika rak buku dibiarkan berdebu maka tidak menutup kemungkinan rak tersebut terlihat kusam karena debu yang sudah membandel. Sedangkan debu yang membandel pada suatu furniture cukup sulit dibersihkan meskipun di lap dengan kain setengah basah.

Jika rak buku tersebut terlajur berdbu dan sulit dibersihkan maka sebaiknya refinishing rak buku tersebut agar tampilannya kembali seperti baru. Namun, sebelum di cat kembali alangkah baiknya hilangkan terlebih dahulu debu membandel yang menempel di sudut-sudut rak. Biasanya pada bagian ini lah yang sering membuat furniture tampak lebih kusam. Terlebih debu yang membandel kadangalan membawa organisme lain yang bisa memicu rusaknya furniture.

Refinishing seperti halnya dengan awal pengecatan pada furniture yakni membutuhkan cat kayu yang tepat agar hasilnya pun optimal. Sayangnya, banyak orang hanya sekedar memilih cat kayu dengan melihat tampilan akhirnya saja tanpa memperhatikan teknik aplikasi yang benar sehingga hasilnya pun cukup tidak memuaskan, ada kalanya hasil warna tidak sama rata atau bahkan terkesan kasar. Nah, agar tidak mengecewakan sebaiknya pilih cat kayu dengan transparansi warna kayu yang tajam sehingga ketika diaplikasikan cat kayu sudah memberikan hasil warna yang optimal.

CS Biovarnish

Seperti menjelang lebaran saat ini, sebaiknya pilih juga cat kayu yang ramah lingkungan karena notabene banyak yang akan berkunjung termasuk anak-anak. Seperti yang diketahui bahwa anak-anak sangat sensitif terhadap bahan kimia pada cat. Cat kayu yang ramah lingkungan saat ini hanyalah cat water based. Cat kayu ini menggunakan pelarut air dan salah satunya adalah Biovarnish. Refinishing rak buku kayu menjelang lebaran dengan Biovarnish akan memberikan hasil finishing natural kayu yang optimal dan membuat ruangan Anda tetap nyaman digunakan.

Tahap Refinishing Rak Buku Kayu Menjelang Lebaran dengan Biovarnish

Biovarnish sangat aman digunakan karena kandungan dalam cat tersebut tidak berbahaya bahkan rendah VOC. Sebab, Biovarnish menggunakan bahan-bahan yang sudah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US Enviormental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach.  Sedangkan untuk proses finishing, Biovarnish tergolong mudah diaplikasikan oleh seorang pemula karena bisa dengan cara kuas atau semprot. Selain itu, daya rekatnya yang kuat membuat tarikan kuasnya ringan dan menghasilkan warna natural kayu yang tajam.

Daripada penasaran bagaimana hasil natural kayu dari Biovarnish, berikut refinishing rak buku menjelang lebaran dengan Biovarnish:

  1. Amplas terlebih dahulu rak buku tersebut dan pastikan debu di sudut-sudut rak sudah bersih agar mempermudahkan cat kayu melekat dengan sempurna dan hasil finishing pun optimal
  2. Untuk menyamarkan cacat pada rak buku, gunakan Biovarnish Wood Filler. Setelah diaplikasikan, amplas hingga tampak serat kayunya.
  3. Sebagai mempertajam tampilan natural kayu, gunakan Biovarnish Liquid Stain. Laurtkan air terlebih dahulu dan aduk hingga homogen. Setelah itu, diamkan selama 60 menit dan amplas ambang apabila sudah kering sentuh.
  4. Gunakan Biovarnish Sanding Sealer agar coating sebelumnya lebih kuat dan tajam. Lakukan langkah finishing dengan menyemprotkan ke seluruh permukaan kayu. Lalu diamkan selama 60 menit kemudian amplas ambang apabila sudah kering
  5. Gunakan Biovarnish Clear Coat dan BioCide SPF agar rak kayu tampak optimal dan terlindung dari jamur. Campurkan Biovarnish Clear Coat, BioCide SPF dan air kemudian aduk hingga homogen. Setelah tercampur sempurna, aplikasikan ke seluruh permukaan kayu. Lalu diamkan selama 24 jam atau semalaman untuk hasil optimal. Jika sudah kering, rak buku pun siap digunakan tanpa harus diangin-anginkan di luar ruangan.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here