Cat Kayu Yang Bagus dan Tahan Lama Untuk Gazebo

844

Gazebo biasanya digunakan untuk tempat bersantai dan diletakkan pada halaman suatu rumah, untuk mempertahankan warna agar lebih baik maka gunakan cat kayu yang bagus dan tahan lama.

Semakin banyak kebutuhan masyarakat dalam memanfaatkan waktu, tentu rumah saja dirasa kurang cukup untuk melakukan aktivitas. Ada beberapa cara bisa dilakukan untuk menjadikan rumah lebih nyaman digunakan sebagai tempat bersantai yaitu dengan bangunan pendukung seperti  Gazebo. Bahkan bangunan pendukung tersebut sudah banyak digunakan untuk tempat makan, villa, atau tempat penginapan lainnya karena bisa dimanfaatkan untuk beragam aktivitas.

Gazebo biasanya tidak lepas dengan tampilan yang alami seperti warna kayu. Bahkan lapisan cat biasanya juga menyesuaikan warna dasar kayu yang digunakan. Karena gazebo merupakan bangunan pendukung yang biasanya diletakkan diluar ruangan maka diperlukan cat kayu yang bagus dan tahan lama.

Mengenal Gazebo dan Fungsinya

Gazebo mungkin sudah tidak asing di telinga penduduk di Indonesia, pasalnya bangunan pendukung tersebut sudah banyak digunakan sebagai tempat bersantai baik pada rumah pribadi, tempat penginapan, resort, spa, restoran ataupun yang lainnya.

Ukuran gazebo yang sering digunakan untuk bangunan pendukung tersebut biasanya antara 2x2m2, 3x3m2 dan seterusnya. Ukuran gazebo tersebut juga tergantung dari luas area yang tersedia, semakin luas area maka ukuran gazebo juga semakin besar. Selain dari segi ukuran, yang tidak kalah menarik adalah desain gazebo yang beragam, hal ini disesuaikan dengan keinginan penghuni. Desain gazebo pada umumnya berbentuk persegi, persegi lima, persegi enam atau persegi delapan. Kembali lagi, desain tersebut juga harus menyesuaikan area yang digunakan saat itu. Bahkan gazebo juga banyak digunakan untuk hunian di luar negeri. Sehingga wajar saja, gazebo menjadi salah satu alternatif bangunan pendukung untuk menghabiskan waktu baik dengan teman, keluarga ataupun sendirian.

Mungkin diantara kita sering melihat gazebo yang sudah beridiri dan dipasarkan dipinggiran jalan. Ya, gazebo memang didesain dengan 2 sistem yaitu permanen dan bongkar pasang (knockdown). Gazebo yang permanen, seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa biasanya gazebo tersebut sudah dibentuk dan berdiri serta dilengkapi dengan atapnya. Sedangkan gazebo yang  bongkar-pasang, Anda harus memasangnya ketika sudah dilokasi yang bertujuan untuk meletakkan gazebo tersebut.

Masih tidak lepas dengan desain serta bagian bodi dari gazebo, bahwasannya gazebo banyak menggunakan material alam seperti kayu atau bambu namun adapula material dari alumunium, besi dll. Tapi kebanyakan orang menggunakan gazebo bermaterial kayu/bambu karena material ini mencerminkan nuansa alam sehingga diharapkan orang yang menggunakan gazebo dengan material alam tersebut bisa menyatu dengan nuansa alam. Untuk memperindah tampilan gazebo, biasanya aplikator tetap mempertahankan warna dasar materialnya tersebut. Misal, material yang digunakan adalah kayu maka cat yang digunakan pun menyerupai dengan warna tersebut, baik lebih gelap atau terang. Namun, biasanya jika material kayu pada umumnya gazebo tersebut cenderung berwarna lebih gelap. Sedangkan untuk gazebo bermaterial bambu, justru menggunakan warna yang cenderung lebih terang seperti warna gading, warna jati dll.

Sedangkan untuk fungsi gazebo sudah sempat disinggung diatas yaitu digunakan untuk tempat bersantai, namun juga bisa juga digunakan untuk ruang tamu, tempat rapat atau tempat makan.

Cat Kayu Yang Cocok Untuk Lapisan Gazebo

Setelah membahas lebih mendalam mengenai gazebo dan fungsinya, akan lebih bagus jika Anda memilih cat yang tepat untuk melapisi permukaan gazebo. Karena pada umumnya, gazebo digunakan untuk bangunan pendukung yang diletakkan di luar maka diperlukan cat yang memang khusus diformulasikan untuk eksterior. Karena, cat yang diformulasikan untuk eksterior biasanya sudah mengandung bahan yang difungsikan untuk tahan cuaca dan tahan air, selain itu juga bisa melindungi permukaan kayu dari gangguan jamur, serangga atau organisme lainnya.

Jika Anda merupakan salah satu orang yang bergerak dibidang manufaktur kayu seperti pengrajin gazebo, maka sangat paham akan pentingnya lapisan cat pada gazebo. Pasalnya, gazebo yang terletak di luar akan sangat rawan terserang rayap atau jamur dikarenakan selalu berinteraksi dengan cuaca seperti air hujan, sinar matahari, embun dll yang membuat material tersebut semakin lembab. Maka dari itu, fungsi cat pada kayu tidak hanya bertujuan untuk memperindah tampilan saja melainkan juga berfungsi untuk melindungi kayu dari gangguan-gangguan luar yang bisa merusak kualitas dari kayu tersebut.

Sekarang ini banyak sekali cat kayu yang bisa Anda andalkan untuk melapisi gazebo tersebut. Diberbagai toko cat atau toko bangunan sudah menyediakan cat kayu yang cocok untuk gazebo atau perabotan kayu lainnya. Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua cat kayu yang bisa digunakan untuk gazebo tersebut mengandung bahan yang aman jika berinteraksi langsung dengan manusia atau lingkungan? Cat kayu yang berbahaya biasanya ditandai dengan bau yang sangat menyengat dan lapisannya yang tebal. Namun Anda tidak perlu khawatir, ilmuwan telah melakukan beberapa riset dan menciptakan cat kayu yang aman bagi lingkungan dan manusia. Teknologi canggih tersebut merupakan salah satu gerakan dari green product yang sering disinggung dalam konferesi produk ramah lingkungan di beberapa negara.

Cat kayu ramah lingkungan yang sudah mulai berkembang di Indonesia beberapa waktu terakhir adalah cat water based. Cat tersebut merupakan cat yang menggunakan bahan dasar air dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Selain itu, cat water based juga sangat disarankan penggunaannya karena tidak mengakibatkan efek buruk terhadap kesehatan ataupun lingkungan disebabkan oleh kandungan VOC-nya yang rendah bahkan bebas VOC. Walaupun tidak menutup kemungkinan masih mengandung VOC, apabila kandungan senyawa organik ini jauh dibawah batas keamanan maka penggunaannya masih dikategorikan aman.

Salah satu cat water based yang sudah dipastikan aman penggunaannya adalah Biovarnish. Cat ini merupakan inovasi terkini yang formula bahan dasarnya dari air dan tidak mengandung timbal, merkuri ataupun formalin yang pada umumnya sering kita jumpai pada cat solvent based. Bahkan, Biovarnish sudah bisa dikatakan aman karena bahan-bahan yang digunakan telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperti regulasi US-Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach. Kedua regulasi tersebut merupakan regulasi yang mengawasi akan kandungan bahan kimia serta VOC dalam bahan finishing terutama cat.

Sangat cocok digunakan untuk gazebo karena cat ini diformulasikan untuk furniture, perabotan atau banguan kayu eksterior. Sehingga, cat kayu tersebut dipastikan bisa melindungi kayu dengan baik. Namun perlu diingat bahwa Anda harus tetap memperhatikan lama tidaknya cat tersebut karena menyesuaikan dengan kondisi cuaca. Apabila sudah dirasa warna pada gazebo mulai memudar, sebaiknya untuk segera melapisi gazebo tersebut dengan cat ini. Hal ini juga berlaku pada funitur atau perabotan yang berada di luar agar kualitas kayu tetap terjaga dengan baik dan bisa terlindungi dari bahaya luar seperti serangga, jamur atau organisme perusak lainnya.

 

 

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here