Pilih Dempul Kayu Cepat Kering Untuk Hasil Finishing Close Pore

1201

Dempul kayu cepat kering adalah dempul yang banyak dicari oleh sebagian produsen kayu karena lebih efisien waktu sehingga produksi furniture lebih cepat.

Bahan finishing yang memiliki hasil akhir yang cepat dan praktis adalah hal yang diinginkan oleh setiap produsen, DIY atau new user yang bergelut di dunia perkayuan. Dengan proses pengeringan yang cepat akan sangat membantu proses produksi sesuai dengan yang ditargetkan. Tentu hal tersebut akan menguntungkan produsen kayu apabila sedang mendapatkan pesanan terlebih jika pesanan tersebut dalam jumlah yang sangat banyak. Tidak sedikit produsen kayu yang mengalami masalah selama proses finishing adalah proses pengeringannya yang memakan waktu berhari-hari.

Proses finishing yang cukup lama dan bergantung terhadap cuaca maka dibutuhkan waktu lebih dari semalam. Biasanya, produk finishing tersebut menggunakan bahan dari solvent  atau minyak sehingga pengeringannya memakan waktu yang cukup lama. Nah, untuk mengatasi masalah  tersebut terutama di musim hujan, produsen kayu menyiasatinya dengan dikeringkan di ruangan dengan lampu LED yang memiliki sinar ultraviolet yang tinggi. Sayangnya hal ini cukup berbahaya bagi Anda yang berkecimpung langsung dalam proses produksi tersebut. Maka dari itu, passtikan untuk selalu menggunakan alat perlindunga diri selama proses produksi berlangsung.

CS Biovarnish

Berawal dari proses dasar finishing yakni pada saat mengaplikasikan dempul atau filler kayu. Tujuan pengaplikasian dempul bukan hanya sekedar menyamarkan cacat pada kayu melainkan juga bertujuan untuk menutup pori-pori kayu apabila menginginkan hasil finishing close pore. Penting untuk diketahui bagi Anda yang masih awam dalam finishing atau new user bahwa pengaplikasian dempul tersebut cukup penting jika ingin membuat permukaan kayu lebih rata dan halus. Kadangkala bagi seorang new user mengabaikan tahap finishing dan hanya cukup dengan pengolesan plitur saja. Faktanya, jika kayu yang digunakan masih kasar terlebih kayu tersebut memiliki pori-pori yang besar maka akan lebih baik jika ditutup dengan dempul kayu.

Jika finishing dilakukan dengan tepat maka hasil akhir pun juga terlihat lebih bagus, halus dan rapi. Begitu pula ketika menggunakan dempul kayu notabene cukup dianggap tidak perlu jika kayu tidak mengalami cacat yang fatal. Padahal fungsi dempul kayu lebih dari untuk menyamarkan cacat pada kayu sebab dengan pengaplikasian dempul juga membuat coating yang akan melapisi kayu lebih cepat tajam. Berbeda ketika tanpa diaplikasikan dempul kayu, cat akan meresap ke dalam serat kayu sehingga membutuhkan beberapa layer pengaplikasian cat.

Dempul yang bagus memiliki beberapa karakter yang menonjol. Pentingnya untuk menggunakan dempul kayu yang bagus adalah agar hasil finishing optimal dan mempermudah saat proses finishing berlangsung. Untuk mengetahui karakter dempul kayu cepat kering, berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

Mengetahui Dempul Kayu Cepat Kering Yang Bagus

Cara Dempul Kayu Jati dengan Wood Filler Water BasedUntuk mengetahui dempul kayu yang bagus untuk digunakan, berikut adalah ciri-ciri dempul kayu yang bagus.

  1. Memiliki daya rekat yang bagus
  2. Mudah diaplikasikan
  3. Mudah diampelas
  4. Anti jamur dan anti seranggga
  5. Dapat diaplikasikan dengan cara scrap maupun kuas
  6. Efektif mengisi pori-pori dan menyamarkan warna kayu

Pada umumnya, dempul yang banyak dijumpai di pasaran merupakan dempul yang menggunakan solvent atau minyak. Dempul ini dengan mudah Anda jumpai dengan berbagai merk dan harganya juga cenderung terjangkau. Saat mengaplikasikan dempul ini sebaiknya segera diamplas apabila sudah kering agar tidak alot ketika diamplas. Ya, dempul kayu solvent cenderung lebih cepat kering sehingga segera mungkin untuk mengamplasnya sebelum dempul alot atau keras. Selain itu, jika dempul terlalu keras memungkinkan cepat retak atau menggulung.

Sayangnya, dempul dengan bahan solvent justru lebih berbahaya karena kandungan bahan kimia yang terkandung didalamnya. Bahan fnishing yang menggunakan solvent terutama cat menggunakan timbale dan merkuri. Kedua bahan ini telah dilarang oleh regulasi European Chemical Agency (ECHA) Reach karena berbahaya bagi kesehatan. Dampak yang ditimbulkan diantaranya adalah kanker. Selain kanker, timbale dapat mengganggu system genetic kepada pembawanya, sehingga kasus sekitar tahun sebelum 1980 di Eropa banyak anak yang lahir dengan kondisi cacat. Hal ini biasanya muncul pada cat yang diaplikasikan di tembok, banyak yang menggunakan timbal karena warna putihnya yang terang.

Sebagai alternatifnya, gunakan bahan finishing seperti dempul dengan bahan dasar air. Karena air lebih ramah lingkungan dan tidak berdampak buruk pada kesehatan. Selain itu kandungan VOC (Volatile Organic Compound) lebih rendah. Seperti yang sudah dianjurkan oleh regulasi internasional yang menjadi rujukan atas batas kandungan VOC pada suatu prodek yakni United State Enviromention Protection Agency (EPA). Regulasi tersebut menjelaskan bahwa VOC atau senyawa organik yang mudah akan diemisikan menjadi gas yang berasal dari cairan atau padatan dan berdampak buruk pada kesehatan baik dalam jangka pendek ataupaun jangka panjang.

Salah satu bahan finishing seperti dempul kayu cepat kering yang sesuai dengan standarisasi keamanan internasional seperti US Enviromental Protection Agency (EPA) dan Uni Eropa ECHA Reach Regulation Compliance adalah Biovarnish Wood Filler. Dempul kayu ini terbuat dari water based acrylic yang aman dan ramah lingkungan. Dempul ini diformulasikan khusus untuk tampilan natural kayu sehingga Anda dapat menggunakan dempul water based ini sesuai dengan kebutuhan. Saat ini, dempul kayu Biovarnish terdapat 4 varian warna yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan yakni warna kayu jati, kayu mahoni, kayu ramin dan kayu sungkai. Dengan demikian, Anda dapat menyesuaikan warna yang sesuai untuk kebutuhan finishing. Misalkan menginginkan warna gardena teak maka Anda dapat menggunakan warna jati yang cenderung terang atau seterusnya.

Dempul kayu ramah lingkungan diklaim lebih ramah lingkungan karena tidak berdampak buruk secara serius bagi kesehatan. Namun, karena partikel debu selama pengamplasan maka bagi Anda yang sensitif atau alergi disarankan untuk tetap menggunakan masker. Cara aplikasinya pun sederhana yakni bisa dengan cara scrap, kuas atau semprot. Karena Biovarnish Wood Filler ini mampu larut dengan air dan bahkan mampu menutup pori-pori secara optimal. Penggunaannya yang sederhana dan cepat kering sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan hasil finishing yang cepat dan hasilnya pun halus nan tajam.

Berikut langkah-langkah mendempul yang bagus dengan Biovarnish Wood Filler:

  1. Jika digunakan untuk mendapatkan hasil finishing natural kayu yang optimal maka Anda dapat mengamplas terlebih dahulu permukaan media finishing agar lebih halus dan bersih dari debu
  2. Larutkan air dengan perbandingan 2 bahan: 1 air lalu aduk larutan Biovarnish tersebut hingga homogen
  3. Aplikasikan ke permukaan media finishing baik secara keseluruhan jika bertujuan untuk menutup pori-pori atau bagian tertentu jika ingin menyamarkan cacat pada kayu
  4. Setelah diaplikasikan, diamkan dalam suhu ruangan selama 20-30 menit. Anda tidak perlu mengeringkan langsung dibawah sinar matahari karena cukup di tempat yang teduh sudah kering dengan cepat dan hasil optimal
  5. Amplas menggunakan kertas amplas alumunium oxide no.240 apabila sudah kering
  6. Lanjutkan pengaplikasian coating.

Biovarnish akan lebih mempermudah proses finishing Anda karena tersedia dalam berbagai varian produk finishing dengan tampilan natural kayu. Seperti yang diketahui bahwa penggunaan filler kayu termasuk ke dalam tahap finishing dasar sehingga untuk memberikan tampilan warna maka dibutuhkan cat kayu agar hasil warna lebih tajam. Disini, Biovarnish terdiri dari beberapa varian produk yang dapat Anda gunakan diantaranya adalah Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Sanding Sealer, Biovarnish Clear Coat dan Biovarnish Glaze. Semua produk finishing tersebut dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Apabila menggunakan tampilan rustic atau wash natural maka Anda dapat menggunakan Biovarnish Glaze Coat dengan Biovarnish Liquid Stain dilanjutkan dengan sanding sealer dan topcoat. Namun, jika hanya menginginkan hasil finishing natural kayu maka Anda dapat menggunakan cat Biovarnish Wood Stain atau Biovarnish Liquid Stain.

Bingung harus mencari kemana produk yang ramah lingkungan satu ini? Bio Industries adalah pelopor cat water based di Indonesia sejak tahun 2002. Tentunya, dengan berbagai pengalaman, kebutuhan dan minat pasar maka produk-produk dari Bio Industries selalu dikembangkan agar menghasilkan finishing yang sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini.

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan silahkan menghubungi Customer Service Bio Industries via telp pada kontak yang telah tercantum pada website ini. Atau Anda dapat memesan langsung melalui marketplace di https://twww.tokopedia.com/biovarnishseries, https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries atau https://shopee.co.id/biovarnish.official. Anda juga dapat mengunjungi kantor Bio Industries ketika berkunjung ke Yogyakarta yaitu di Jl. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta.

Mari mulai gunakan produk-produk ramah lingkungan untuk mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here