Lingkungan Tidak Tercemar Saat Finishing. Gunakan Cat Water Based

750

Masih menggunakan cat solvent based? Sebaiknya hentikan sedari sekarang dan beralih ke cat water based yang lebih aman.

Yakin cat yang Anda gunakan selama ini aman digunakan? Atau tidak khawatir dengan kandungan cat yang justru membahayakan kesehatan? Sebelum membahas tentang cat kayu yang aman dan cat kayu yang berbahaya, akan lebih baik mengenal jenis cat kayu yang digunakan oleh masyarakat saat ini. Hampir perabotan atau furniture baik menggunakan material besi, kayu, rotan atau serat alam lainnya membutuhkan lapisan cat. Fungsi dari cat tersebut tidak hanya memperindah tampilan cat kayu saja melainkan juga melindungi yang dilapisi dari berbagai kerusakan.

Cat kayu yang selama ini digunakan untuk finishing adalah cat solvent based. Cat ini merupakan cat kayu yang menggunakan pelarut organik seperti thinner atau spiritus. Jadi, bau yang dihasilkan cat kayu ini cukup kurang nyaman sehingga disarankan untuk aplikasi di tempat terbuka dan memakai masker. Cat kayu ini paling banyak dijumpai di pasaran karena terdiri dari berbagai merk, mulai dari cat untuk warna natural kayu ataupun warna solid. Selain itu, cat kayu solvent based juga dijual dengan harga yang terjangkau sehingga sesuai dengan minat pasar.

CS Biovarnish

Jenis cat kayu yang lain adalah cat water based notabene cat kayu tersebut masih tergolong langka di Indonesia. Ya, cat water based masih cukup langka karena cat jenis ini masih tergolong baru. Sehingga masih banyak orang yang belum menyadari kehadiran dari cat water based. Bahan pelarut yang digunakan oleh cat water based berbeda dengan cat kayu solvent based sebab cat water based lebih menggunakan pelarut dari air.Meskipun cat water based dijual dengan harga yang cukup mahal namun Anda tidak perlu membeli bahan pelarut. Berbeda dengan cat solvent based yang harus membeli bahan pelarut. Nah, dengan menggunakan bahan pelarut air membuat biaya yang dikeluarkan pun lebih sedikit. Hal ini akan terlihat ketika finishing dalam jumlah banyak sehingga membutuhkan cat dan bahan pelarut yang cukup banyak.

Perbedaan kedua cat tersebut sangat mencolok jika dilihat dari pelarut yang digunakan. Faktanya bahwa justru bahan pelarut juga bisa menentukan keamanan cat tersebut. Dibandingkan dengan pelarut organik justru pelarut air lebih ramah lingkungan. Tentu saja air yang digunakan tidak boles asal begitu saja melainkan harus air bersih agar tidak mengurangi tampilan warna cat.

Cat water based diklaim lebih aman dan ramah lingkungan karena bukan saja menggunakan pelarut air melainkan cat tersebut menggunakan bahan-bahan kimia yang aman dan rendah VOC. Seperti yang dijelaskan oleh regulasi internasional United State Enviromental Protection Agency (EPA) mengatakan bahwa VOC atau senyawa organik menguap akan diemisikan menjadi gas yang berasal dari padatan atau cairan dan berdampak buruk pada kesehatan dalam jangka pendeka ataupun jangka panjang. Bahan kandungan kimia dan VOC dalam kadar tinggi pada cat sangat membahayakan kesehatan karena dapat mengganggu berbagai organ dalam tubuh seperti pernafasan, pencernaan, sistem syaraf dan bahkan salah satu penyebab kanker.  Tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan, bahan-bahan kimia seperti cadmium, arsenic, timbal atau merkuri pada cat juga menyebabkan berbagai masalah polusi udara, air dan tanah.

Banyak negara di dunia mulai membatasi bahkan melarang penggunaan cat solvent based untuk kebutuhan finishing. Nah, bagi Anda yang memiliki usaha mebeling atau kerajinan pasti tidak asing jika buyer mancanegara lebih teliti ketika memilah suatu produk.

Cat water based lebih ramah lingkungan karena tidak mencemari lingkungan karena bahannya dapat larut dalam air dengan baik. Karena kandungan cat tersebut tidak berbahaya bagi kesehatan ataupun lingkungan membuat cat kayu aman untuk diaplikasikan kapanpun atau dimanapun.

Solusi Terbaik Mencegah Lingkungan Tercemar, Gunakan Cat Water Based

Tips Finishing Mebel Minimalis agar BerhasilCat water based merupakan teknologi terbaru dalam bidang finishing. Di Indonesia, keberadaan cat kayu ini masih sedikit sehingga masih banyak masyarakat yang menyadari keberadaan dari cat water based. Namun, ada beberapa faktor hal yang menjadi alasan orang belum memakai cat water based selain belum ada informasi mengenai cat water based, sebagai berikut:

  • terbiasa menggunakan cat solvent based
  • belum yakin dengan hasil cat water based akan seperti cat solvent based
  • harganya yang mahal

Jika dilihat dari harga, cat water based memang lebih mahal dibandingkan cat solvent based. Hal ini dipengaruhi oleh bahan yang digunakan dan proses produksi.

Saat ini, cat water based mulai tersebar di pasar Indonesia karena masyarakat yang sudah menyadari akan pentingnya bahan cat yang aman. Jauh sebelum Indonesia memulai penggunaan cat water based ternyata Eropa dan Amerika sudah menghentikan penggunaan cat solvent based. Cat solvent based dianggap lebih berbahaa karena kandungan bahan kimia seperti timbal dan merkuri selain VOC yang tinggi sehingga memunculkan aroma tidak sebab dan racun yang menguap ke udara. Bahkan di Amerika, cat water based sudah mendominasi pasar dibandingkan cat water based.

Untuk saat ini mudah sekali mengenali cat water based yang sudah tersedia di pasaran. Anda cukup melihat di kemasan, biasanya pada kemasan terdapat tulisan “water based paint, acrylic maupun cat latex”. Jenis nama-nama tersebut sama, pada intinya bahwa cat tersebut menggunakan bahan pelarut air. Namun, Anda perlu mengamati metode penggunaannya, setiap produk kadang tida menggunakan metode yang sama. Kadangkala produk cat hanya dapat diaplikasikan dengan metode brush atau spray saja.

Jika Anda tertarik menggunakan cat water based yang dijamin aman, Anda dapat menggunakan cat water based dari Bio Industries. Cat yang ditawarkan merupakan cat water based yang sesuai standarisasi keamanan dari standard regulasi European Chemicals Agency (ECHA) REACH Regulation serta US – Environmental Protection Agency (EPA) yang mengatur standard keamanan bahan kimia sehingga tidak berbau dan beracun. Bahkan produk finishing dari Bio Industries juga aman untuk furniture bayi ataupun mainan anak-anak.

Bio Industries menawarkan berbagai produk finishing mulai dari treatment kayu, bahan finishing dan poles kayu untuk perawatan. Adapun produk-produk ramah lingkungan dari Bio Industries, sebagai berikut:

  • Biovarnish. Cat kayu khusus digunakan untuk finishing natural kayu. Cat kayu ini dapat digunakan untuk finishing berbagai material serat alam seperti kayu, rotan, bambu dll. Untuk kemudahan finishing, Biovarnish terbagi menjadi beberapa produk finishin sesuai dengan tahap dan kebutuhan finishing diantaranya adalah Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Sanding Sealer, Biovarnish Clear Coat dan Biovarnish Glaze
  • BioDuco. Cat kayu yang digunakan untuk finishing warna solid. Seperti halnya dengan Biovarnish, BioColours juga digunakan untuk finishing pada material serat alam. Dan begitu pula dengan BioColours, cat kayu ini juga melalui berbagai tahap finishing untuk menciptakan hasil yang optimal. Nah, untuk mendapatkan hasil yang bagus maka dibutuhkan beberapa produk finishing diantaranya BioDuco Wood Putty, BioDuco Primer Coat, BioDuco Solid, BioDuco Topcoat dan BioDuco Chalk Paint.
  • Orchid Enamel. Cat ini digunakan untuk finishing warna solid, perbedaannya dengan cat BioColours adalah jika BioColours hanya khusus digunakan untuk serat alam maka Orchid dapat digunakan untuk besi.
  • White Agent WA-250. Bleaching kayu ini juga ramah lingkungan digunakan bahkan tidak menimbulkan iritasi bagi kulit normal. Hasilnya pun lebih natural dibandingkan H2O2 selain itu bahan bleaching tersebut juga tidak menyebabkan logam sekitar teroksidasi.
  • BioCide. Obat yang digunakan sebagai treatment kayu ataupun serat alam untuk melindungi dari serangan jamur/serangga. Obat ini dapat dilakukan sebelum di oven dengan cara rendam/vakum sedangkan untuk pengobatan maka dapat menggunakannya dengan cara injeksi, oles ataupun semprot. BioCide dibedakan menjadi beberapa produk yakni BioCide SPF, BioCide Wood Fungicide dan BioCide Insectiside.
  • Biopolish. Poles kayu ini akan merawat furniture atau perabotan dari serat alam agar tampilannya tetap memukau dan tahan lama. Biopolish ini dibedakan menjadi dua macam yakni Biopolish Linseed Oil dan Biopolish Beeswax (Food Grade).

Dengan berbagai varian produk ramah lingkungan diatas, Anda tidak perlu bingung lagi untuk memulai produk-produk aman. Dimana kah bisa mendapatkan produk-produk ramah lingkungan termasuk cat water based? Anda hanya cukup hubungi Customer Service Bio Industries  via telp. pada kontak yang sudah tercantum pada kontak hotline untuk pemesanan cat water based atau untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya. Atau Anda dapat memesan melalui marketplace Bio Indusries yakni https://www.tokopedia.com/bioindustries atau https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries. Apabila Anda berada di area Yogyakarta atau sekitarnya, silahkan kunjungi kantor Bio Industries di Jl. Sidikan No. 94, Yogyakarta.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here