Tips Praktis Menciptakan Tampilan Natural Transparan Dengan Biovarnish

181

Furniture dengan material kayu memang tidak ada habisnya untuk diminati. Meskipun sudah berganti-ganti model atau desain namun furniture kayu masih eksis di kalangan masyarakat. Sehingga wajar saja jika daya saing furniture kayu sangat tinggi di pasaran, mungkin kita akan lebih mengenal furniture khas Jepara yang memiliki ukiran yang unik atau bahkan furniture khas lain dengan coraknya masing-masing.

Selain furniture kayu dengan desain klasik, furniture kayu juga hadir dengan tampilan yang beragam seperti knckdown maupun minimalis. Desain furniture kayu macam ini cukup banyak diminati oleh masyarakat urban karena membutuhkan ruang yang sedikit dan bahkan tampilannya yang ramping membuat ruangan terkesan luas. Biasanya furniture dengan desain minimalis akan menggunakan lapisan cat duco untuk menciptakan tampilan warna solid. Namun, tidak sedikit pula furniture kayu minimalis yang memoleskan dengan tampilan natural kayu.

Baik furniture dengan desain minimalis maupun klasik, tampilan natural kayu hingga saat ini juga masih primadona di kalangan masyarakat. Tampilan ini akan memberikan kesan yang natural dan cocok digunakan untuk berbagai nuansa ruangan dalam hunian.  Namun bagaimana jika ingin membuat furniture sendiri? Tentunya akan menekan biaya sehingga Anda akan lebih hemat terlebih apabila mampu memilih cat dengan kualitas yang baik namun dengan harga yang terjangkau.

CS Biovarnish

Untuk menekan biaya dalam pembuatan furniture, salah satu yang perlu diperhatikan adalah cat yang akan digunakan. Karena tidak sedikit pula cat yang akan digunakan justru menghabiskan berkaleng-kaleng apabila tidak mengetahui teknik dan kualitas dari cat tersebut.

Finishing Natural Kayu Transparan Yang Praktis

Memiliki kayu sisa atau bekas tergeletak di rumah tentunya sangat disayangkan jika dibuang begitu saja. Akan jauh lebih baik jika kayu tersebut dimanfaatkan untuk menjadi berbagai kebutuhan hunian rumah seperti furniture. Terlebih saat ini telah banyak jenis furniture yang memanfaatkan kayu-kayu sisa atau bekas sehingga desainnya pun lebih sederhana dan cenderung minimalis. Furniture minimalis sangat cocok dengan tren dan kebutuhan saat ini mengingat banyak hunian rumah yang memiliki lahan yang sempit. Dengan furniture minimalis maka ruang tidak akan penuh karena ditempati oleh furniture.

Untuk menjaga tampilan furniture yang Anda ciptakan sendiri tentunya membutuhkan bahan finishing yang tepat. Karena banyak bahan finishing yang hanya mementingkan kualitas warna namun kurang memperhatikan fitur proteksi pada kayu itu sendiri. Perlu diketahui bahwa furniture yang terbuat dari kayu memiliki rentan kerusakan yang cukup tinggi. Hal tersebut bisa dipengaruhi oleh suhu ruang, tempat yang tidak bersih dan kurangnya perawatan. Namun, ada faktor internal yang bisa menyebabkan kayu tersebut cepat rusak yakni kayu merupakan serat alam yang sangat rentan terhadap serangan serangga dan jamur.

Maka dari itu, lapisan cat pada kayu memiliki peran yang sangat penting sehingga kayu akan lebih bertahan lama dan tidak mudah rusak. Sedangkan tidak semua cat memiliki fitur dan kualitas yang baik untuk melindungi kayu agar bisa bertahan lama. Masalah yang sring ditimbulkan adalah cat justru cepat usang karena terjadi penguapan. Jika sudah terjadi maka daya proteksi cat tersebut berkurang sehingga sangat memungkinkan serangga tersebut terutama jika kayu tersebut merupakan jenis kayu lunak.

Untuk melindungi sekaligus mempercantik tampilan furniture, bisa menggunakan produk cat water based. Cat tersebut merupakan cat dengan bahan dasar air, meskipun menggunakan air namun tidak menyebabkan kayu lembab dan rusak melainkan cat tersebut memiliki fungsi yang hampir sama dengan cat pada umumnya yakni mampu mencover permukaan kayu dengan baik sehingga tampilannya pun tetap cemerlang.

Salah satu cat water based yang praktis untuk diaplikasikan adalah Biovarnish. Jika Anda adalah pemula dalam dunia finishing dan ingin mengaplikasikan sendiri maka Biovarnish menjadi pilihan tepat karena Biovarnish adalah produk cat water based yang mudah diaplikasikan dan praktis. Bahkan Anda tidak membutuhkan biaya yang cukup banyak karena tidak harus membeli bahan pelarut yang biasa digunakan oleh cat lain seperti thinner, methanol, spirtus maupun sejenisnya.

Berikut beberapa tips praktis finishing pada furniture dengan tampilan natural transparan:

  • Amplas terlebih dahulu permukaan kayu untuk menghilangkan noda maupun sisa minyak/cat yang masih menempel pada kayu. Selain membersihkan permukaan kayu, tujuan pengamplasan adalah agar kayu rata sehingga mempermudah proses finishing selanjutnya.
  • Aplikasikan Biovarnish sanding sealer. Tujuan pengaplikasian sanding sealer ini adalah untuk menutup pori-pori dengan baik serta memotong bulu-bulu halus sehingga akan mempertajam lapisan coating setelahnya.  Larutkan Biovarnish sanding sealer dan air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga homogen. Kemudian kuaskan/semprot ke seluruh permukaan kayu. Untuk hasil maksimal, ulangi pengaplikasian ini sebanyak 2-3 kali
  • Gunakan Biovarnish Clear Coat. Terlebih dahulu Anda tentukan tampilan yang diinginkan yakni matte atau gloss. Setelah itu, campurkan air dan larutan Biovarnish dengan perbandingan 2 bahan: 1 air kemudian aduk hingga homogen. Kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kayu menggunakan kuas atau semprot. Kemudian diamkan pada suhu kamar hingga kering

Cat Kayu Yang Praktis dan Ramah Lingkungan, Biovarnish

Biovarnish merupakan cat yang terbuat dari bahan water based acrylic yang aman dan ramah lingkungan. Sebab, cat water based ini diformulasikan sesuai dengan standar keamanan internasional sehingga sangat dipastikan selalu memperhatikan keamanan bahan yakni tidak mengandung bahan kimia berbahaya, sangat rendah VOC dan tidak beracun.

Senyawa organik Vehicle Organic Compounds (VOC) sangat membahayakan bagi kesehatan jika kadarnya lebih dari batas normal. Biasanya kandungan senyawa organik ini sangat mudah dijumpai pada cat solvent based yang mana kandungan VOC-nya sangat tinggi dan kadangkala baunya begitu menyengat karena uap yang dikeluarkan. Dengan latar belakang ini lah, cat water based mulai diciptakan dan berkembang di Indonesia. Jauh sampai di Indonesia, cat water based sudah diterapkan terlebih dahulu di berbagai negara di dunia dan melarang penggunaan cat solvent based.

Selain sisi keamanan, Biovarnish merupakan cat water based yang sangat mudah diaplikasikan sebab bisa diaplikasikan dengan berbagai cara seperti kuas, oles maupun semprot. Dan bisa diaplikasikan tidak hanya pada kayu namun juga pada bambu, rotan, pelepah pisang dan serat alam lainnya karena fitur cat water based ini adalah memiliki daya rekat yang kuat dan hasilnya pun menakjubkan dengan transparan alami.

Jadi, jangan sampai memilih cat hanya karena mendengar dari orang lain melainkan harus teliti dan mencari kualitas serta keamanan cat tersebut. Karena, cat dengan kualitas terbaik belum tentu aman digunakan. Padahal, cat dengan kandungan bahan kimia berbahaya bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan jika terhirup dalam jangka waktu yang lama dan salah satu yang menakutkan adalah penyebab kanker.

Masih mau memilih cat dengan asal? Beralih dari sekarang juga dengan produk yang aman dan ramah lingkungan. Anda bisa mendapatkan Biovarnish dengan langsung mengunjungi Bio Office Centre di Yogyakarta, Jepara dan Cirebon atau menghubungi kontak nomor yang tertera pada website ini.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here