Kombinasi Chalk Paint dan Wax Menciptakan Tampilan Furniture Makin Artistik

63

Anda sedang mengadakan proyek DIY? Tidak ada salahnya untuk mencoba finishing menggunakan chalk paint dan wax agar mendapatkan hasil yang menarik.

Proyek DIY apa yang sedang Anda kerjakan saat ini? Biasanya, seorang laki-laki gemar mengotak-atik suatu benda dan menjadi sebuah keahlian sendiri. Bukan berarti hal tersebut dilakukan oleh laki-laki saja bahkan perempuan pun juga tidak kalah ahli dalam hal tersebut. Terlepas dari hal tersebut, untuk mendapatkan hasil yang bagus maka dibutuhkan ketelitian dan polesan cat yang bagus. Adakalanya seseorang akan memilih tampilan yang cerah dan menarik untuk dilihat sehingga membuat ruangan terkesan lebih hidup.

Warna solid adalah warna yang juga banyak digemari oleh masyarakat di dunia. Bagi Anda yang sudah terbiasa melakukan proek DIY tentu sudah tidak asing lagi dengan berbagai hal finishing begitu pula untuk tampilan solid opaque. Sayangnya, untuk menciptakan solid opaque membutuhkan banyak persiapan dan bahkan memakan banyak waktu dan tenaga. Bagi seorang yang tengah melakukan proyek DIY tentu hal tersebut kurang nyaman dilakukan.

CS Biovarnish

Pada umumnya, untuk hasil warna solid opaque yang bagus dan optimal membutuhkan banyak persiapan seperti pengaplikasian primer coat dan proses pengamplasan yang halus dan hati-hati. Tidak jarang pula, proses pengeringan juga menjadi salah satu keluhan para aplikator. Sehingga proyek DIY yang dilakukan membutuhkan waktu berhari-hari agar mendapatkan hasil yang bagus dan optimal.

Untuk mempermudah proses finishing dan tidak membutuhkan banyak persiapan, kini telah hadir chalk paint. Apa yang dimaksud dengan chalk paint? Bagi seorang yang sudah berkecimpung dalam bidang finishing, chalk paint sudah dianggap biasa namun cukup sulit didapatkan di Indonesia. Sehingga untuk mendapatkan tampilan menggunakan chalk paint maka harus membeli cat tersebut dari luar negeri. Tentu saja hal tersebut akan mengeluarkan banyak biaya, padahal ketika Anda ingin melakukan proyek DIY sebisa mungkin dapat memangkas biaya pengeluaran namun mendapatkan hasil yang memuaskan, bukan?

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Finishing Chalk Paint

Untuk memberikan hasil yang bagus dan menarik maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika mengaplikasikan chalk paint. Sebelum membahas apa saja yang harus diperhatikan, akan lebih baik jika mengenal apa yang disebut dengan chalk paint.

Biasanya orang-orang akan salah mengartikan antara chalk paint/cat kapur dengan chalkboard paint. Tentu saja keduanya berbeda, chalk pain memang dikhususkan untuk finishing tampilan permukaan media layaknya terlapisi kapur. Sedangkan chalkboard paint pada umumnya memang digunakan untuk melapisi papan untuk menulis dengan kapur. Nah, chalk paint sendiri lebih sederhana diaplikasikan dan tidak membutuhkan persiapan yang banyak. Maka dari itu, chalk paint kini sangat populer di kalangan aplikator finishing furniture.

Tampilan apa saja yang dapat menggunakan chalk paint? Untuk segi tampilan, Anda dapat memberikan kesan matte pada permukaan kayu sehingga terkesan tanpa terlapisi cat terlebih jika menggunakan chalk paint yang benar-benar terlihat seperti kapur.

  • Tampilan Solid Opaque

Chalk paint dapat Anda gunakan untuk tampilan furniture agar terkesan lebih modern seperti untuk finishing furniture minimalis modern yang notabene menggunakan tampilan solid opaque. Caranya adalah dengan mengaplikasikan dua kali chalk paint pada permukaan kayu.

  • Kombinasi Dua Warna

Bagi Anda yang suka tampilan klasik seperti warna cat yang terkikis sehingga menampakkan dua atau lebih warna cat maka Anda dapat menyapukan chalk paint dengan dua macam warna. Tampilan tersebut bisa dikenal dengan tampilan patina dan banyak furniture yang menerapkan tampilan tersebut, pada umumnya digunakan untuk rumah-rumah dengan konsep industrial. Untuk menciptakan kombinasi warna yang menarik tersebut maka sebaiknya lapisan pertama adalah menggunakan cat dengan warna yang lebih tua kemudian dilanjutkan dengan menyapukan lapisan cat yang lebih terang

  • Tampilan Mengkilap

Nah, pada dasarnya chalk paint adalah cat dengan tampilan matte sehingga untuk mendapatkan tampilan yang sedikit mengkilap atau satin maka Anda dapat mengaplikasikan wax setelah media finishing diaplikasikan chalk paint. Jika menginginkan hasil yang lebih mengkilap lagi maka Anda dapat mengaplikasikan chalk paint kemudian dilanjutkan dengan mengaplikasikan topcoat tampilan gloss.

Finishing Chalk Paint dan Wax Untuk Menciptakan Tampilan Satin

Pernah kah Anda menyangka bahwa tampilan satin dapat Anda ciptakan dengan tangan Anda sendiri? Warna satin merupakan tampilan yang sedikit mengkilap namun tidak memberikan efek seperti kaca. Tampilan ini cukup jarang sehingga menjadi sebuah karya seni yang artistik dan mengesankan.

Jika Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan chalk paint, maka tidak perlu khawatir lagi. Kini Anda dapat mendapatkannya dengan mudah di Indonesia, tentu saja dengan harga yang lebih terjangkau. Yakni BioDuco Chalk Paint. Chalk paint yang terbuat dari air dan latex asli Indonesia dengan kualitas merk chalk paint luar negeri. Formula bahan-bahan yang digunakan pada chalk paint ini telah disesuaikan dengan standar regulasi US EPA (Enviromental Protection Agency) dan ECHA-Reach. Sehingga chalk paint tersebut benar-benar aman dan nyaman untuk digunakan.

Periapan Pra Finishing

  • Media finishing

Pastikan media finishing yang akan digunakan yakni kayu telah siap untuk digunakan. Sebaiknya gunakan kayu yang memiliki tingkat kekeringan MC <15% dan sudah diamplas sehingga permukaannya lebih halus. Pengamplasan tersebut juga berlaku untuk media yang akan di refinishing menggunakan chalk paint.

  • Pengamplasan

Untuk pengamplasan berbeda ketika Anda menggunakannya pada saat finishing menggunakan cat duco atau cat kayu lainnya. Ketika menggunakan chalk paint maka Anda hanya butuh pengamplasan yang lebih ringan dan halus. Anda dapat menggunakan grit amplas no. 400 untuk grit amplas yang paling halus agar permukaan lebih natural.

  • Metode Finishing

Untuk metode finishing menggunakan chalk paint maka disarankan untuk menggunakan metode finishing kuas. Dengan menggunakan kuas justru memberikan hasil finishing yang unik dan berkarakter. Anda tidak perlu melapisinya dengan kain, melainkan gunakan ujung kuas untuk menyapukan chalk paint pada permukaan media finishing.

Teknik Finishing Dengan Chalk Paint

  • Setelah media finishing tersebut siap diaplikasikan maka aplikasikan terlebih dahulu BioDuco Wood Putty untuk meratakan tampilan warna permukaan kayu sekaligus menyamarkan cacat pada kayu
  • Aplikasikan BioDuco Chalk Paint

Larutkan terlebih dahulu menggunakan air dengan perbandingan 2 bahan cat: 1 air lalu aduk hingga larutan tersebut homogen.

Sapukan cat tersebut menggunakan kuas memanjang ke seluruh permukaan kayu. Anda tidak perlu khawatir apabila tampilan terlalu tebal, Anda menyapukan kembali ke permukaan kayu dengan tekanan ringan. Pada tahap ini, tidak membutuhkan tampilan yang kuat dan sempurna melainkan tampilan yang natural.

Setelah diapliakasikan ke seluruh permukaan kayu, diamkan dalam suhu ruangan selama 1 jam. Pastikan ruangan tersebut memiliki sirkulasi udara yang bersih dan memiliki kelembaban yang tepat

Setelah kering, amplas ambang secara ringan menggunakan kertas amplas no. 400

  • Aplikasikan Bioploish Beeswax

Setelah permukaan media finishing diaplikasikan coating. Anda dapat mengunci tampilan coating dan memberikan kesan sedikit mengkilap dengan mengaplikasikan Biopolish Beeswax. Cukup dioleskan saja menggunakan kain bersih ke permukaan kayu secara keseluruhan.

Pemesanan

Untuk mendapatkan produk-produk diatas yakni BioDuco Chalk Paint, BioDuco Wood Putty, Biopolish Beeswax ataupun produk finishing ramah lingkungan lainnya, Anda dapat langsung menghubungi kontak hotline yang tercantum pada website ini. Atau Anda dapat melakukan pembelian melalui Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries.

Untuk konsultasi finishing atau pembelian offline, Anda dapat langsung mengunjungi Bio Service Point di

Yogyakarta: Jl. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta

Via Telp/Fax 0274 388301

Cirebon: Jl. Escot No. 42 Rt. 014/Rw. 04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat

Via Telp/Fax 0231 320759

Jepara: Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah

Via Telp/Fax 0291 598992

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here