Tips Finishing Shabby Chic Sederhana Dengan Cat Kapur

83

Kesan klasik bisa juga didapatkan dari furniture, salah satunya adalah furniture dengan motof shabby chic. Motif shabby chic bukan berarti dengan motif bunga-bunga yang soft saja melainkan juga tampilan furniture solid colour yang tampak usang.

Anda suka tampilan klasik Eropa seperti shabby chic? Beberapa tahun lalu, motif shabby chic digemari oleh banyak kalangan khususnya perempuan. Tidak hanya motif dengan tampilan bunga-bunga, shabby chic yang dimaksudkan disini adalah dengan tampilan furniture yang tampak usang seperti terkikis oleh usia.

Kesan natural pada bagian furniture yang usang menjadi ciri khas bagi furniture shabby chic. Tampilan usang pada furniture tersebut membutuhkan waktu yang sangat lama bahkan hingga puluhan tahun.

CS Biovarnish

Namun, dengan adanya kemajuan teknologi dan berbagai teknik finishing saat ini maka tampilan shabby chic semacam ini dapat dilakukan dengan mudah. Bahkan sangat cocok bagi Anda yang sedang proyek DIY untuk furniture dengan tema shabby chic.

Tampilan usang pada furniture tersebut dapat berupa warna yang memudar atau terdapat beberapa bagian cat yang mulai mengikis. Adapun teknik finishing untuk menciptakan tampilan usang pada furniture, dikenal dengan teknik distress.

Teknik distress lebih fokus terhadap tampilan furniture yang usang dengan cara mengamplas atau mengikisnya dengan benda tumpul sehingga hasilnya akan lebih natural.

Teknik ini paling sering digunakan untuk menciptakan furniture agar terkesan lebih klasik dan elegan. Jika Anda memiliki waktu yang cukup banyak, teknik ini dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Agar teknik distress tersebut dapat dilakukan dengan optimal serta hasilnya natural maka akan lebih baik untuk memilih cat yang tepat. Pasalnya, banyak cat kayu dipasaran justru memakan waktu yang cukup banyak dan bahkan persiapan yang dilakukan tidak sedikit.

Agar lebih praktis, Anda dapat menggunakan cat kapur atau dikenal dengan chalk paint. Bukan kah chalk paint masih cukup sulit ditemukan di Indonesia? Chalk paint atau cat kapur merupakan produk finishing yang hadir pada tahun 1990-an.

Awal kali munculnya cat ini sudah menjadi banyak sorotan karena pengaplikasiannya yang mudah dan sederhana. Bahkan, lebih mudah dibandingkan dengan cat kayu pada umumnya.

Chalk paint merupakan cat yang terbuat dari air dan latex sehingga tidak perlu proses pengamplasan yang terlalu halus. Melainkan hanya dengan sentuhan pengamplasan yang ringan, hasilnya sudah terlihat sempurna.

Fokus penggunaan chalk paint bukan pada kesempurnaan hasil finishing melainkan agar terlihat media yang dilapisinya terkesan natural. Maka dari itu, chalk paint sangat cocok digunakan untuk finishing pada furniture dengan gaya klasik atau antik.

Karena penggunaan bahannya dari latex, cat ini juga mudah dihapus meskipun hanya menggunakan air. Sisi menariknya dari cat kapur ini adalah tampilan media yang dilapisinya tampak seperti terlapisi kapur.

Meskipun demikian, daya tahan cat kapur ini justru dapat tahan lama ketika diaplikasikan ke permukaan media finishing.

Finishing Shabby Chic Dengan Chalk Paint

Finishing Shabby Chic dengan Chalk Paint
Shabby Chic dengan Teknik Distress

Saat ini, chalk paint sudah dapat Anda jumpai di pasaran Indonesia. Chalk paint ini diproduksi oleh produsen cat lokal yang fokus pada memproduksi produk-produk yang ramah lingkungan yakni Bio Industries.

BioDuco Chalk Paint merupakan varian produk finishing dari Bio Industries dengan kandungan bahannya yang aman dan sudah sesuai dengan standar keamanan internasional.

BioDuco Chalk Paint sudah disesuaikan dengan standar dari regulasi internasional yakni US-EPA (Enviromental Protection Agency) dan ECHA-Reach. Sehingga produk finishing tersebut baik saat ataupun pasca finishing tetap aman digunakan, tidak beracun dan tidak berbau.

Karena kandungan bahannya yang aman, cat ini juga cocok untuk finishing pada berbagai produk yang bersinggungan dengan anak-anak seperti furniture bayi ataupun mainan anak-anak.

BioDuco Chalk Paint terdiri dari berbagai varian warna yang bisa Anda sesuaikan dengan tampilan yang Anda inginkan. Untuk shabby chic, pada umumnya adalah menggunakan tampilan warna putih.

Nah, untuk hasil finishing lebih terkesan natural dan tahan lama maka Anda bisa memadukan dengan produk finishing yang lainnya seperti BioDuco Topcoat. Cat ini bertujuan untuk mengunci tampilan sehingga tampilannya lebih tajam.

Keunggulan BioDuco Chalk Paint

  • Tidak beracun. Cat tersebut tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya dan rendah VOC sesuai dengan standar regulasi internasional
  • Transparan warna yang bagus sehingga hasilnya akan lebih tajam
  • Daya rekat film yang kuat. Dengan demikian, cat tersebut tidak mudah mengelupas meskipun sudah diaplikasikan dalam kurun waktu yang lama.
  • Warna solid dengan daya tutp baik. Chalk paint merupakan primer coat dengan pigmen warna solid yang notabene cat tersebut berfungsi untuk menutup pori-pori dengan optimal
  • Cepat kering. Karena terbuat dari air dan latex, chalk paint cenderung lebih cepat kering meskipun tanpa harus dikeringkan dibawah sinar matahari langsung
  • Good hardness and flexibility. Cat ini keras namun juga fleksibel sehingga ketika diaplikasikan ke permukaan kayu dan mengalami pemuaian ataupun penyusutan maka cat tersebut dapat menyesuaikan dengan baik. Sehingga cat tidak mudah mengalami flacking ataupun retak-retak

Berbagai unggulan BioDuco Chalk Paint tersebut tentu saja akan memberikan kemudahan bagi Anda saat proses finishing berlangsung. Prosedur finishing menggunakan produk BioDuco tidak perlu dikeringkan dibawah sinar matahari melainkan hanya cukup dikeringkan saja dalam suhu ruangan. Meskipun dibawah sinar matahari akan lebih cepat kering namun tidak sangat disarankan karena hasilnya justru tidak bagus.

Adapaun teknik finishing shabby chic dengan teknik distress menggunakan BioDuco Chalk Paint:

  1. Pada tahap awal, siapkan media finishing tersebut. Pastikan media finishing seperti kayu memang sudah difinishing yakni dengan MC 12% dan sudah diamplas. Pengamplasan ini bertujuan untuk menghilangkan noda, kotoran, debu ataupun sisa minyak dan sekaligus meratakan permukaan kayu
  2. Larutkan BioDuco Chalk Paint dengan air yakni dengan perbandingan 2 bahan chalk paint: 1 air lalu aduk hingga homogen
  3. Gunakan ujung kuas ketika mengaplikasikan ke permukaan kayu. Kuaskan secara ringan sehingga hasilnya akan lebih halus dan natural
  4. Amplas atau kikis dengan pisau scrape pada bagian-bagian yang akan tampak seperti usang. Jika menggunakan amplas, maka Anda dapat menggunakan kertas amplas ono. 180
  5. Selanjutnya, amplas lagi menggunakan kertas amplas yang lebih halus yakni no. 320 guna mempertajam tampilan coating dan membuatnya terkesan lebih alami
  6. Aplikasikan BioDuco Topcoat matte/gloss yang sebelumnya sudah dilarutkan dengan air. Lalu aplikasikan ke seluruh permukaan kayu. Diamkan hingga benar-benar kering maka furniture shabby chic sudah jadi.

Pasca finishing, Anda tidak perlu mendiamkan furniture yang sudah terlapisi cat tersebut di luar ruangan sebelum digunakan seperti yang biasa dilakukan ketika Anda membeli furniture baru. Sebab, furniture shabby chic yang sudah terlapisi BioDuco tersebut tidak mengalami penguapan sehingga tidak mengeluarkan zat beracun dan tidak mengeluarkan bau yang menyengat.

Untuk pemesanan produk finishing ramah lingkungan dari Bio Industries, Anda dapat menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini atau via e-mail [email protected]. Jika ingin melakukan pembelian yang lebih praktis, Anda juga dapat melakukan pembelian via marketplace di Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries atau Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here