Tampilan Varnish Jati Tepat Jika Perhatikan Langkah Finishing Ini

774

Tampilan furniture tampak alami dan natural apabila menggunakan varnish kayu jati secara tepat. Gunakan cat kayu dengan fleksibiltas yang baik agar lebih tahan lama.

Siapa yang tidak kenal dengan kayu jati? Kayu jenis ini merupakan jenis kayu primadona untuk semua kalangan. Bahkan kayu jati dikenal sebagai kayu papan atas karena berbagai keistimewaan yang dimilikinya. Tidak jarang, orang akan memilih kayu jati digunakan untuk material furniture ataupun material bangunan seperi kusen, rangka atap, daun pintu, daun jendela ataupun kebutuhan eksterior lainnya seperti gazebo, furniture garden dll. Hal ini dikarekanan kayu jati memiliki ketahanan dan keawetan kelas I-II sehingga kayu ini tahan terhadap perubahan cuaca. Maka dari itu, kayu jati merupakan jenis kayu yang tidak mudah memuai atau menyusut jika terjadi perubahan cuaca terlebih cuaca ekstrem. Selain itu, kayu jati juga tahan terhadap rayap sehingga Anda tidak perlu perawatan lebih untuk melindungi kayu tersebut. Sebab, kayu jati memiliki kandungan minyak alami yang mampu mencegah rayap menyerang kayu.

Tidak hanya karena ketahanan dan keawetannya yang bagus, kayu jati memang memiliki serat yang unik dengan warna coklat terang yang indah. Sehingga tidak jarang kayu jati digunakan untuk mempercantik ruangan. Kreasi kayu jati dapat digunakan untuk hunian rumah klasik bahkan modern, karena tampilannya yang elegan membuat kayu jati menjadi salah satu kayu pilihan untuk furniture.

CS Biovarnish

Kayu jati pada dasarnya memiliki tampilan yang terang dan serat yang indah sehingga warna finishing yang paling sering digunakan adalah warna natural kayu. Warna natural kayu tersebut akan tetap memperlihatkan bagian serat kayu namun warna dasar kayu tampak lebih tajam. Nah, untuk menciptakan tampilan natural kayu maka dibutuhkan cat kayu transparan seperti varnish atau plitur.  Tampilannya tersebut akan lebih tajam jika menggunakan bahan finishing varnish kayu jati yang tepat. Dengan varnish akan memberikan tampilan natural tanpa harus mengganggu serat-serat kayu yang dimiliki kayu jati. Maka dari itu, aplikasi finishing varnish kayu jati sangat penting untuk menunjang furniture menjadi indah dan terawat.

Seperti apa varnish yang bagus untuk finishing furniture kayu jati?

Varnish atau pernis kayu memang banyak ditemukan di pasaran dengan berbagai merk. Akan lebih baik jika Anda memilah cat kayu dengan melihat fitur-fitur unggulan yang dimiliki pada suatu merk pernis. Sebab, tidak semua jenis merk pernis memiliki keunggulan sama sehingga pastikan untuk memilih sesuai dengan kebutuhan. Namun, jika Anda memilih untuk mencoba pernis maka akan cukup sulit karena memakan waktu yang banyak. Sebab, Anda harus mencoba satu per satu dan tidak hanya memakan banyak waktu melainkan juga biaya. Nah, agar lebih efisien waktu dan biaya akan lebih baik jika Anda membandingkan antara cat solvent based dan cat water based.

Cat water based dan cat solvent based jika dilihat dari hasilnya memiliki kemiripan namun jika dilihat dari bahan yang digunakan pada kedua cat tersebut berbeda. Cat water based merupakan cat yang menggunakan bahan dan pelarut air sedangkan cat solvent based merupakan cat yang menggunakan bahan solvent atau minyak dan menggunakan pelarut organik yakni thinner atau spiritus. Saat ini, banyak gerakan yang menyerukan penggunaan produk yang ramah lingkungan termasuk penggunaan cat. Lalu jenis cat kayu manakah yang aman dan ramah lingkungan?

Aplikasikan Varnish Kayu Jati Aman

Jenis varnish kayu jati yang aman adalah varnish dengan berbahan pelarut air. Meskipun dengan air, tetap perhatikan kandungan pada cat tersebut. Cat water based yang aman adalah memiliki kandungan VOC sangat rendah sehingga tidak mengganggu kesehatan serta tidak mencemari lingkungan. Sedangkan varnish solvent based justru berbahaya karena kandungan kimia seperti timbal dan merkuri didalamnya selain juga mengandung VOC yang tingg. Bahan-bahan tersebut merupakan penyebab timbulnya penyakit kanker sehingga cat solvent based saat itu dikurangi penggunaannya mengingat pentingnya lingkungan dan kesehatan tubuh.

Apa sih VOC? Berdasarkan penjelasan dari US EPA (Enviromental Protection Agency) menjelaskan bahwa VOC atau Volatile Organic Compounds merupakan senyawa organik yang mudah menguap diemisikan sebagai gas dari padatab atau cairan tertentu. VOC mencangkup berbagai bahan kimia yang berdampak buruk pada kesehatan baik dalam jangka pendek atau jangka panjang. Senyawa ini akan sangat berbahaya jika berada di dalam ruangan dibandinkan di luar ruangan. Maka dari itu, pasca finishing selalu diletakkan di luar ruangan terlebih dahulu untuk mengurangi uap pada cat. Dan hal tersebut biasanya banyak dilakukan oleh cat solvent based karena cat tersebut mengalami penguapan. Uap cat tersebut disebabkan oleh kandungan minyak serta senyawa organik yang terkandung dalam cat.

Melihat bahayanya VOC pada kesehatan dan lingkungan tentu cukup memprihatinkan, bukan? Maka saat ini disarankan untuk menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan seperti cat water based. Salah satu cat aman dan ramah lingkungan adalah BioColours Biovarnish. Varnish ini sangat cocok digunakan sebagai pengganti varnish berbahan shellac gum yang cenderung berbahaya. Selain itu, Biovarnish memiliki daya rekat film yang bagus, daya serap yang cepat dan mudah diaplikasikan. Bahkan bahan yang digunakan khusus diformulasikan sesuai dengan standarisasi keamanan internasional seperti, US-Environmental Protection Agency (EPA) dan  standard regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA)REACH.

Untuk aplikasi finishing varnish kayu jati dengan Biovarnish, dapat Anda lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler

Biovarnish Wood Filler merupakan filler kayu sebagai tahap dasar finishing. Pengaplikasian bahan finishing pada umumnya untuk menutup pori serat kayu dan menyamarkan cacat kayu agar ketika diaplikasikan mendapatkan warna yang sama dan permukaan media finishing yang rata. Berikut cara penggunaan Biovarnish Wood Filler:

  • Larutkan terlebih dahulu Biovarnish Wood Filler dan air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air.
  • Aduk larutan tersebut hingga homogen
  • aplikasikan ke bagian yang cacat atau seluruh permukaan media finishing menggunakan pisau palet atau sejenisnya
  • diamkan dalam suhu ruangan kurang lebih 20-30 menit
  • Jika sudah kering, amplas menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 240
  1. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain

Aplikasikan Biovarnish untuk mendapatkan tampilan warna yang diinginkan. Biovarnish terdapat 20 varian warna yang dapat Anda pilih untuk finishing natural kayu pada furniture, konstruksi bangunan ataupun kerajinan. Caranya sebagai berikut:

  • Pilih warna Biovarnish sesuai yang diinginkan
  • Aplikasikan Biovarnish dengan menggunakan kuas yang sudah dilapisi kain sebagai lapisan dasar. Jika perlu tambahkan air untuk melarutkan finishing kayu tersebut dengan takaran 2bahan/1air. Tunggu sampai kering kurang lebih 60 menit.
  • Setelah mengering, gunakan amplas untuk menghaluskan media yang sudah dilapisi cat dasar.
  • Gunakan kuas yang dilapisi kuas untuk mengaplikasikan Biovarnish diatas cat lapisan dasar.
  • Tunggu sampai mengering. Jika perlu, ulangi langkah no.4 dan 5 untuk mendapatkan hasil warna mengkilap sempurna.
  1. Gunakan Biovarnish Clear Coat
  • Setelah Biovarnish kering, Anda dapat aplikasikan topcoat agar warna yang dihasilkan lebih tajam dan mendapatkan warna yang maksimal
  • Aplikasikan topcoat dengan takaran 2 bahan topcoat:1 bahan air agar tidak terlalu kental ataupun encer.
  • Tunggu hingga kering dan dapatkan hasil warna yang ditampilkan. Biarkan mengering pada suhu kamar, kira-kira 20 menit untuk mendapatkan kering sentuh. Untuk mendapatkan kering packing, biarkan media kayu yang telah difinishing selama 24 jam. Sedangkan untuk mendapatkan kering full curing, diamkan selama 7×24 jam. Sebelum kering sentuh didapatkan, tidak disarankan melakukan pengeringan menggunakan oven ataupun dijemur langsung di bawah sinar matahari.

Bahan yang digunakan pada langkah-langkah di atas merupakan cat water based yang aman dan ramah lingkungan.  Pasca finishing diatas, furniture sudah dapat digunakan atau siap dipacking karena cat kayu tidak mengalami penguapan. Cat kayu yang tidak mengalami penguapan tentu tidak mengeluarkan bau cat menyengat, tidak beracun dan lebih nyaman. Selain itu, cat yang tidak menguap akan memperlihatkan tampilan natura kayu lebih tahan lama dibandingkan cat solvent based.

Untuk mendapatkan produk Bio Industries seperti Biovarnish silahkan menghubungi Customer Service via telp pada kontak hotline yang tertera pada website ini.  Atau Anda dapat memesan melalui marketplace Bioindustries yakni https://tokopedia.com/catkayu, https://bukalapak.com/u/catwaterbased dan https://shopee.co.id/biovarnish.official. Atau Anda juga dapat mengunjungi kantor Bio Industries di Jl. Sidikan No.9, Yogyakarta apabila Anda berada di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Semoga dengan ulasan di atas dapat memudahkan Anda dalam memilih dan mengaplikasikan varnish kayu jati dengan tepat.

Pastikan untuk selalu menggunakan produk-produk ramah lingkungan seperti cat water based. Mari jaga lingkungan dan kurangi penggunaan bahan-bahan kimia berbahaya demi kesehatan orang-orang terkasih di sekitar kita.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here