Harga Cat Kayu Yang Bagus Biovarnish Berkualitas di Indonesia

826

Siapa sangka untuk menggunakan cat tidak sekedar asal begitu saja. Banyak produk cat yang selama ini beredar di pasaran menggunakan standar umum yang notabene kandungan bahannya pun perlu dikaji kembali.

Tidak sedikit cat di pasaran menggunakan bahan-bahan kimia yang justru berbahaya. Faktanya, beberapa cat mengandung bahan-bahan kimia seperti arsenic, timbal ataupun merkuri.

Seperti yang diketahui, kandungan bahan kimia yang disebutkan diatas merupakan kategori bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan.

CS Biovarnish

Selain penggunaan bahan kimia, cat yang masih banyak beredar pada umumnya adalah cat yang terbuat dari minyak. Cat ini memang memberikan tampilan gloss yang mengkilap sempurna sayangnya terdapat beberapa kekurangan, diantaranya

  • Cat dengan kandungan minyak justru memicu senyawa organik (VOC) meningkat
  • Penggunaan minyak membuat aroma pada cat semakin menyengat dan tidak nyaman bagi pernafasan
  • Kandungan minyak pada cat justru membuat cat lama kering
  • Minyak pada cat tersebut juga membuat lapisan cat akan mudah menguap sehingga memicu tampilan furniture lebih cepat kusam

Sudah paham, bukan. Kenapa cat kayu mengeluarkan bau menyengat dan lebih cepat kusam? Faktor utamanya adalah kandungan minyak pada cat. Sayangnya, meskipun masyarakat sudah mengetahui berbagai kekurangan dari cat tersebut masih tetap menggunaan cat berbahan minyak ini.

Proses finishing memang diperlukan untuk perabotan kayu guna memberikan tampilan serta melindungi kayu tersebut tidak rusak. Maka dari itu dibutuhkan cat kayu yang praktis dan mudah ditemukan di pasaran seperti cat berbahan minyak.

Alasan masih banyak masyarakat yang menggunaan cat berbahan minyak tersebut adalah lebih mudah ditemukan, harganya yang terjangkau dan mudah diaplikasikan.

Disisi lain, kekurangan dari cat berbahan minyak atau solvent adalah kurangnya ketahanan terhadap beberapa faktor yang bisa menyebabkan cat cepat rusak seperti debu, jamur, cuaca atau bahkan proses oksidasi.

Cat yang menggunakan minyak akan lebih mudah teroksidasi sehingga membuat cat akan mudah retak-retak atau pecah. Hal ini dikarenakan cat berbahan minyak tersebut daya rekatnya tidak dapat bertahan lama.

Berbagai masalah yang terjadi pada cat berbahan minyak kini bisa Anda atasi dengan menggunakan cat berbahan dasar air. Cat ini bukan lah cat yang biasa digunakan untuk melukis, cat tembok atau pun yang lainnya melainkan khusus digunakan sebagai cat kayu.

Cat kayu berbahan dasar air merupakan inovasi teknologi terbaru dalam dunia finishing untuk mendapatkan hasil yang optimal namun tetap aman digunakan. Cat kayu berbahan dasar air tersebut memang tidak berbahaya bahkan kepada anak-anak karena tingkat VOC yang rendah dan tidak terkandungan bahan kimia berbahaya.

Di Indonesia, kini sudah bermunculan cat berbahan dasar air di toko-toko retail. Salah satu cat kayu berbahan dasar air yang direkomendasikan di Indonesia adalah Biovarnish.

Harga cat kayu yang bagus Biovarnish tergolong terjangkau dibandingkan dengan cat water based dari merk dagarng luar negeri.

Finishing Cat Kayu Yang Aman

Biovarnish yang merupakan cat water based merupakan cat yang diformulasikan sebagai pengganti cat kayu solvent based atau cat berbahan minyak seperti plitur atau pernis.

Karena sebagai pengganti dari plitur atau pernis maka tampilan warna yang dihasilkan adalah warna-warna kayu atau transparan natural kayu. Menariknya, Biovarnish memiliki 20 varian warna kayu yang dapat Anda pilih sesuai dengan tampilan yang Anda inginkan.

Cat water based Biovarnish tidak perlu menggunakan pelarut thinner atau spiritus untuk melarutkan cat. Melainkan, cat kayu tersebut hanya cukup menggunakan air. Pastikan air yang digunakan adalah air bersih karena air juga akan mempengaruhi konsentrasi warna cat.

Biovarnish sangat mudah diaplikasikan ke semua media dari serat alam baik kayu, rotan, bambu, enceng gondok dll. Dan juga bisa digunakan untuk finishing kayu olahan seperti MDF, plywood, multiplek dll.

Daya rekatnya yang tinggi dan transparansi warnanya yang tajam membuat Biovarnish ini memberikan hasil yang optimal ketika diaplikasikan ke berbagai jenis media serat alam. Sehingga serat pada media yang terlapisi Biovarnish akan tampak lebih tajam.

Untuk mendapatkan hasil yang tajam sempurna, memang dibutuhkan ketrampilan dan ketelitian. Bagi Anda yang masih awam tidak perlu khawatir karena Biovarnish menjadi solusi terbaik.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal tentu saja membutuhkan langkah finishing yang tepat. Masih banyak orang melakukan kesalahan saat mengecat furniture adalah hanya menggunakan plitur atau wood stain saja.

Faktanya, terdapat berbagai masalah yang seringkali muncul baik dari kualitas kayu, kualitas cat ataupun teknik finishing yang digunakan. Untuk menghindari hal tersebut maka dibutuhkan latihan secara rutin.

Latihan secara rutin dapat membiasakan tangan Anda dalam mengecat. Hal ini juga berpengaruh dalam menentukan jenis cat yang dipilih. Karena dengan latihan maka Anda akan mengetahui kekurangan apa saja yang terjadi selama di lapangan ketika mengecat.

Standar finishing untuk hasil yang bagus layaknya dilakukan oleh seorang professional adalah tidak hanya menggunakan satu jenis saja seperti wood stain. Melainkan beberapa cat tergantung masalah dan tampilan yang diinginkan.

Ketika memilih tampilan natural kayu maka ada beberapa cat yang dapat digunakan, diantaranya adalah

Wood Filler. Wood filler atau dempul kayu ini kegunaannya bisa dibedakan menjadi dua macam yakni

  • Untuk tampilan close pore atau pori-pori tertutup. Dempul kayu bertujuan untuk menutup pori-pori kayu. Namun, jika tampilan yang diinginkan adalah open pore maka Anda dapat melewati pengaplikasian wood filler ke permukaan kayu
  • Untuk menyamarkan cacat pada kayu. Dempul kayu memang sering digunakan untuk menyamarkan cacat pada kayu seperti mata kayu, kantung minyak, bekas paku dll

Wood Stain. Cat ini lah yang sering dikenal oleh orang dengan plitur atau pernis. Padahal, wood stain sendiri terdiri dari berbagai cat seperti melamin, NC ataupun cat water based. Cat ini bertujuan untuk memberikan tampilan warna pada permukaan kayu. Jika untuk tampilan natural kayu maka berfungsi untuk mempertajam tampilan kayu tersebut.

Sanding Sealer. Penggunaan sanding sealer ini bukan suatu keharusan namun untuk hasil yang lebih halus maka Anda dapat mengaplikasikan sanding sealer. Cat ini dapat diaplikasikan langsung ke permukaan kayu tanpa lapisan wood filler dan sebelum wood stain atau diaplikasikan setelah wood stain. Tujuan dari sanding sealer adalah memperhalus tekstur kayu sehingga memberikan hasil cat yang lebih halus, rapid an optimal

Topcoat. Topcoat merupakan cat kayu yang digunakan sebagai lapisan akhir saat finishing. Topcoat ini bertujuan untuk mengunci warna dan atau memberikan sentuhan akhir seperti matte, doff ataupun gloss.

Dari berbagai paparan cat yang digunakan untuk finishing diatas, apakah cat water based dapat dipadukan dengan cat solvent based? Pertanyaan yang mungkin banyak mengganggu para pemula.

Cat water based memang masih baru di Indonesia sehingga tidak jarang masih sedikit cat tersebut yang beredar di pasaran. Sebagai solusinya, adakalanya orang lebih memilih cat solvent based dibandingkan cat water based karena dipandang mudah didapatkan.

Apakah boleh dipadukan? Sangat tidak disarankan karena keduanya merupakan dua bahan cat yang sulit untuk menyatu. Tentu saja hasilnya tidak akan optimal karena kandungan bahan yang berbeda dan ketahanan yang diberikan pun berbeda.

Tidak perlu khawatir, Biovarnish sudah terdapat varian lengkap untuk finishing natural kayu bahkan Biovarnish juga terdapat cat glaze yang digunakan untuk memberikan sentuhan tampilan klasik.

Produk-produk Biovarnish yang dapat Anda gunakan diantaranya adalah Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Sanding Sealer, Biovarnish Glaze dan Biovarnish Clear Coat.

Masalah harga cat kayu yang bagus Biovarnish tentu sangat terjangkau, Anda tidak perlu mengeluarkan badget untuk membeli bahan pelarut seperti thinner. Apapbila Anda kesulitan dalam proses pengering pada saat cuaca hujan, Anda tidak perlu mengeluarkan badget tambahan seperti listrik karena membutuhkan bantuan lampu LED.

Dengan cat water based Biovarnish maka Anda cukup mengeluarkan badget catnya saja, tidak perlu membeli bahan pelarut karen cukup menggunakan air yang mudah dijumpai di lingkungan sekitar Anda.

Selain itu, bagi Anda yang selalu kebingungan ketika  akan mengeringkan perabotan kayu di musim hujan , dengan cat water based maka Anda hanya cukup membutuhkan ruang yang teduh maka perabotan kayu akan kering dengan sendirinya.

Cat kayu Biovarnisah sangat mudah diaplikasikan sebab tarikan kuasnya yang ringan. Agar mempermudah proses finishing, berikut teknik aplikasi cat water based Biovarnish yang tepat:

  1. Ampelas kayu untuk menghilangkan kotoran atau sisa minyak kayu yang masih menempel pada permukaan kayu
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler dengan pisau palet untuk menyamarkan cacat kayu. Setelah dilarutkan air, aplikasikan ke bagian yang cacat. Lalu diamkan selama 20-30 menit dan apabila sudah kering maka amplas dengan kertas amplas no. 320
  3. Apliaksikan Biovarnish Wood Stain menggunakan kuas ke seluruh permukaan kayu, tunggu hingga kering selama 60 menit. Dan apabila sudah kering sentuh, amplas ambang menggunakan kertas amplas no. 400
  4. Aplikasikan Biovarnish Clear utuk hasil lebih maksimal. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu lalu diamkan selama 24 jam.

Harga Cat Kayu yang Bagus Biovarnish

Cat water based Biovarnish merupakan cat kayu yang sudah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan  bahan kimia seperti European Chemical Agency (ECHA-Reach) dan US Enviromental Protection Agency(EPA).

Kedua regulasi diatas akan sering Anda jumpai ketika perabotan kayu Anda akan masuk ke ranah pasar internasional. Regulasi tersebut sering menjadi rujukan bagi perabotan kayu yang akan di ekspor ke luar negeri terutama daerah Amerika dan Eropa.

Gunakan cat kayu yang aman untuk digunakan demi kenyamanan serta stabilitas lingkungan. Informasi dan pemesanan cat kayu yang bagus dengan harga cat kayu water based Biovarnish terjangkau, langsung saja menghubungi kontak yang sudah tercantum pada website.

Atau Anda juga dapat melakukan konsultasi finishing kayu ataupun pemesanan produk Biovarnish melalui alamat e-mail Bioindustries yakni [email protected]

Jika Anda ingin melakukan pemesanan lebih praktis, Anda dapat mengunjungi marketplace Bioindustries yakni

BukaLapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

TokoPedia : https://www.tokopedia.com/biopaint102

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here