Tahapan Finihsing Kursi Sudut Kayu Jati Berukiran Tampak Halus dan Mewah

26

Daripada membeli kursi sudut kayu jati yang sudah full finish, akan lebih bagus jika Anda membelinya sebelum dicat. Tujuannya untuk mempermudah pemilihan warna demi mendapatkan hasil yang sesuai keinginan. 

Seringkali hasil pengecatan dari pengrajin kurang rapi. Anda bisa saja melihat bekas sapuan kuas yang sangat mengganggu. Supaya tidak harus mengulang pengecatan, lebih aman jika Anda membeli kursi sebelum dicat. 

Selain aman, Anda juga bisa memangkas biaya pembelian. Lalu seperti apa tahapan agar pengecatan kursi di rumah sendiri berhasil?

4 Tahapan Finishing Kursi Sudut Kayu Jati agar Tampak Flawless 

finishing kursi sudut menggunakan Biovarnish
CS Biovarnish

Khusus kursi sudut dari kayu jati paling tepat adalah finishing gloss close pore yang akan menjaga furnitur lebih awet. Finishing ini nantinya bisa menciptakan permukaan kayu jadi lebih halus, bening dan flawless

Anda tidak perlu khawatir juga akan adanya cacat ringan bawaan dari kayu karena semuanya akan tertutup. Fishing close pore juga akan menjamin bahwa tingkat kilap yang dimunculkan lebih maksimal. 

Berikut ini empat tahapan yang bisa dilakukan ketika Anda ingin finishing kursi sudut kayu jati di rumah. 

1. Menutup pori kayu menggunakan dempul 

Kunci utama flawless finish adalah memiliki permukaan kayu yang rata dan halus. Pengamplasan saja tidak cukup untuk mendapatkan hasil tersebut, oleh karena itu Anda membutuhkan pengisian pori dengan wood filler. 

Pengisian pori dengan wood filler bisa dilakukan dengan mengencerkan bahan terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menambahkan sedikit bahan pelarut, lalu mengoleskan wood filler ke seluruh permukaan kayu. 

Setelah itu Anda akan mendapatkan permukaan halus setelah filler kering dan selesai diamplas. Apabila menemukan permukaan yang cacat sebaiknya gunakan wood filler yang tidak dilarutkan. 

Isikqn wood filler ke bagian cacat kayu menggunakan scrape dan tekan sampai filler mengisi ke dasar kayu. Diamkan kering dan amplas.Permukaan yang tadinya cacat akan tertutup.

Setelag proses ini selesai, kayu kursi siap difinishing. 

2. Menghaluskan permukaan media dengan sanding sealer 

Permukaan kursi sudut kayu jati akan semakin halus jika Anda menggunakan sanding sealer. Aplikasi sanding sealer ini harus sesuai dengan jenis wood filler yaitu dilihat dari jenis bahan pelarutnya. 

Jika Anda telah menggunakan wood filler water based gunakan juga sanding sealer dengan basis yang sama. Akan lebih mudah jika Anda menggunakan produk dari merek sama pula. Sanding sealer akan menghaluskan sekaligus memperkuat pondasi coating. 

Coating akan tetap memiliki warna transparan yang rata. Anda tidak perlu khawatir adanya perubahan. Lapisan ini hanya membutuhkan satu kali aplikasi saja dan akan membentuk dasaran bagus. 

3. Opsional: Aplikasi Wood Stain untuk Mempertajam Warna 

Langkah ketiga ini opsional karena penambahan warna harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Apabila warna kayu jati sudah dirasa bagus, Anda bisa melewati langkah ini. 

Berbeda jika Anda mendapatkan kayu yang memiliki beberapa cacat warna atau kurang tajam, menambahkan stain jadi langkah penting. Anda bisa menambahkan wood stain yang bahan pelarutnya sama dengan sanding sealer. 

Soal berapa lapisan coating yang diperlukan bisa disesuaikan dengan keinginan. Biasanya dua sampai tiga lapisan wood stain sudah sangat cukup untuk memberikan warna yang tajam. 

Cara aplikasinya mengikuti cara penggunaan yang tertera pada kemasan kaleng cat. Sesuaikan juga dengan alat aplikasi yang disarankan agar hasilnya cepat dan rapi. 

4. Menggunakan Lapisan Terakhir dari Clear Coat Gloss

Alasan mengapa clear gloss lebih baik dipilih bukan hanya karena berpenampilan mewah saja tetapi juga kemampuannya menyembunyikan goresan. Anda juga lebih mudah untuk membersihkan ketika permukaan kursi mengkilap. 

Gunakan clear coat gloss dengan tingkat kilap minimal 80%. Clear coat juga harus berpelarut sama dengan lapisan coating sebelumnya. 

Khusus clear coat Anda bisa mengaplikasikan dua coating dan pastikan sebelum aplikasi kedua lapisan pertama telah kering benar. Rata-rata cat water based membutuhkan waktu satu sampai dua jam untuk mengering. 

Pada lapisan terakhir Anda bisa menunggu sampai 24 jam agar kursi kering benar dan siap untuk digunakan. 

Tips agar Finishing Berhasil dan Aman 

Apapun ukuran kursi sudut kayu jati yang dicat Anda harus tahu bagaimana caranya dengan benar. Jadi selain mengikuti keempat tahapan di atas ada beberapa tips yang bisa diikuti sebagai berikut. 

1. Perhatikan Keamanan dan Keselamatan Kerja 

Faktor keamanan jangan sampai Anda lupakan karena hal ini penting untuk finishing furnitur. Menggunakan alat pengaman seperti kacamata, masker debu sampai sarung tangan akan menghindari Anda menghirup serbuk kayu bekas amplasan dan partikel cat. 

Demi keamanan pilihlah ruang kerja yang berventilasi baik untuk menghindari masalah kebakaran dan menghirup aroma cat berbahaya secara berlebihan. Semua keamanan ini bertujuan untuk melindungi diri Anda. 

2. Membuat Sampel Finishing

Paling aman adalah dengan membuat sampel finishing sebelum Anda finishing kursi sudut kayu jati model terbaru. Sampel ini bisa dimulai dari penggunaan wood filler sampai dengan clear coat. 

Lihat hasil warnanya dan pastikan sesuai dengan yang dibutuhkan. Supaya hasilnya sama maka sampel kayu yang digunakan juga harus sesuai dengan warna kursi. Anda bisa menggunakan triplek atau palet kayu. 

3. Pastikan Mengamplas antar Lapisan Coating 

Tujuan flawless finishing adalah untuk hasil lapisan yang halus. Oleh karena itu Anda harus mempelajari bagaimana cara mengamplas yang benar. Pengamplasan harus dilakukan di setiap lapisan coating setelah kering. 

Kertas amplas yang digunakan adalah aluminium oxide nomor 400 atau yang lebih halus lagi. Jangan lupa untuk selalu membersihkan debu amplas dengan kain kering sebelum menggunakan cat baru. 

Produk Finishing Pilihan untuk Flawless Finishing 

Anda yang mendambakan kursi sudut minimalis modern dari kayu jati harus memilih bahan finishing yang berkualitas. Biovarnish yang meliputi produk wood filler, sanding sealer, liquid stain sampai dengan clear coat bisa jadi pilihan Anda. 

Beberapa keunggulan Biovarnish yang akan Anda dapatkan adalah sebagai berikut:

1. Daya Rekat Coating yang Tinggi 

Semua lapisan coating yang dibentuk memiliki daya rekat sangat tinggi. Anda bisa mendapatkan kursi sudut kayu jati yang tampilannya tahan lama. Tidak mudah retak, mengelupas atau rusak berkelanjutan. 

2. Aplikasi Mudah dengan Kuas 

Anda tidak harus menggunakan spray gun untuk aplikasi Biovarnish. Selama menggunakannya Anda bisa mengaplikasikan dengan kuas bulu nilon saja. Tarikan kuasnya sangat ringan dengan hasil halus. 

3. Cat Water Based yang Rendah Volatile Organic Compound 

Anda juga tidak perlu khawatir soal bahaya voc yang jadi sumber polusi udara. Anda tinggal menggunakan Biovarnish yang kandungan voc nya rendah. Jadi pengguna furnitur akan tetap aman dari masalah polutan. 

Penggunaan Biovarnish jauh lebih mudah dan kualitasnya terjamin. Anda perlu menggunakan bahan finishing yang berkualitas ini jika ingin kursi berpenampilan indah sekaligus tahan lama. 

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here