Cat Kayu Yang Bagus dan Tahan Lama Untuk Lapisan Rumah Kayu

1341

Rumah kayu pada umumnya menggunakan tampilan warna kayu karena terkesan lebih natural. Agar warna bisa awet maka gunakan cat kayu yang bagus dan tahan lama.

Pernahkah Anda berfikir untuk menerapkan rumah kayu sebagai hunian keluarga kecil Anda? Rumah kayu bisa dikatakan sangat familiar di Indonesia, pasalnya dari dahulu hunian orang Indonesia didominasi berbahan kayu. Bahkan hingga sekarang rumah kayu masih menjadi salah satu rumah yang bisa Anda jadikan sebagai hunian. Jika Anda pernah melihat rumah artis dari Irfan hakim maka Anda bisa mengambil beberapa konsep untuk dijadikan hunian Anda. Karena, gaya rumah kayu yang banyak diminati saat ini adalah rumah kayu dengan gaya klasik atau tradisional.

CS Biovarnish

Jadi bagi Anda yang sangat gemar terhadap hal-hal yang berbau tradisional, maka rumah kayu adalah satu rekomendasi yang patut Anda terapkan. Terlepas dari sebuah hunian, untuk rumah kayu tentunya membutuhkan lapisan cat yang bisa menjaga tampilan terlihat lebih indah dan menarik. Cat untuk kayu yang bagus dan tahan lama bisa mempertahankan kualitas kayu dan bisa terhindar dari beberapa gangguan luar.

Rumah Kayu serta Kelebihan dan Kekurangannya

Rumah kayu memang diidentikkan dengan nuansa pedesaan maka dari itu, sampai saat ini kebanyakan desain rumah kayu menggunakan konsep tradisional. Dengan konsep tersebut sangat cocok untuk orang-orang jaman sekarang yang notabene disebuat dengan manusia urban. Konsep pedesaan bisa memberikan stimulasi positif untuk memulai aktivitas dipagi hari, terlebih jika lahan yang digunakan pada hunian berbahan kayu tersebut didominasi dengan hijau-hijauan.

Rumah kayu tidak hanya didesain dengan konsep tradisional melainkan juga semi kontemporer. Gaya ini bisa Anda lihat pada hunian orang Eropa pada umumnya terlebih yang tinggal disekitar hutan. Bagaimanapun konsep atau gaya rumah kayu yang diterapkan, tentu tidak bisa berdiri dengan tegak dan kokoh apabila material kayu yang digunakan tidak memiliki kualitas yang baik. Maka dari itu, sangat penting untuk memilih kayu yang akan Anda gunakan sebagai material dasar dari hunian.

Jika Anda masih bingung untuk memilih gaya hunian rumah, rumah kayu bisa menjadi salah satu alternatif yang cocok buat Anda terapkan. Karena rumah sendiri berbeda dengan hunian pada umumnya. Rumah kayu tersebut justru memiliki kelebihan yang tidak bisa dijumpai pada hunian rumah lainnya. Diantaranya, rumah kayu bisa dibuat dengan cara knockdown. Menariknya rumah kayu adalah bisa kamu bongkar-pasang jika kamu akan berpindah alamat, hal ini lah menjadi perbedaan yang cukup mencolok dari rumah kayu dengan rumah dengan konsep lainnya.

Rumah kayu bisa memberikan kesan natural karena material yang digunakan didapatkan dari alam. Sehingga orang yang berada dalam rumah kayu bisa menyatu dan merasakan nuasa alam. Selain itu, rumah kayu tidak membutuhkan biaya yang mahal karena Anda bisa mendapatkan material ini dengan mudah terlebih didaerah yang memang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Hal menarik lainnya adalah rumah kayu bisa dibangun lebih cepat daripada hunian lain. Yang biasanya membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan atau setahun lebih, berbeda halnya dengan rumah yang cukup membutuhkan waktu beberapa minggu atau bulan saja.

Namun yang perlu Anda ingat bahwa rumah kayu juga memiliki kekurangan, diantaranya adalah kelangkaan pohon. Ya, walaupun sumber daya alam di Indonesia sangat melimpah namun Anda harus memahami bahwa beberapa jenis pohon sudah tidak bisa digunakan untuk material bangunan karena sudah dianggap langka.

Nah, dari kelangkaan pohon tersebut tentu orang akan memilih bahan baku yang bagus untuk hunian. Jika Anda membutuhkan material kayu yang berkualitas maka Anda harus siap mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Disisi lain, untuk membangun rumah kayu tidak hanya sekedar asal saja melainkan Anda harus mengetahui atau memiliki ilmu terhadap perkayuan agar bangunan kayu tersebut bisa berdiri kokoh dan tidak mudah rusak.

Finishing Menggunakan Cat Kayu Yang Bagus dan Tahan Lama

Jika memang Anda tertarik dengan hunian bergaya tradisional maupun kontemporer yang menggunakan material kayu, maka Anda harus siap kebutuhan lainnya diantaranya adalah cat. Cat, tidak hanya berfungsi untuk memberikan tampilan kayu yang bagus. Walaupun kayu sudah memiliki warna yang indah, fungsi cat juga sangat penting. Pasalnya, cat juga berfungsi sebagai pelindung kayu dari gangguan luar yang bisa merusak kualitas kayu tersebut.

Memang cat kayu yang ada dipasaran saat ini sudah dikatakan lebih dari cukup, bahkan Anda akan dengan mudah mendapatkan cat kayu sesuai dengan kebutuhan Anda. Tapi, yang perlu Anda ingat bahwa pahami komposisi bahan dari cat tersebut. Walaupun cat kayu tersebut berkualitas baik namun berbahaya tentu akan mengancam kesehatan dan lingkungan sekitar. Selain memperhatikan kualitas maka ada baiknya untuk memperhatikan segi komposisi bahan yang digunakan. Sebab, Tidak semua bahan pada finishing tersebut aman jika berinteraksi dengan manusia ataupun lingkungan.

Seiring dengan kemajuan teknologi, kini muncul cat kayu yang ramah lingkungan sebagai alternatif pengganti cat kayu yang berbahaya. Lalu bagaimana bisa mengetahui cat tersebut berbahaya? Cat kayu yang berbahaya biasanya menggunakan bahan pelarut seperti thinner, resin, spiritus, methanol dll. Selain itu, juga mengeluarkan bau yang sangat menyengat yang disebabkan oleh tingginya kandungan VOC dalam cat tersebut. VOC merupakan senyawa organik yang beracun sehingga bisa mengancam kesehatan ataupun lingkungan.

Kembali ke topik awal, bahwasannya kini muncul cat kayu yang lebih ramah lingkungan. Ya, cat tersebut dikenal dengan cat water based atau cat dengan pelarut air. Cat ini sudah melalui beragam riset dan sudah termasuk bagian dari green product yang selalu didemonstrasikan melalui konferensi produk ramah lingkungan di beberapa negara. Salah satu cat kayu yang ramah lingkungan di Indonesia adalah Biovarnish.

Biovarnish merupakan cat kayu yang bagus dan tahan lama pabrikan lokal yang berkualitas dan bahkan bahan-bahan yang digunakan telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperti regulasi US Enviromental Protection Agency dan European Chemical Agency Reach. Kedua regulasi akan mudah Anda jumpai ketika Anda mengirimkan barang yang menggunakan lapisan cat atau melalui tahap finishing. Sebab, kedua regulasi tersebut mengawasi kandungan bahan kimia dan VOC.

Biovarnish tersebut sangat cocok untuk melapisi rumah kayu karena diformulasikan untuk finishing interior maupun eksterior yang pastinya mengandung bahan khusus agar tidak mudah berjamur atau terserang serangga yang diakibatkan kayu lembab. Kayu lembab tersebut biasanya terjadi karena faktor cuaca terlebih disaat musim penghujan. Untuk masalah warna, tenang saja karena Biovarnish menyediakan beragam warna kayu yang bisa menghiasi hunian bermaterial kayu. Tetap saja, Anda harus merawat dengan baik rumah kayu Anda walaupun sudah dilapisi cat kayu. Karena, cuaca bisa menyebabkan warna kayu memudar. Hal ini berlaku pada semua jenis cat yang membedakan adalah tempo cat tersebut. Apabila sudah dirasa sedikit memudar, sebaiknya segera aplikasikan kembali cat kayu agar kualitas kayu tidak berkurang dan kayu tidak mudah rusak.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here