Teknik Aplikasi Cat Kayu Warna Natural Yang Bagus Pada Stool Kayu

624

Furniture yang cukup digemari saat ini adalah stool. Untuk meningkatkan nilai estetik pada stool maka dibutuhjan cat kayu warna natural yang tajam.

Stool merupakan salah satu furniture interior yang sering digunakan untuk ruang tamu, tengah ataupun dapur. Tampilan stool biasanya didominasi dengan warna natural kayu sehingga sangat sesuai untuk melengkapi nuansa ruangan agar terkesan lebih hangat.

Beberapa tahun terakhir, stool banyak dipilih untuk melengkapi ruang tamu. Desainnya yang mungil dan tidak memakan tempat membuat stool selalu dipadukan dengan sofa. Dan yang melekat pada stool adalah kaki-kakinya yang ramping dan mungil.

pagar tampil baru dengan Orchid
CS Biovarnish

Sedangkan untuk stool sendiri umumnya banyak macam, terdapat stool yang sering digunakan untuk ruang tamu atau pun stool bar yang biasanya digunakan di cafe, resto dll. Namun terdapat kesamaan diantara stool-stool tersebut yakni bahan bakunya dengan material kayu.

Tentu saja, kayu yang dipilih pun harus kokoh karena digunakan untuk menompa tubuh saat diduduki. Furniture yang terbuat dari kayu tidak terlepas dari penggunaan cat. Sebab, material seperti kayu merupakan material serat alam yang mudah rapuh.

Cat tersebut dapat berfungsi untuk melindungi kayu dari gesekan beda tumpul. Selain memberikan keindahan pada furniture, cat memang memiliki fungsi penting. Dengan demikian, furniture berbahan kayu tersebut dapat digunakan dengan awet.

Meskipun beberapa kasus terdapat furniture yang mudah terserang jamur ataupun serangga perusak kayu seperti rayap. Hal tersebut bukan karena alasan, ada beberapa hal yang menyebabkan furniture tersebut mudah rusak diantaranya:

  • Menempatkan furniture berdekatan langsung dengan tembok tanpa waterproof.
  • Sirkulasi udara pada ruangan yang tidak baik
  • Terdapat tampungan air dalam ruangan yang masih terbuka
  • Tidak membersihkan furniture secara rutin.

Dari sekian faktor furniture mudah rusak diatas, manakah yang telah Anda lakukan? Perawatan diatas memang penting mengingat banyak furniture rusak akibat kesalahan-kesalahan yang dilakukan seperti yang disebutkan diatas.

Baca Juga:  Tidak Mencemari Lingkungan. Gunakan Cat Orchid Pada Konstruksi rumah!

Meskipun cat yang diaplikasikan pada furniture dilengkapi dengan tahan air, umumnya furniture masih cukup rawan rusak. Terlebih jika cat yang Anda gunakan adalah cat solvent, mengingat jenis cat ini diformulasikan dengan kandungan minyak didalamnya.

Dengan adanya kandungan minyak dalam cat membuat cat tersebut akan lebih cepat memudar sebab minyak tersebut mengalami penguapan. Hal ini menyebabkan cat kehilangan fungsinya sebagai proteksi pada furniture.

Disisi lain, cat yang menguap akan membuat tampilan glossynya pun memudar. Dan adanya kandungan minyak juga membuat cat tersebut cenderung lebih lama kering. Umumnya, cat berbahan solvent atau minyak ini selalu membutuhkan pengeringan dengan sinar matahari.

Baik cat tersebut untuk warna solid ataupun warna natural kayu. Di Indonesia sendiri, furniture banyak menggunakan tampilan warna natural kayu. Maka tampilan warna natural akan lebih bagus jika menggunakan cat kayu yang bagus dengan daya rekat film yang kuat serta transparansi warnanya yang bagus dan tajam.

Aplikasi Cat Kayu Yang Bagus Pada Stool

Lapisan cat pada stool tidak hanya akan membantu tampilannya lebih baik namun juga akan melindungi kayu agar tidak mudah rusak. Saat ini, cat kayu yang banyak digunakan di Indonesia adalah cat kayu solvent based yang justru berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan.

Apa yang membuat cat solvent based tersebut berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan? Faktanya adalah cat solvent based masih mengandung bahan kimia berbahaya selain itu juga tinggi VOC.

Standar keamanan saat ini cenderung disarankan untuk menggunakan produk finishing yang rendah VOC dan tidak mengandung bahan kimia seperti arsenic, timbal ataupun merkuri.

Mungkin cukup sulit ketika harus berpindah dari cat solvent based. Pasalnya cat solvent based adalah cat kayu yang paling banyak dan sering digunakan. Lalu cat apa yang dapat menggantikan cat solvent based?

Sebagian masyarakat Indonesia kini pun mulai memahami jenis cat kayu yang aman ini, cat tersebut adalah cat water based. Cat tersebut adalah cat yang menggunakan bahan sekaligus pelarut air.

Baca Juga:  10 Profesional Tips Menggunakan Plitur Kayu pada Pintu Rumah

Dengan teknologi yang semakin canggih, kehadiran cat ini menjadi alternatif paling tepat bagi Anda yang menginginkan produk cat yang ramah lingkungan.Anda tidak perlu mengimpor cat water based karena kini telah ada di Indonesia.

Sehingga manufkatur cat di Indonesia mulai mengembangkan cat kayu dengan bahan yang jauh lebih aman dan ramah lingkungan. Seperti halnya Biovarnish yang notabene cat tersebut menggunakan bahan dasar air atau dikenal dengan cat water based. Untuk mempermudan finishing furniture.

Biovarnish adalah plitur water bases yang direkomendasikan untuk Anda. Selain memberikan tampilan yang menawan sekaligus aman digunakan, Biovarnish juga dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Biovarnish terdiri dari beberapa jenis cat yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan. Nah, bagi Anda yang hobi kayu, kebutuhan finishing pasti tidak hanya menggunakan satu jenis cat saja, bukan? Biovarnish menjadi pilihan tepat karena terdiri dari dempul, wood stain, sanding sealer dan topcoat.

Sedangkan untuk warna, Biovarnish tergolong cat water based yang lengkap. Sebab, Biovarnish menyediakan 20 varian warna mulai dari warna yang terang hingga gelap. Pastikan Anda menentukan warna sesuai dengan kebutuhan sekaligus media finishing yang digunakan.

Nah, untuk memberikan sentuhan natural yang apik, perhatikan langkah-langkah finishing berikut:

Persiapan Finishing

– Siapkan peralatan finishing yakni kuas/semprot, wadah, kertas amplas (gunakan no. 320 dan 400), pisau palet dan air

– Pastikan media tersebut telah siap untuk di finishing. Sebaiknya amplas terlebih dahulu permukaan media agar lebih bersih dan permukaan menjadi rata.

Aplikasikan Dempul Biovarnish Wood Filler

– Pilih warna sesuai dengan media finishing atau warna yang diinginkan. Biovarnish menyediakan 4 tampilan untuk dempul yakni warna kayu jati, kayu ramin, kayu sonokeling dan kayu mahagoni

– Larutkan air terlebih dahulu lalu aduk hingga larutan tercampur. Kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan media apabila menginginkan hasil close pore atau hanya beberapa titik lokasi yang mengalami cacat. Setelah diaplikasikan, diamkan selama 20-30 menit di tempat yang teduh atau dalam suhu ruangan. Jika sudah kering, amplas menggunakan kertas amplas no. 320

Baca Juga:  Jual Cat Warna Solid Orchid Enamel, Cat Kayu Warna Solid Yang Aman

Aplikasikan Biovarnish Liquid Stain

– Pilih warna cat yang sesuai dengan tampilan yang diinginkan.

– Larutkan terlebih dahulu Biovarnish Liquid Stain agar tidak terlalu kental. Kuaskan/semprotkan ke seluruh permukaan media hingga merata. Lalu diamkan selama satu jam. Apabila sudah kering sentuh, amplas ambang menggunakan kertas amplas no. 400

Aplikasikan Biovarnish  Sanding Sealer

– Larutkan terlebih dahulu dengan air. Lalu semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Diamkan selama satu jam dan kemudian amplas ambang menggunakan kertas amplas no. 400

Aplikasikan Biovarnish Clear Coat

– Pilih tampilan akhir matte atau gloss

– Larutkan dengan air lalu aplikasikan secara merata. Perhatikan 30 menit pertama setelah diaplikasikan, apabila belum sesuai dengan tampilan yang diinginkan maka Anda dapat mengaplikasikannya kembali. Sebelum diaplikasikan, sebaiknya amplas ambang permukaan media tersebut. Dan apabila sudah menemukan tampilan yang diinginkan maka diamkan selama 24 jam.

Cara Order Biovarnish

Cat kayu yang bagus Biovarnish merupakan cat kayu dengan bahan dasar air yang telah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional seperti US EPA dan ECHA. Sehingga kandungan dalam bahan finishing ini tidak berbahaya, tidak beracun, rendah VOC dan bahkan tidak mebimbulkan bau yang sangat menyengat.

Cat kayu yang bagus Biovarnish tidak hanya dapat digunakan untuk finishing pada furniture kayu saja namun juga dapat digunakan untuk finishing furniture dengan media MDF, plywood, bambu, rotan dan serat alam lainnya.

Bagaimana cara order Biovarnish?

Langsung saja menghubungi kontak hotline yang tercantum pada website atau via e-mail yakni [email protected] untuk pemesanan produk cat water based. Atau Anda dapat langsung melakukan transaksi pembelian melalui marketplace kesayangan Anda. Link marketplace dapat Anda klik pada laman website ini.

sambut ramadhan bersama biovarnish
beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here