Inilah Harga Dempul Kayu Bagus Untuk Finishing Furniture Kayu

1431

Harga dempul kayu bagus sangat bergantung dari bahan yang digunakan. Disarankan menggunakan bahan yang aman dan ramah lingkungan.

Apa yang akan Anda lakukan apabila terdapat bagian furniture Anda retak atau bolong yang cukup besar? Tidak banyak orang akan mengatasinya dengan mendempul bagian yang rusak tersebut. Sehingga bagian furniture yang cacat akan kembali terlihat baru layaknya saat baru dibeli. Namun, akan lebih baik jika dilanjutkan dengan refinishing untuk menyamakan tampilan furniture agar tampak lebih rapi dan warna sama rata. Sayangnya, masih banyak orang merasa abai atau santai ketika mendapatkan furniture miliknya retak atau terdapat bagian yang rusak. Jika dibiarkan, kemungkinan rusak pada bagian tersebut semakin melebar.

Biasanya, furniture yang mengalami retak atau bolong terjadi pada serat alam seperti kayu atau bambu. Material tersebut memang sangat rentan retak jika tidak ditangani dengan tepat. Maka dari itu, sebelum hal tersebut akan lebih baik jika dirawat secara rutin hingga furniture tersebut dapat terlindungi dengan optimal. Bagaimana merawata furniture yang benar? Berikut cara merawat furniture sebelum furniture rusak karena berbagai faktor:

  • Bersihkan furniture setiap hari dari debu yang menempel ke permukaan furniture. Sebab, debu yang menempel kemungkinan membawa spora yang menyebabkan jamur tumbuh. Jamur tersebut akan berkembang dengan cepat apabila bagian udara sekitar ruangan tersebut lembab
  • Pastikan sirkulasi udara dalam ruangan lancar. Udara yang lancar akan selalu membawa udara baru sehingga meminimalisir udara lembab dan bau pengap
  • aplikasikan poles kayu secara rutin untuk menjaga tampilan furniture sekaligus melindungi dari berbagai organisme yang sering menyerang furniture kayu.
CS Biovarnish

Akan tetapi, jika sudah terlanjur beberapa bagian yang mulai rusak seperti retak, bagian yang terkelupas atau lain sebagainya maka segra mungkin untuk refinishing furniture tersebut untuk mengembalikan tampilan tampak baru. Untuk penggunaan dempul, sebaiknya perhatikan kembali kualitas dempul yang akan Anda gunakan. Faktanya, tidak semua jenis dempul akan menghasilkan tampilan yang bagus sehingga hasil finishing pun tidak optimal. Dempul yang bagus adalah dempul yang memiliki daya rekat yang kuat, mudah diaplikasikan dan tidak alot ketika diamplas.

Cara Dempul Kayu Jati dengan Wood Filler Water BasedDempul dapat Anda temukan dimanapun karena banya produsen cat yang mengembangkan dempul. Dengan berbagai varian merk dan harga yang terjangkau. Namun, harga dempul tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Biasanya, jika cat tersebut semakin mahal maka kualitasnya semakin bagus. Maka dari itu, untuk menjangkau pasar dengan harga yang sesuai dengan minat pasar tentu dibutuhkan riset agar kualitas bagus meskipun harga terjangkau.

Selama ini, dempul yang banyak digunakan untuk finishing adalah dempul yang mengandung resin. Dempul ini mengeluarkan bau yang cukup menyengat sehingga sebaiknya Anda menggunakan masker selama proses finishing. Selain itu, partikel debu dempul juga tidak bagus bagi kesehatan sebab jika masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti gangguan pernafasan. Tidak disarankan untuk mengaplikasikan dempul di dalam ruangan karena dempul ini mengeluarkan bau yang cukup menyengat dan berbahaya bagi tubuh. Jika ruangan tidak memiliki sirkulasi yang bagus justru menjadi sumber penyakit.

Adakah dempul yang lebih aman untuk digunakan? Anda tidak perlu khawatir karena saat ini telah berkembang bahan finishing yang diformulasikan agar lebih ramah lingkungan dan aman digunakan. Bahan finishing tersebut merupakan produk yang menggunakan bahan-bahan kimia yang aman dan rendah VOC yakni cat water based. Di luar negeri, penggunaan cat water based sudah umum dan bahkan mulai menguasai pasar finishing furniture atau perabotan serat alam.

Pasar internasional telah menyoroti bahan yang aman untuk finishing bahkan sebagian benua di dunia telah membatasi pennggunaan bahan-bahan finishing yang menggunakan minyak atau solvent. Dan penggunaan cat water based mulai merambah ke pasar nusantara meskipun keberadaannya belum sebanyak cat solvent based. Meskipun harganya kini masih mahal justru lebih hemat, loh. Karena Anda tidak perlu membeli pelarut melainkan hanya cukup menggunakan air bersih. Penggunaan cat water based ini akan sangat terasa ketika digunakan untuk finishing dalam jumlah banyak.

Salah satu yang perlu dicermati adalah dempul sebagai dasar finishing untuk menutup pori-pori kayu. Dempul kayu yang aman sebaiknya memperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas dempul tersebut. Tidak hanya harga dempul kayu bagus namun juga bahan yang digunakan juga serta diperhatikan.

Faktor Pengaruh Harga Dempul Kayu Bagus

Dempul yang bagus memiliki kerekatan film yang bagus, cepat kering, dan mudah untuk diampelas. Namun, dempul kayu yang biasanya terdapat di pasaran didominasi dengan dempul berbahan dasar solvent, seperti:

  1. Afatex dijual dengan harga Rp. 40.000,-
  2. Dempul Cap kapak harga Rp. 25.000,-
  3. Dempul Cap Kelinci harga Rp. 27.000,-
  4. Sanpolac harga Rp. 33.000,-
  5. Isamu harga Rp. 53.000,-

Dempul diatas memang memiliki karakter mengeras ketika diangin-anginkan dan bahan yang digunakan adalah resin, expender dan pasta (oil/solvent based)

Sedangkan untuk dempul kayu yang menggunakan bahan dasar air dan lebih mudah untuk diamplas dengan kerekatan yang bagus, salah satunya adalah BioDuco Wood Putty. Dempul jenis ini merupakan dempul yang berkarakter liquid (air) sehingga tidak mencemari lingkungan karena bahan kimia berbahaya. Cocok digunakan untuk finishing dengan hasil akhir warna solid. Dan sedangkan dempul untuk tampilan natural kayu maka Anda dapat menggunakan Biovarnish Wood Filler. Harga dempul kayu bagus water based ini 1 cannya relatif murah yakni Rp. 26.000,-.

Berikut cara aplikasi dempul kayu untuk menutup permukaan kayu dengan baik yang bertujuan untuk menutup pori-pori ataupun menyamarkan cacat pada kayu:

  • pastikan kayu atau serat kayu yang digunakan memiliki tingkat kekerangan yang pas. Akan lebih baik jika MC kurang dari 15% sehingga kayu tidak mudah terserang jamur atau serangga perusak kayu
  • pastikan permukaan kayu yang akan digunakan sudah bersih dari berbagai noda atau kotoran. Jika masih terdapat kotoran pada permukaan kayu maka segera amplas saja. Pengamplasan ini juga tidak bertujuan untuk menghilangkan kotoran saja melainkan juga untuk meratakan permukaan kayu
  • Pilih warna dempul sesuai dengan kebutuhan atau tampilan akhir finishing yang ingin dihasilkan
  • larutkan dempul kayu water based dengan air lalu aduk hingga homogen.
  • setelah larutan homogen, aplikasikan dengan scrap atau pisau palet ke permukaan kayu. Jika menginginkan tampilan close pore maka aplikasikan ke seluruhan permukaan kayu. Namun, apabila hanya ingin mengatasi cacat pada kayu maka Anda dapat mengaplikasikan di beberapa bagian yang cacat saja
  • Jika sudah diaplikasikan, diamkan dalam suhu ruangan tanpa harus dikeringkan dibawah sinar matahari selema 20-30 menit
  • Jika sudah kering maka amplas ambang permukaan kayu yang sudah terlapisi dempul menggunakan kertas amplass alumunium oxide no. 240
  • Kemudian dilanjutkan dengan pengaplikasian coating. Untuk hasil maksimal, Anda dapat mengaplikasikan cat water based. Nah, BioColours dan Biovarnish tersedia semua produk finishing sesuai dengan standar tahap finishing sehingga hasil akhir akan lebih optimal dan aman digunakan.

Dempul kayu tersebut aman digunakan meskipun Anda tanpa menggunakan masker. Namun, bagi Anda yang sensitif terhadap debu atau alergi debu maka disarankan untuk menggunakan masker. Bagaimanapun sisa debu pengamplasan tersebut berbentuk partikel kecil yang memungkinkan masuk ke dalam tubuh. Setelah finishing, Anda dapat langsung menggunakan furniture atau perabotan kayu yang selesai didempul tersebut. Anda tidak akan mencium bau menyengat baik dari dempul atau cat yang digunakan. Berbeda dengan cat solvent based yang justru saat atau bahkan setelah diaplikasikan akan meninggalkan bau yang sangat menyengat. Tidak sedikit orang pun merasa sesak nafas atau pusing saat mencium aroma bau cat tersebut. Maka dari itu, jika Anda menggunakan produk solvent based sebaiknya untuk mengangin-anginkan terlebih dahulu di tempat yang terbuka agar uap cat berkurang.

Untuk mendapatkan produk-produk ini maka Anda bisa mendapatkan di Bio Industries notabene merupakan produsen cat lokal yang mengembangkan produk ramah lingkungan, salah satunya adalah dempul kayu water based BioDuco dan Biovarnish. Adapun produk ramah lingkungan untuk kebutuhan kayu adalah bleaching kayu White Agent WA-250, obat anti serangga dan Jamur BioCide dan Poles kayu Biopolish.

Untuk informasi lebih lanjut atau pemesanan silahkan menghubungi Customer Service Bio Industries via telp. kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini. Atau Anda dapat memesan melalui marketplace di https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries atau https://www.tokopedia.com/bioindustries kunjungi kantor Bio Industries di Jl. Sidikan no. 94, Yogyakarta.

Demikian ulasan singkat mengenai harga dempul kayu bagus untuk kebutuhan finishing dengan hasil akhir solid color. Semoga dengan ulasan ini menjadi rujukan dalam memilih dan memilah dempul yang tepat untuk kebutuhan finishing Anda. Pastikan memilih dempul yang ramah lingkungan karena lebih terjamin keamanan bagi penggunanya atau pun orang sekitar.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here