Cara Mendempul Kayu Yang Tepat

538
cara-dempul-kayu

Cara mendempul kayu yang akan digunakan sebagai bahan furniture atau konstruksi bangunan harus dilakukan dengan tepat agar mudah dilapisi cat selama proses finishing.

Kayu merupakan media dari alam yang sering digunakan sebagai bahan furniture. media ini sangat mudah dijumpai di Indonesia denganĀ  kualitas yang beragam. Bahkan jenis kayu sendiri sangat banyak dan peminatnya pun tidak sedikit.

Kayu yang digunakan untuk furniture, tidak semua memiliki tekstur yang bagus. Kadangkala terdapat bagian-bagian yang cacat sehingga perlu diaplikasikan dempul. Cara mendempul kayu pun perlu diperhatikan selama proses finishing.

Cara Mendempul Kayu Yang Benar Selama Proses Finishing

Proses finishing merupakan tahapan akhir untuk furniture untuk mendapatkan tampilan yang maksimal. Bahkan pada proses ini sangat menentukan nilai kualitas dari furniture. Bahkan terdapat beberapa teknik finishing yang digunakan pada furniture, salah satunya adalah finishing dengan tampilan natural kayu.

cara-dempul-kayu

Tampilan natural kayu merupakan salah satu finishing yang banyak digunakan di Indonesia. Tampilan ini sangat cocok digunakan untuk segala macam konsep hunian rumah, mulai dari konsep klasik, minimalis ataupun modern.

Proses finishing seperti cara mendempul kayu juga perlu diperhatikan karena dempul tersebut bertujuan tidak hanya menyamarkan cacat pada kayu namun juga digunakan untuk menutup pori-pori kayu. Tujuan dari pori-pori kayu tersebut ditutup adalah agar lapisan cat dapat sama rata bahkan menentukan tingkat bonding dari cat tersebut.

Gunakan dempul kayu dengan bahan water based sebab dempul ini jauh lebih aman digunakan. Serbuk dempul ketika diampelas tidak menimbulkan gangguan kesehatan ataupun lingkungan. Anda dapat menggunakan Biovarnish Wod Filler serta varian lengkap cat water based untuk proses finishing furniture Anda.

Berikut cara mendempul kayu yang tepat dalam proses finishing:

Pertama, pastikan media kayu yang digunakan kering. Ampelas permukaan kayu tersebut untuk menghilangkan debu atau kotoran lainnya yang masih menempel.

Kedua, campurkan Biovarnish Wood Filler dengan air secukupnya. Kemudian aplikasikan dempul tersebut menggunakan pisau palet ke seluruh permukaan kayu. Tunggu hingga kering kurang lebih 20 menit, kemudian ampelas menggunakan ampleas no. 240 atau 400.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here