Jual Dempul Kayu Berkualitas, Aman dan Ramah Lingkungan di Indonesia

980

Mengatasi cacat pada kayu seperti lubang dibutuhkan cara yang tepat agar furniture lebih rata dah permukaan halus. Salah satu caranya adalah dengan mendempul kayu tersebut.

Istilah dempul sudah tidak asing lagi bagi masyarakat pada umumnya, begitu pula pada furniture. Sayangnya, untuk mendempul kayu harus dilakukan dengan benar. Jika melakukan kesalahan maka menyebabkan beberapa masalah lain seperti sulit didempul, lapisan dempul yang justru ambles, mengelupas atau menggulung. Dan seringkali untuk mengatasi masalah lubang pada furniture dengan mengaplikasikan serbuk kayu dan lem putih.

Lem putih memang mampu merekatkan serbuk kayu dengan baik namun untuk mengatasi lubang pada kayu belum tentu efektif. Karena ketika lem sudah mengering maka ada kemungkinan untuk menyusut sehingga dempul buatan tersebut akan lebih cepat ambles atau meresap masuk. Dibutuhkan beberapa kali untuk dapat menutup lubang furniture dengan sempurna. Tentu saja, aplikasi tersebut akan menghabisan banyak waktu karena proses pengeringan juga cukup lama.

CS Biovarnish

Alangkah baiknya untuk menggunakan dempul kayu yang dicampur dengan serbuk kayu agar hasilnya lebih optimal. Selain itu, penggunaan dempul kayu dapat menutup permukaan kayu dengan baik. Nah, dempul mana kah yang bagus digunakan? Seperti halnya dengan cat kayu, dempul juga banyak djumpai di pasaran. Dan dempul juga dibedakan menjadi dua macam berdasarkan hasil finishing yakni dempul warna natural (Wood Filler) dan dempul untuk warna solid (Wood Putty). Khusus untuk dempul kayu warna natural  maka Anda dapat menggunakan filler kayu yang memang diformulasikan khusus untuk warna natural kayu.

Tidak semua dempul memiliki kualitas yang bagus sehingga Anda sebaiknya mencari referensi yang bagus untuk mendapatkan hasil rata yang optimal.  Jual dempul kayu berkualitas tersebut tentu dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah penggunaan bahan dan proses produksi. Sehingga harga yang ditawarkan ke pasaran pun juga sangat mempengaruhi. Perlu diketahui adalah di setiap daerah memiliki harga yang berbeda-beda karena faktor distributor ke suatu daerah yang dituju. Sehingga pastikan mencari harga dempul sesuai dengan daerah yang Anda domisili.

Dempul yang dijual ke pasaran biasanya didominasi dengan bahan resin maupun solvent namun tidak jarang pula menggunakan air pada suatu produk dempul tertentu. Untuk aplikasi cat solvent based seperti melamine, biasanya menggunakan resin untuk mempermudah penyerapan cat. Sedangkan jika aplikasi finishing water based, disarankan seutuhnya menggunakan bahan-bahan air seperti cat water based. Yang jual dempul berkualitas di Indonesia memiliki berbagai macam produk, harga pun juga berpengaruh. Hal ini biasanya karena faktor bahan atau brand yang sudah dikenal di Indonesia.

Deskripsi dan Jual Dempul kayu Berkualitas di Indonesia

Dempul yang sering digunakan di Indonesia biasanya adalah produk impra yang menggunakan bahan thinner untuk mengencerkan dempul. Selain Impra, berikut daftar produk yang dapat menjadi rujukan:

  1. Dempul Sanpolac

Dempul Sanpolac merupakan dempul yang khusus untuk menutup pori-pori atau membentuk pada media kayu maupun besi. Dempul ini biasanya menggunakan resin. Karakter dempul ini cepat kering dan keris, dan cocok untuk menghasilkan finishing permukaan dengan halus. Untuk harga 1 can dempul Sanpolac dijual dengan harga Rp.  25.000,-

  1. Dempul Isamu

Dempul Isamu merupakan dempul yang memiliki fungsi yang sama dengan dempul Sanpolac namun tidak menggunakan resin. Untuk harga dempul Isamu per 1 can adalah Rp. 50.000,-

  1. Biovarnish Wood Filler

Dempul ini merupakan dempul yang berfungsi untuk menutup pori-pori kayu dan agar hasil akhir finishing warna transparan bisa seragam. Biovarnish Wood Filler merupakan dempul yang menggunakan air sebagai melarutkan dempulnya. Karakter  Biovarnish  Wood Filler adalah liquid sehingga tidak keras dan mudah diaplikasikan. Jika diaplikasikan dengan cara scrap, tidak butuh untuk ditambahkan air. Sehingga dipastikan aman, ramah lingkungan dan cocok untuk finishing kayu transparan.

1 can dengan harga Rp. 24.000,-

Mengenal Dempul Yang Aman dan Ramah Lingkungan

Penjelasan diatas sudah memberikan gambaran bahwa dempul dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan bahan baku yang digunakan. Dempul tersebut adalah dempul kayu solvent based dan dempul kayu berbahan water based. Kedua cat tersebut faktanya akan terasa berbeda ketika diaplikasikan ke permukaan media finishing. Pada umumnya, dempul yang mengandung resin tetap mengeluarkan bau cat meskipun tercium samar-samar. Namun, justru kandungan resin tersebut membuat dempul akan cepat kering dan akan menjadi masalah jika tidak segera diamplas.

Selain itu, dempul atau cat kayu yang mengandung resin justru berbahaya karena kandungan VOC yang tinggi. Bagi Anda yang sensitif terhadap bau cat maka disarankan untuk memakai masker saat mengaplikasikannya. Produk finishing yang mengandung resin memang mengeluarkan bau cat bersamaan dengan bahan kimia yang berbahaya sehingga tidak jarang menyebabkan sesak nafas atau pusing. Bahan kimia tersebut akan lebih berbahaya jika Anda selalu mengaplikasikannya tanpa masker dalam kurun waktu yang lama. Pasalnya, jika kandungan bahan pada dempul tersebut mengendap ke dalam tubuh justru dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan baik dalam jangka waktu pendek atau jangka panjang.

Orang yang masih awam mengenai VOC tentu cukup abai atau tidak memperhatikan tentang hal ini. Harus Anda ketahui bahwa VOC atau senyawa organik yang mudah menguap tersebut diemisikan dalam bentuk gas dan berbahaya bagi kesehatan. Maka dari itu, regulasi internasional dari Amerika yakni United State Enviromental Protection Agency (EPA) menerangkan batasan akan kandungan VOC pada suatu produk termasuk cat.

Dempul kayu yang justru aman dan ramah lingkungan untuk diaplikasikan pada suatu produk kayu atau serat alam dan tidak berdampak buruk pada kesehatan adalah dempul yang terbuat dari water based. Salah satunya produk finishing lokal dengan kualitas yang bagus adalah

Biovarnish Wood Filler. Dempul kayu tersebut merupaka produk dalam negeri yang kualitasnya sama dengan dempul water based dari luar neeri. Karena Biovarnish menggunakan bahan-bahan yang sudah diformulasikan khusus sesuai dengan standar regulasi keamanan internasional yakni untuk batas penggunaan bahan kimia berdasarkan standar regulasi European Chemical Agency (ECHA) Reach dan sedangkan untuk batas kandungan VOC berdasarkan standar regulasi US Enviromental Protection Agency (EPA).

Aplikasik Biovarnish tidak kalah mudah dengan dempul kayu pada umumnya. Dempul ini dapat digunakan untuk menyamarkan pori-pori kayu atau menyamarkan cacat pada kayu atau serat alam. Nah, untuk mengatasi lubang, berikut tahap-tahap finishing yang dapat Anda lakukan:

  • Anda dapat mengamplas terlebih dahulu permukaan kayu tersebut sehingga lebih halus. Atau Anda dapat mengaplikasikan langsung
  • Jika cacat kayu atau lubang besar maka disarankan untuk mencampur Biovarnish Wood Filler dengan serbuk kayu. Aplikasikan pada lubang hingga benar-benar tertutup dengan baik.
  • Kemudian diamkan dalam suhu ruangan kurang lebih 20-30 menit.
  • Jika sudah kering, amplas permukaan yang didempul tersebut menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 240
  • Lalu Anda dapat menimpa coating selankutnya. Untuk hasl optimal, Anda dapat melanjutkan dengan produk Biovarnish lainnya yakni Biovarnish Wood Stain/Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Sanding Sealer dan Biovarnish Clear Coat.

Pilih yang jual dempul kayu berkualitas dengan bahan yang tidak membahayakan, seperti Biovarnish Wood Filler karena cukup menggunakan air sebagai bahan utamanya. Untuk informasi lebih lanjut dan jual dempul berkualitas seperti Biovarnish Wood Filler, hubungi Customer Service Bio Industries via telp pada kontak yang sudah tercantum pada website untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan produk varian Biovarnish. Atau Anda dapat memesan langsung di marketplace yakni https://www.tokopedia.com/bioindustries, https://www.bukalapak.com/catwaterbased atau https://shopee.co.id/biovarnish.official. Anda juga dapat kunjungi kantor Bio Industries di Jl. Sidikan No. 94, Yogyakarta untuk mendapatkan berbagai tips finishing dan perawatan kayu yang benar.

Bio Industries tidak hanya menawarkan produk finishing yang ramah lingkungan saja melainkan juga berbagai produk ramah lingkungan lainnya untuk kebutuhan treatment atau perawatan kayu. Adapun bahan-bahan treatment yang dapat digunakan untuk melindungi kayu dari berbagai serangan jamur atau serangga adalah BioCide. Sedangkan untuk perawatan kayu maka Anda dapat menggunakan Biopolish.

Pastikan saat ini Anda menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan orang-orang sekitar Anda. Dengan menggunakan produk finishing dan perawatan kayu yang ramah lingkungan akan menjaga lingkungan lebih terjaga dengan baik. Selain itu, penggunaan cat water based akan mengurangi dampak buruk dari bahan kimia berbahaya yang selama ini sudah mencemar lingkungan terutama pencemaran udara. Pasalnya, kandungan VOC yang tinggi menyebabkan masalah lubang ozon semakin melebar sehingga memperburuk dampak rumah kaca. Yuk jaga lingkungan sekitar dimulai dari produk-produk ramah lingkungan untuk sehari-hari.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here