Ini Dia Cara Mengecat Kayu Dengan Pilox

184

Ternyata cara mengecat perabotan kayu sangat mudah. Tidak membutuhkan profesional dan mengeluarkan biaya yang banyak hanya untuk mengecat. Aplikasi yang paling banyak dicari oleh banyak orang ini hanya memanfaatkan pilox untuk finishing. Ya cara mengecat kayu dengan pilox adalah cara yang sangat mudah dan bisa digunakan siapa saja.

Bahan cat yaitu pilox juga dapat ditemukan dengan mudah berbagai macam merk dan harga yang sangat bervariasi. Jika Anda ingin mendapatkan furnitur yang memiliki penampilan menarik maka cara finishing dengan bahan pilox ini bisa Anda lakukan dengan mudah.

Dalam proses pengecatan langkah yang dilakukan bervariasi tergantung dengan warna dan produk apa yang Anda gunakan. Namun pada umumnya proses dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu persiapan penyemprotan dan juga pengeringan. Ketiga proses ini adalah langkah yang perlu diperhatikan jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut ini tiga langkah yang bisa Anda ikuti.

  1. Persiapan

Dalam tahapan persiapan ini Anda bisa menggunakan amplas untuk mengamplas permukaan kayu terlebih dahulu. Gunanya untuk menghaluskan serta membuka pori kayu. Cat pilox yang disemprotkan akan menresap ke dalam pori kayu dengan mudah. Pengamplasan bisa dilakukan dengan alat atau manual. Yang terpenting Anda bisa merasakan tingkat kehalusan yang diinginkan dengan telapak tangan.

  1. Pengecatan

Siapkan pilox yang masih baru karena Anda akan mendapatkan hasil yang buruk jika pilox sudah lama apalagi mengering. Aplikasikan pilox warna terlebih dahulu. Pada tahapan ini penyemprotan yang dilakukan harus berjarak 30 cm dari permukaan matrial kayu. Dalam proses penyemprotan hanya dilakukan satu kali selesai. Anda bisa mengulangi aplikasi setelah pengamplasan.

  1. Pengeringan

Setelah itu Anda bisa menunggu kering lapisan pilox pertama. Jemur kayu di bawah panas matahari langsung. Pastikan cat mengering benar sebelum Anda mulai mengamplas. Gunakan amplas 320 dan amplas ambang semua permukaan kayu dengan baik baru Anda bisa mengulangi aplikasi pilox kembali.

Ini Dia Cara Mengecat Kayu Dengan PiloxAnda bisa melakukan dua kali hingga tiga lapisan. Pastikan warna kayu dan juga serat kayu tertutup dengan baik sebelum Anda menggunakan lapisan akhir. Pada lapisan akhir ini Anda bisa mengaplikasikan pilox gloss. Lapisan pilox warna transparan memberikan tampilan mengkilap pada furnitur.

Untuk mengaplikasikannya amplas terlebih dahulu permukaan cat yang sudah kering sebelumnya secara ambang menggunakan amplas 320. Pengamplasan dilakukan untuk melembutkan permukaan agar lapisan pilox di atasnya dapat melekat dengan baik.

Lanjutkan dengan aplikasi pilox akhir ini sama ketika Anda mengaplikasikan pilox berwarna. Untuk proses aplikasi Anda bisa melanjutkan dengan pengeringan. Setelah selesai Anda bisa menunggu benar-benar kering lapisan ini sambil dijemur di bawah panas matahari langsung. Maka Anda bisa langsung menggunakan furnitur kayu yang telah dicat.

Mengaplikasikan cat pilox seperti cara di atas sangat mudah untuk alternatif penggunaan bahan cat semprot yang harus diaplikasikan dengan kompresor. Proses aplikasi mudah dan tidak membutuhkan biaya yang banyak bahkan Anda tidak perlu khawatir akan masalah tampilan yang kurang rapi.

Satu tips yang perlu diperhatikan dalam cara mengecat kayu dengan pilox adalah penggunaan alat keamanan. Anda perlu melindungi diri Anda dengan masker dan juga sarung tangan. Pilox adalah salah satu jenis cat yang memiliki kandungan formalin sangat tinggi sehingga berbahaya jika digunakan tanpa alat pengamanan.

Maka selalu perhatikan cara Anda mengaplikasikan pilox dan pastikan Anda mengaplikasikan di luar ruangan.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here