Tanpa Ribet. Begini Refinishing Gazebo Kayu Menjelang Lebaran Menggunakan Biovarnish

83

Gazebo merupakan salah satu pelengkap hunian yang biasa digunakan di luar ruangan. Pada umumnya, gazebo terbuat dari serat alam seperti kayu atau bambu. Seperti yang diketahui bahwa serat alam seperti kayu dan bambu sangat rentan terhadap perubahan cuaca maupun kelembaban. Apabila tidak dilapisi cat khusus ekterior yang notabene dilengkapi fitur weather resistance maka kayu atau bambu tersebut cepat rusak atau membusuk jika terlalu basah.

Gazebo yang tidak terlindungi dengan baik oleh lapisan cat akan dengan mudah rusak dan terserang rayap maupun jamur. Wajar saja jika Anda harus mulai refinishing atau mengecat kembali gazebo tersebut agar permukaan gazebo dapat terlindungi oleh cat dengan baik. Ya, fungsi cat pada furniture tidak hanya menjaga tampilan agar menarik melainkan juga melindungi permukaan material yang digunakan lebih maksimal.

Tampilan gazebo yang memudar tentu sudah tidak menarik bukan untuk dilihat terlebih menjelang lebaran seperti ini? Di tengan pandemi corona tentu Anda memiliki waktu yang cukup banyak di rumah, dengan refinishing gazebo Anda mampu mengisi waktu Anda. Seperti halnya rumah, gazebo akan menarik tamu ketika berkunjung. Nah, tidak ada salahnya jika mulai saat ini untuk mengecat kembali gazebo Anda agar tampilannya layak seperti baru.

CS Biovarnish

Gazebo yang di cat kembali akan lebih fresh dan terlindungi dengan baik. Anda tidak perlu khawatir karena refinishing gazebo bisa dilakukan sendiri di rumah. Anda pun bisa menekan biaya karena tidakperlu membayar tukang, hanya cukpup mempersiapkan cat dan perlengkapan lainnya seperti amplas, kuas dan wadah. Nah, apabila Anda ingin lebih hemat dan aman pastikan untuk menggunakan cat yang tidak mengandung senyawa berbahaya seperti cadmium, arsenic, dan lainnya. Salah satu rekomendasi cat yang bisa Anda gunakan sendiri di rumah adalah Biovarnish. Refinishing gazebo kayu menjelang lebaran menggunakan Biovarnish juga tergoong mudah dan sederhana.

3 Tahap Refinishing Gazebo Kayu Menjelang Lebaran Menggunakan Biovarnish

Biovarnish merupakan cat kayu yang terbuat dari water based acrylic dan khusus digunakan untuk memberikan tampilan natural kayu. Cat kayu ini hanya cukup menggunakan pelarut air dan sudah tersedia 20 varian warna yang bisa Anda pilih sesuai dengan tampilan kayu yang diinginkan. Tingkat transparansi cat kayu ini sangat tajam sehingga serat kayu pun akan terlihat lebih menarik namun warnanya pun mencolok dan menarik.

Menariknya adalah Biovarnish merupakan cat kayu yang bisa digunakan untuk interior maupun eksterior karena dilengkapi dengan tahan air dan tahan cuaca. Bahkan, tidak hanya cocok digunakan untuk finishing pada material kayu saja melainkan juga pada serat alam lainnya seperti bambu, rotan, enceng gondok, daun pandan dan masih banyak lagi. Hal ini disebabkan Biovarnish juga memiliki daya rekat film yang kuat sehingga sekali oles saja sudah memberikan hasil yang memuaskan.

Berikut refinishing gazebi kayu menjelang lebaran menggunakan Biovarnish dengan tahapan yang mudah dan sederhana bagi seorang pemula:

  1. Amplas terlebih dahulu seluruh permukaan gazebo untuk mengangkat cat yang masih menempel. Kemudian aplikasikan Biovarnish Wood Filler untuk menyamarkan bagian-bagian yang cacat seperti lubang, retak dan lain sebagainya. Kemudian diamkan saja selama 20-30 menit lalu amplas menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 240
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain yang sebelumnya sudah dilarutkan dengan air ke seluruh permukaan gazebo menggunakan kuas. Jika sudah diaplikasikan ke seluruh permukaan kayu, diamkan selama 60 menit. Apabila sudah kering sentuh, amplas ambang permukaan kayu menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  3. Untuk tahap akhir agar tampilan semakin tajam dan warna terkunci dengan baik, aplikasikan Biovarnish Clear Coat. Caranya sederhaha, aplikasikan ke seluruh permukaan gazebo lalu diamkan selama semalaman.

Nah, untuk refinishing menggunakan Biovarnish bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun sebab selama proses pengeringan cat kayu tersebut hanya cukup didiamkan di tempat yang teduh tanpa harus dikeringkan langsung dibawah sinar matahari.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here