Aplikasi Dempul Salah, Hasil Finishing Pun Kasar. Ini Cara Yang Benar

1275

Furniture akan tampil lebih rapi asal cara aplikasi dempul dilakukan dengan benar. Lalu bagaimana kah aplikasi dempul yang benar ?

Furniture merupakan salah satu komponen ruang yang berfungsi untuk meletakkan barang sesuai dengan kebutuhannya. Namun, furniture juga dapat berfungsi sebagi penghias ruangan. Furniture sebagai penghias ruangan biasnaya disesuaikan dengan nuansa dalam ruangan tersebut. Pasalnya, furniture selalu mengalami perkembangan desain sesuai dengan tren yang ada. Sedangkan saat ini, tren furniture yang digunakan cenderung minimalis ataufurniture knock down karena fungsinya yang lebih sederhana dan tidak memakan tempat yang banyak.

Furniture jenis ini biasanya murni menggunakan kayu solid atau dikombiasikan dengan besi. Meskipun demikian, tetap saja furniture membutuhkan pulasan cat untuk memperindah sekaligus melindungi furniture agar lebih tahan lama. Sebab, tampilan furniture yang indah juga sangat berpengaruh pada suasana ruangan. Sayangnya, apabila menggunakan media finishing dari kayu atau serat alam maka rawan terhadap cacat kayu seperti mata kayu, kantung minyak, bekas pemotongan, bekas paku dan lain sebagainya.  Dan untuk mengatasi masalah tersebut maka dibutuhkan pengaplikasian dempul kayu.

CS Biovarnish

Namun hal tersebut belum selesai karena hasil dempul bisa saja terlihat kasar dan tampilan furniture tidak begitu rapi karena aplikasi dempul yang kurang tepat. Cara aplikasi dempul yang tidak benar akan menampilkan pori-pori atau lubang kayu belum tertutup sempurna bahkan dempul akan bergelembung. Maka dari itu, aplikasi dempul juga perlu diperhatikan.

Baca Juga : cara menggunakan dempul kayu yang tepat

Langkah Finishing Dengan Cara Aplikasi Dempul Yang Benar

Cara Dempul Kayu Jati dengan Wood Filler Water BasedFurniture yang indah dengan permukaannya yang halus akan memberikan hasil memuaskan bagi konsumen. Selain itu, dengan hasil finishing yang bagus tentu akan berpengaruh pada harga jual dan nilai estetika pada furniture tersebut. Maka dari itu, cara aplikasi dempul yang kurang tepat akan berdampak buruk pada tampilan furniture. da mengurangi nilai keindahan dari furniture tersebut. Agar tmendapatkan hasil finishingyang optimal dan idak salah saat mengaplikasikan dempul maka berikut adalah langkah mudah mengaplikasikan dempul pada saat finishing:

  • Pastikan kayu atau media finishing yang digunakan sudah kering khusus untuk serat alam sebaiknya MC berada pada tingkat 12% atau kurang dari 15%.
  • Sebelum mengaplikasikan dempul, alangkah baiknya ampelas permukaan kayu untuk menghilangkan kotoran, debu atau minyak yang masih tertempel pada permukaan kayu.
  • Aplikasikan dempul dengan cara scrape menggunakan pisau atau alat khusus dempul searah serat kayu.
  • Keringkan di bawah sinar matahari agar dempul tersebut cepat kering
  • Setelah mengering, ampelas kembali permukaan kayu terutama pada bagian-bagian yang telah diaplikasikan dempul.
  • Lakukan langkah di atas sampai pori-pori atau cacat pada permukaan kayu tertutup sempurna.

Tidak hanya karena proses pengaplikasian dempulnya yang kurang tepat, adakalanya kualitas dari dempul kayu juga menentukan hasil finishing. Dempul yang bagus adalah dempul kayu yang memiliki daya rekat yang kuat dan mudah untuk diamplas. Sehingga ketika diamplas tidak keras dan permukaan media yang terlapisi pun lebih halus dan rata. Cukup sulit jika harus menentukan produk finishing dari merk dempul karena setiap merk memiliki fitur unggulan yang berbeda-beda.

Alangkah baiknya Anda menggunakan dempul yang aman dan ramah lingkungan. Pada umumnya, dempul yang di jual di pasaran merupakan dempul solvent based. Dempul tersebut menggunakan bahan pelarut minyak seperti thinner, methanol, dan turunan minyak lainnya. Karena kandungan kimia dan VOC-nya yang sangat tinggi, justru berbahaya bagi kesehatan ataupun lingkungan. Maka dari itu, disarankan untuk tidak menggunakan dempul solvent based pada penggunaan aplikasi finishing. Sebab, dempul atau cat dengan bahan solvent akan mengakibatkan masalah kesehatan baik dalam jangka pendek ataupun jangka panjang.

Di Indonesia, keberadaan dempul kayu dengan bahan water based cukup langka. Sebab, cat water based merupakan teknologi baru dalam bidang finishing. Terciptanya cat water based ini bertujuan untuk menggantikan cat solvent based yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Bahkan cat water based sudah banyak digunakan oleh negara-negara maju di dunia. Seperti di Amerika, penggunaan cat water based justru lebih banyak diminati dan sedangkan cat solvent based mulai dilarang penggunaannya. Bagi seorang yang berkecimpung dalam bidang finishing atau Anda memiliki usaha mebeling atau kerajinan maka sudah tidak asing lagi dengan istilah cat water bassed. Pasalnya, pasar internasional saat ini mulai memperhatikan kandungan bahan yang aman. Terdapat beberapa negara juga mulai melarang penggunaan cat solvent based dan diganti dengan cat water based.

Dempul water based di Indonesia yang dapat Anda gunakan adalah BioColours Wood Putty. Dempul water based Wood Putty menggunakan bahan yang khusus diformulasikan dengan standarisasi keamanan dan kesehatan bahan kimia dari Uni Eropa ECHA Reach Regulation Compliance dan kandungan VOC jauh di bawah ambang batas yang ditetapkan oleh US-Enviromental Protection  Agency (EPA). Karena kandungan bahannya yang aman, dempul tersebut juga aman untuk finishing furniture bayi ataupun mainan anak-anak. Sehingga ketika diaplikasikan pada mainan anak-anak membuat orang tua merasa lebih nyaman karena tidak berdampak buruk pada kesehatan atau lingkungan.

Dempul tersebut sangat cocok diaplikasikan pada media kayu solid, mdf, pywood, rotan dan bambu. Dengan dilengkapi daya tutup yang baik, solid content dan daya rekat yang tinggi, mudah diampelas serta cepat kering. Sehingga hasil finishing akan terlihat lebih halus dan warna finishing terkesan lebih tajam. Produk finishing ini direkomendasikan untuk finishing furniture baik indoor ataupun outdoor karena memiliki standar sesuai dengan standarisasi keamanan internasional dan kualitasnya yang bagus.

Untuk langkah finishing BioDuco Wood Putty hampir mirip dengan dempul kayu pada umumnya. Daripada penasaran, berikut langkah finishing untuk warna solid:

  • amplas terlebih dahulu permukaan media finishing menggunakan kerta amplas hingga permukaan meia finishing tersebut agar cat lebih mudah merekat
  • bersihkan debu sisa pengamplasan
  • larutkan BioDuco Wood Putty dengan air lalu aduk hingga homogen. Kemudian aplikasikan dengan cara scrape ke seluruh permukaa media finishing baik untuk menyamarkan cacat pada media finishing atau bertujuan untuk menutup pori-pori
  • lalu diamkan dalam suhu ruangan kurang lebih 30  menit
  • apabila sudah kering, amplas permukaan media finishing yang telah dilapisi BioDuco Wood Putty tersebut
  • Kemudian dilanjutkan dengan pengaplikasikan BioDuco Primer Coat atau langsung diaplikasikan BioDuco.

Produsen cat lokal yang menyediakan  BioColours juga tidak hanya menawarkan produk finishing untuk tampilan warna solid saja melainkan juga warna lain yakni warna natural kayu. Untuk menciptakan warna natural kayu maka Anda dapat menggunakan Biovarnish. Cat kayu berbahan dasar air khusus warna natural kayu tersebut juga terdiri dari berbagai varian produk mulai dari produk basecoat, maincoat dan topcoat. Tidak hanya itu saja, produsen cat lokal Bio Industries ini juga menyediakan kebutuhan treatment seperti WA 250 yang bertujuan untuk bleaching kayu. Bahan bleaching kayu ini lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan H2O2 bahkan tidak menyebabkan sekitarnya teroksidasi dan tampilan yang dihasilkan cenderung cerah alami. Berbeda dengan H2O2 yang justru kayu terlihat putih pucat dan terkesan tidak natural.

Sedangkan untuk treatment baik sebelum finishing ataupun sebagai perawatan maka Anda dapat menggunakan BioCide SPF, BioCide Wood Fungicide atau BioCide Insecticide yang mana digunakan untuk melindungi kayu dari serangan jamur atau serangga. Sedangkan untuk perawatan kayu maka Anda bisa menggunakan Biopolish Linseed oil atau Biopolish Beeswax. Anda juga bisa menggunakannya untuk finishing perabotan kayu atau serat alam yang cenderung ukurannya lebih kecil dibandingkan furniture. Nah, untuk Biopolish Beeswax ini digunakan untuk perawatan food grade pada furniture.

Untuk pemesanan dan informasi lebih lengkap mengenai dempul BioColours Wood Putty atau produk ramah lingkungan lainnya maka silahkan menghubungi Bio Industries via telp. pada kontak yang telah tertera pada website. Apabila Anda berada di area Yogyakarta dan sekitarnya silahkan mengunjungi langsung ke kantor Bio Industries di Jl. Sidikan No. 94, Yogyakarta. Untuk memudahkan, Anda juga dapat melakukan pemesanan melalui marketplace yakni https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased atau https://www.tokopedia.com/bioindustries.

Nah, apakah Anda masih ingin menggunakan produk yang berbahaya bagi kesehatan Anda dan orang-orang yang Anda sayangi? Tentu tidak, bukan? Maka dari itu, disarankan menggunakan dempul water based sejak sekarang agar lebih aman dan ramah lingkungan. Dengan menggunakan produk-produk ramah lingkungan maka Anda sudah turut andil dalam menjaga lingkungan sekitar Anda.

Dengan ulasan di atas semoga memudahkan Anda untuk mengetahui cara aplikasi dempul yang benar pada furniture. Dan menambah informasi mengenai pentingnya penggunaan produk-produk ramah lingkungan. Maka dari itu, disarankan menggunakan dempul water based sejak sekarang agar lebih aman dan ramah lingkungan.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here