Bagaimana Cara Membuat Plitur Kayu Sendiri?

47
Bagaimana Cara Membuat Plitur Kayu Sendiri?

Bahan finishing kayu tersedia dalam banyak varietas karena ada banyaknya jenis kayu. Dan, mereka semua punya waktu, tempat, dan penggunaan. Mungkin hasil akhir kayu yang paling berguna Di kabinet para DIY adalah pernis alami buatan sendiri. Kabar baiknya adalah, Anda dapat membuatnya sendiri juga! Harganya jauh lebih sedikit daripada toko yang dibeli varietas dan Anda dapat menyesuaikannya agar sesuai dengan proyek Anda dengan sempurna.

Finishing kayu yang banyak digunakan secara teknis adalah plitur yang aplikasinya dengan kain. Kadang-kadang disebut campuran minyak dan pernis. Ada dua manfaat besar untuk jenis plitur buatan sendiri ini.

  • Bahan ini adalah “lapisan tembus”. Itu berarti itu meresap jauh ke dalam kayu dan melindungi dan memperkuat kayu dari dalam ke luar. Kebanyakan lapisan plitur hanya melapisi di atas kayu dan sekali tergores, perlindungan mereka hilang.
  • Sangat mudah untuk diterapkan. Ini adalah proses yang memakan waktu untuk membangun lapisan coating yang diperlukan, tetapi itu adalah bukti yang hampir perlu untuk diterapkan. Tidak ada gelembung atau bekas kuas yang perlu dikhawatirkan.

Kebanyakan DIY yang sudah menjadi profesional lebih suka menggunakan jenis finishing pada furnitur, pegangan tangga, dan setiap permukaan kayu yang perlu tidak hanya terlihat bagus, tetapi merasa hebat. Hasil akhir ini akan memberi sentuhan tangan pada kayu Anda dan sangat “dekat dengan kayu” terasa tidak seperti lapisan plastik yang menutupi permukaan.

Plitur buatan sendiri ini bahkan dapat digunakan di lantai, tetapi umumnya tidak direkomendasikan karena waktu yang dibutuhkan untuk membuat lapisan coating untuk kebutuhan ini cukup sangat mahal. Itu terjadi dalam mantel yang sangat tipis dan karena itu memakan waktu untuk menerapkan banyak lapisan coating yang dibutuhkan. Tapi itu sangat berharga!

Resep Pembuatan Plitur

Siapkan wadah yang dapat ditutup dan campurkan ke dalamnya dengan bahan-bahan berikut ini:

  • 1 bagian thinner
  • 1 bagian Linseed Oil murni yang direbus
  • 1 bagian Satin Polyurethane

Ini adalah formula standar yang banyak digunakan. Anda dapat memodifikasinya dengan berbagai cara. Untuk penggunaan outdoor, Anda dapat mengganti spar varnish untuk poliuretan biasa. Anda juga dapat menggunakan Linseed Oil murni dan kurang dengan setiap lapisan berturut-turut. Linseed Oil murni memperlambat proses pengeringan, tetapi ini adalah bahan yang memberikan karakteristik tembus. Linseed Oil murni sangat penting dalam 3 atau 4 lapis pertama, tetapi setelah itu, saya biasanya mengurangi hanya sekitar 10% Linseed Oil murni dan 45% thinner. Bereksperimenlah dan temukan apa yang berhasil untuk Anda.

Plitur yang telah dibuat paling baik diterapkan pada kayu kosong yang diampelas halus. Jangan mengamplas lebih halus dari amplas grit 220, atau plitur tidak akan meresap juga. Anda dapat menggunakan T-shirt atau lap lama untuk mengoleskan permukaan setelah permukaan bersih dari debu.

Bagaimana Cara Membuat Plitur Kayu Sendiri?Cukup celupkan lap ke dalam campuran plitur dan gunakan dengan SANGAT secara bebas ke permukaan. Anda bisa mengaplikasikan lebih tebal terutama pada beberapa mantel pertama. Plitur akan meresap ke dalam kayu cukup cepat tergantung pada spesiesnya. Terus tambahkan lebih banyak hingga berhenti meresap.

Setelah kayu terlapisi dan basah, diamkan sekitar 30 menit dan kemudian kembali dan bersihkan kelebihannya. Biarkan plitur kering selama 8-12 jam dan kemudian kembali dan ulangi proses dengan menambahkan lapisan lain.

Setiap lapisan lainnya, pastikan untuk mengamplas permukaan dengan amplas 400 untuk meratakan setiap titik tinggi di bagian akhir dan menghaluskan permukaan. Jika plitur itu mengotori ampls dan bukan sebagai debu halus, maka Anda harus menunggu lebih lama di antara lapisan plitur.

Lanjutkan proses ini untuk sekitar 6-8 lapisan. Kayu akan menyerap kurang dan kurang dari plitur dengan setiap lapisan berturut-turut, dan pengamplasan amplas yang berkelanjutan akan membuat permukaan halus.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here