Butuh Harga Cat Kayu Berkualitas Agustus 2020? Lihat Yuk Disini!

651

Harga cat kayu Agustus 2020 – Cat kayu telah banyak ditemui di pasaran. Bahkan dengan banyak ragam merek cat membuat Anda mudah untuk memilih cat yang sesuai untuk kebutuhan furniture Anda. Namun, ada baiknya Anda mengetahui masing-masing kelebihan dan kekurangan cat. Disini tidak akan membahas lebih jauh mengenai kelebihan dan kekuranga cat dari masing-masing merek. Setiap cat yang terdapat pada pasaran, memiliki kesamaan yaitu menjaga kayu dari serangga jahat, jamur, lumut, kotoran atau debu.  Dengan menggunakan cat kayu dapat melindungi gangguan-gangguan seperti diatas, selain juga akan memberikan tampilan furniture interior atau eksterior  seperti kusen, pagar rumah tampak lebih indah.

Seperti yang telah disinggung di atas, setiap mereka memiliki keunggulan masing-masing seperti halnya kualitas cat kayu. Dengan perbedaan kualitas cat kayu yang diberikan setiap mereka cat memberikan harga yang berbeda pula. Kualitas cat kayu tersebut merupakan salah satu faktor alasan harga cat kayu Agustus 2020 berbeda-beda. Sedangkan faktor-faktor yang lainnya adalah biaya produksi setiap cat, keamanan, jumlah bahan pelarut yang digunakan serta branding cat yang telah dikenal di pasaran.

Harga Cat Kayu Agustus 2020 di Indonesia

Cat kayu yang ada di pasaran Indonesia memiliki beragam merek dan kualitasnya masing-masing. Jika Anda ingin mendapatkan harga yang lebih ekonomis untuk renovasi rumah, Anda perlu mengetahui daftar harga cat kayu Agustus 2020 berikut ini:

CS Biovarnish

Nama Cat                       Satuan                                     Harga

Glotex                                   1kg                                        RP. 50.000,-

Avian                                    1kg                                        Rp. 53.000,-

Brilio                                    1kg                                        Rp. 53.000,-

Dulux                                    1kg                                        Rp. 54.000,-

Lippo                                    1kg                                        Rp. 45.000,-

Ftalit                                     1kg                                        Rp. 55.000,-

Seiv                                       1kg                                        Rp. 52.000,-

Al-tex                                    1kg                                        Rp. 62.000,-

Nippe 2000                        1kg                                        Rp. 61.000,-

Mowilex                              1kg                                        Rp. 71.000,-

Cat Yang Aman dan Ramah Lingkungan…..

Dengan banyaknya pilihan merek cat yang sudah tersebar di pasaran Indoensia tentu memudahkan Anda untuk memilih cat yang sesuai dengan yang diinginkan.

Tentu saja akan kesulitan apabila mencoba satu persatu untuk mengetahui cat kayu yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Terlebih setiap cat belum tentu menghasilkan tampilan yang sama sebab cat kayu setiap merk memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Lantas, apakah Anda tahu apa yang dimaksud cat water based atau cat berpelarut air? Cat water based merupakan cat yang aman dan ramah lingkungan, bahkan banyak hunian rumah di Benua Eropa telah menggunakan cat jenis ini. Apakah Anda ingin menggunakan cat water based? Cat ini sangat disarankan untuk Anda demi kenyamanan dan keamanan keluarga Anda. Biasanya cat water based merupakan cat yang tidak menimbulkan VOC atau beracun.

Cat water based juga banyak diminati oleh masyarakat dunia terlebih di negara-negara maju. Pasalnya, negara-negara tersebut telah mengurangi penggunaan cat solvent based bahkan telah melarang penggunaannya. Untuk pasar cat water based misalkan di Amerika, cat water based sudah menguasai pasar mencapai 80%-nya . Angka ini menunjukkan bahwa minat cat water based saat ini banyak diminati dbandingkan cat solvent based. Bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia merupakan salah siatu negara yang aktif memproduksi berbagai produk dari material kayu atau serat alam. Produk tersebut diantaranya dalam bidang mebeling atau kerajinan yang tentu saja membutuhkan cat kayu untuk melapisi produk agar terlihat menarik dan dengan harga jual tinggi. Sayangnya, penggunaan cat kayu untuk furniture atau perabotan masih banyak menggunakan cat solvent based. Wajar saja jika cat solvent based masih banyak dijumpai di pasaran dengan berbagai merk dan harga jual yang beragam. Bahkan harga jual cat solvent based di Indonesia sangat terjangkau, wajar saja jika banyak orang awam tentang finishing pun menggunakan cat solvent based.

Namun, jika Anda menginginkan produk mebeling atau kerajinan Anda masuk pasar internasional maka yang harus Anda perhatikan adalah kandungan bahan pada cat. Maka dari itu, cat water based menjadi alternatif yang tepat untuk hasil finishing yang bagus namun tetap aman digunakan. Keberadaan cat water based di Indonesia masih tergolong sedikit dibandingkan dengan cat solvent based namun perkembangan cat water based justru berkembang pesat.

Salah satu cat yang memunculkan VOC dengan kadar rendah dibawah rata-rata keamanan dan tidak beracun adalah Cat kayu water based Bio Industries, seperti Biovarnish, Bioduco. Dibuktikan dengan setiap bahan yang digunakan telah lolos ujia keamanan internasional dari US-Environmental Protection Agency (EPA) dan  standard regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA)REACH.  Dengan kandungan bahan yang sudah disesuaikan standar keamanan regulasi internasional tersebut membuktikan bahwa Biovarnish ataupun BioDuco merupakan cat yang berkualitas baik dari segi tampilan ataupun keamanan bahan kimia yang terdapat didalamnya.

Bioduco merupakan cat solid water based yang digunakan untuk furniture indoor. Bahkan Bioduco aman diaplikasikan untuk furniture atau mainan anak-anak. Dan untuk Biovarnish merupakan finishing kayu (wood stain) yang cocok digunakan sebagai pengganti plitur konvensional atau pernis berbahan dasar shellac gum yang berbahaya. Finishing tersebut khusus diaplikasikan pada furniture indoor  ataupun outdoor untuk menampilkan warna transparan atau tetap menjaga tampilan serat-serat kayu.

Kedua cat tersebut aman digunakan untuk kebutuhan finishing furniture anak-anak ataupun untuk peralatan hewan peliharaan Anda seperti sangkar.

Kandungan bahannya yang aman tersebut membuat cat water based sangat direkomendasikan untuk kebutuhan finishing indoor ataupun outdoor. Memang keberadaan cat water based masih cukup jarang di Indonesia namun Anda bisa menjadikan produk Bioindustries ini sebagai rujukan. Sebab, cat kayu dari produsen cat lokal ini menjadi pelopor cat water based di Indonesia, loh. Dengan banyaknya pengalaman yang dilewati serta kebutuhan pasar, tentu saja produk-produk cat water based semakin berkualitas dari segi tampilannya.

Bahkan Anda tidak perlu khawatir lagi dengan cat water based produk lokal ini ketika akan digunakan untuk finishing dari berbagai material furniture seperti kayu olahan, bambu, rotan ataupun serat alam lainnya. Meskipun diaplikasikan di beda media finishing, hasil warna cat water based tetap menunjukkan warna yang optimal. Sedangkan dari teknik finishing, cat water based sama saja dengan cat konvensional pada umumnya.

Teknik finishing cat water based tergolong lebih cepat dibandingkan cat konvensional. Hal tersebut dipengaruhi oleh proses pengeringan cat water based yang tidak membutuhkan waktu yang lama. Cat water based Biovarnish ataupun BioDuco cenderung lebih cepat karena tidak bergantung dengan sinar matahari bahkan hanya dalam kurun sehari saja, furniture sudah dapat digunakan. Apakah aman jika furniture setelah difinishing digunakan langsung? Seperti yang dijelaskan diatas, cat water based aman digunakan bahkan setelah finishing. Karena kandungan bahannya yang aman dan rendah VOC, cat water based ini tidak mengeluarkan bau menyengat ataupun zat beracun sehingga membuat orang sekitar merasa lebih nyaman dan aman.

Pada umumnya, untuk teknik finishing baik tampilan warna solid ataupun natural kayu membutuhan beberapa tahapan diantaranya adalah tahap finishing basecoat, maincoat dan topcoat. Untuk tahap finishing warna solid sebagai berikut:

  1. Basecoat yakni dengan mengaplikasikan BioDuco Wood Putty
  2. Maincoat dengan mengaplikasikan BioDuco Primer Coat untuk mempertajam coating setelahnya
  3. Maincoat colouring yakni dengan mengaplikasikan  BioDuco Solid
  4. Topcoat dengan mengaplikasikan BioDuco Topcoat

Sedangkan untuk finishing natural kayu yakni menggunakan varian produk finishing Biovarnish diantaranya:

  1. Basecoat dengan mengaplikasikan Biovarnish Wood Filler
  2. Maincoat colouring dengan mengaplikasikan Biovarnish Liquid Stain atau Biovarnish Wood Stain
  3. Maincoat lagi dengan mengaplikasikan Biovarnish Sanding Sealer. Pada penggunaan sanding sealer sebenarnya dapat digunakan sebelum atau setelah colouring, sesuai dengan kebutuhan saja.
  4. Topcoat dengan mengaplikasikan Biovarnish Clear Coat

Pasca finishing baik dengan BioColours ataupun Biovarnish, furniture yang sudah terlapisi cat dapat digunakan langsung tanpa harus didiamkan di ruang terbuka. Kedua cat tersebut hanya cukup dikeringkan di tempat yang teduh tanpa harus dikeringkan dibawah sinar matahari. Kenapa demikian meskipun pengeringan dibawah sinar matahari lebih cepat kering? Meskipun dikeringkan dibawah sinar matahari akan lebih cepat namun hasilnya justru tidak akan optimal. Maka sangat disarankan untuk dikeringkan di tempat yang teduh atau dalam suhu ruangan.

Jika Anda cemas terhadap penggunaan cat yang berpelarut minyak, Anda dapat menggunakan cat water based. Silahkan hubungi Customer Care Bio Industries pada kontak hotline yang sudah tertera pada website ini. Demikian informasi mengenai harga cat kayu Agustus 2020 yang dapat Anda pilih. Pastikan Anda menggunakan cat yang aman demi kenyamanan dan keamanan keluarga Anda.

Perlu diingat bahwa jika Anda terpaksa atau tetap menggunakan cat solvent based maka setelah finishing harus didiamkan di tempat yang terbuka. Hal tersebut dikarenakan cat solvent based masih mengalami penguapan dan mengeluarkan bau yang menyengat. Jika langsung digunakan di tempat tertutup terlebih jika sirkulasi udara dalam ruangan tidak baik maka dikhawatirkan senyawa kimia berbahaya akan berkumpul di udara dan menyebabkan masalah baik bagi kesehatan ataupun lingkungan sekitar.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here