Ciptakan Furniture American Victorian Dengan Teknik Distress

69

Bagi Anda yang gemar furniture antik tentu sudah tidak asing dengan konsep american victorian, bukan? Ternyata, cukup dengan teknik distress pada furniture dan Anda bisa ciptakan dengan tangan Anda sendiri.

Konsep American victorian adalah salah satu konsep pada furniture untuk menampilan kesan klasik pada furniture seperti era 1800-an. Pada umumnya, tampilan ini menyisakan beberapa bagian pada furniture agar tampak rusak atau terkikis oleh usia. Untuk mendapatkan furniture kuno seperti ini tentu tidak mudah dan bahkan mengeluarkan biaya yang mahal. Anda bisa melakukan proyek DIY untuk menciptakan tampilan American Victorian pada furniture lama Anda.

Sebagian orang memandang bahwa untuk menciptakan tampilan klasik semacam American Victorian cukup rumit dan membutuhkan persiapan yang banyak. Tentu saja, untuk menciptakan tampilan tersebut membutuhkan persiapan yang cukup banyak. Namun, jika Anda mengenal teknik distressing pada furniture maka Anda akan menepis anggapan tersebut dengan mudah. Sebab, teknik distress adalah cara paling mudah untuk mendapatkan kesan klasik ala American Victorian pada furniture.

CS Biovarnish

Apa yang dimaksud dengan teknik distress? Tekni distress adalah teknik untuk menciptakan tampilan furniture agar tampak seperti rusak atau usang. Fokus teknik ini adalah dengan mengikis bagian-bagian yang ingin terlihat usang dengan cara diamplas kasar, dikerok dengan benda tumpul dan sejenisnya. Agar mempermudah kinerja Anda dalam menjalankan teknik distress selama proses finishing berlangsung maka gunakan cat yang sesuai dan mudah diaplikasikan.

Bagaimana Mencegah Agar Jamur Tidak Merusak Furniture Kayu
Teknik Distress Dengan BioDuco Chalk Paint

Untuk menciptakan tampilan American Victorian pada umumnya memanfaatkan cat duco sebagai lapisan pewarna solid. Namun, untuk menggunakan cat duco cukup memerlukan waktu yang tidak sedikit terlebih jika cat duco yang digunakan adalah cat duco solvent based. Anda harus melalui berbagai tahap hingga mendapatkan hasil yang maksimal selain itu pengamplasan yang dilakukan harus sehalus mungkin agar coating dapat melekat sempurna.

Solusi terbaik ketika Anda memilih teknik distress adalah menggunakan chalk paint. Chalk paint atau cat kapur ini merupakan solusi paling tepat pengganti cat duco untuk mendapatkan tampilan klasik atau antik pada furniture. Dari segi tampilan saja, chalk paint memberikan kesan yang unik dibandingkan dengan cat kayu pada umumnya. Chalk paint akan memberikan sentuhan pada permukaan kayu layaknya terlapisi kapur sehingga sangat tepat jika diaplikasikan untuk tampilan antik.

Chalk Paint Dengan Teknik Distress

Apa yang dimaksud dengan chalk paint? Aapakah perbedaannya dengan cat duco? Chalk paint merupakan primer coat dengan pigmen warna solid sehingga cat ini mampu menutup pori-pori dengan optimal. Sedangkan cat duco adalah maincoat yang tujuannya hanya untuk memberikan tampilan solid pada furniture. Untuk cat duco, apabila menginginkan tampilan pori-pori benar-benar tertutup maka membutuhkan lapisan primer coat dan primer coat yang digunakan adalah dengan tampilan yang transparan.

Chalk paint tergolong ramah lingkungan karena cat ini terbuat dari bahan air dan latex. Selain itu, chalk paint juga mudah dihapus apabila Anda mengalami kesalahan selama proses finishing berlangsung. Untuk menghapur chalk paint yang sudah terlanjur melekat pada permukaan kayu adalah dengan menggunakan air tanpa harus dengan thinner. Tentu saja ini lebih menghemat pengeluaran sekaligus aman digunakan terlebih jika memiliki alergi terhadap bahan kimia.

Di Indonesia, chalk paint masih tergolong langka sehingga untuk menggunakan chalk paint maka Anda harus mengimpor merk dagang luar negeri. Hal ini dikarenakan minat dan pengetahuan tentang tren finishing terhadap masyarakat yang masih minim. Disisi lain, bagi penghobi kayu atau aplikator yang berkecimpung dalam bidang finishing tentu kebutuhan chalk paint mulai disoroti. Selain memberikan tampilan yang unik, dengan chalk paint maka penghobi kayu dapat mengkreasikan berbagai tampilan yang diinginkan.

Jika beberapa tahun lalu Anda merasa kesulitan untuk menggunakan chalk paint, kini Anda tidak perlu khawatir lagi. Karena chalk paint telah hadir di Indonesia dan dibandrol dengan harga yang lebih terjangkau. BioDuco Chalk Paint merupakan produk finishing chalk paint asal Indonesia yang kualitasnya adalah kualitas import. Bahan-bahan yang digunakan pada chalk paint tersebut sangat diperhatikan mulai dari kandungan bahan kimia dan VOC-nya. Bahkan telah disesuaikan dengan standar regulasi internasional seperti US-EPA (Enviromental Protection Agency) dan ECHA-Reach. Sehingga chalk paint lokal ini benar-benar aman digunakan dan dapat pula diaplikasikan untuk mainan anak-anak.

 Tidak hanya telah disesuaikan dengan standar regulasi internasional, BioDuco Chalk Paint juga hadir dengan fitur-fitur yang dibutuhkan aplikator untuk mendapatkan hasil finishing yang diinginkan. Nah, seperti awal kehadiran dari chalk paint, BioDuco Chalk Paint juga memberikan point penting yakni tanpa memerlukan persiapan yang panjang begitu pula ketika digunakan untuk teknik distress pada furniture.

BioDuco Chalk Paint dilengkapi dengan fitur unggulan seperti

  • Good Leveling
  • Tranpsaransi warna yang bagus (Good Clarity)
  • Daya rekat tinggi (Good Film Adhesion)
  • Warna solid dengan daya tutup angat baik
  • Good Film Hardness and Flexibility
  • Cepat Kering
  • Easy To Use

Dengan fitur-fitur diatas maka chalk paint akan lebih mudah menghasilkan finishing yang diinginkan. Chalk paint tidak fokus pada hasil yang sempurna melainkan hasil yang natural. Maka dari itu, chalk paint ini sangat cocok jika digunakan untuk tampilan antik yang mana membutuhkan hasil finishing yang terkesan usang.

Teknik Distress dengan chalk paint justru lebih mudah dilakukan karena cat ini mudah untuk dihapus. Meskipun mudah untuk dihapus, chalk paint justru lebih tahan lama terlebih jika ditimpa dengan coating lainnya seperti topcoat.

Siapkan Media Finishing

Furniture lama yang Anda ingin ubah tampilannya, sebaiknya diamplas terlebih dahulu untuk menghilangkan cat yang masih melekat pada permukaan furniture tersebut. Setelah bersih, bersihkan debu-debu tersebut hingga benar-benar bersih sehingga akan memudahkan coating melekat dengan baik

Gunakan Chalk Paint

BioDuco Chalk Paint memiliki 20 varian warna yang bisa Anda pilih. Setelah memilih warna cat, larutkan BioDuco Chalk Paint tersebut dengan air dan sebaiknya takar dengan perbandingan 2 bahan: 1 air lalu aduk hingga larutan tersebut homogen.

Pengamplasan

Setelah chalk paint tersebut kering, amplas sisi bagian yang ingin terlihat kusam menggunakan kertas amplas no. 180 atau kertas amplas yang kasar. Biasanya, bagian yang usang terdapat pada bagian sisi-sisi pojok furniture atau bagian sisi ukiran. Kemudian dilanjutkan dengan pengamplasan kedua dengan kertas amplas yang lebih halus misalkan kertas amplas no. 320 untuk hasil finishing yang lebih halus

Aplikasikan BioDuco TopCoat

Untuk mengunci tampilan tersebut, aplikasikan BioDuco Topcoat matte. Caranya adalah larutkan terlebih dahulu BioDuco topcoat tersebut dengan air hingga mendapatkan viscositas yang sesuai. Lalu diamkan hingga furniture kering dan dapat digunakan.

Pasca Finishing

Setelah finishing usai, Anda dapat langsung meletakkan furniture tersebut dalam ruangan tanpa harus didiamkan di luar ruangan. Sebab, cat tersebut tidak mengalami penguapan ataupun mengeluarkan bau cat yang menyengat sehingga lebih aman dan nyaman.

Pastikan untuk selalu membersihkan furniture secara rutin dari debu agar tampilannya dapat bertahan lama. Anda juga dapat mengaplikasikan secara rutin seperti wax atau poles kayu untuk mempertahan tampilan furniture tampak seperti baru.

Cara Pemesanan

Untuk pembelian, Anda dapat langsung menghubungi kontak hotline yang tercantum pada website. Atau Anda juga melalui e-mail dengan cara mengirimkan ke alamat e-mail [email protected]. Dan atau Anda juga dapat melakukan pembelian online melali marketplace di Tokopedia: https://tokopedia.com/bioindustries atau Bukapalak: https://www.bukalapak.com/catkayu.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here