Tips Re-Finishing Rak Piring Dengan Mudah

1494

Salah satu furniture yang harus ada di dalam sebuah dapur adalah rak piring. Rak piring memang akan sangar berguna bagi Anda karena selain dapat digunakan untuk menempatkan peralatan makan, maka dapur Anda juga akan terlihat rapi dan indah. Rak piring memang tersedia dalam berbagai ukuran maupun desain yang menarik dan juga unik.

Bahan dari pembuatan rak piring juga bermacam-macam yang dapat Anda pilih sesuai selera dan juga kebutuhan Anda. Rak piring yang rapi dan juga bersih dengan tampilan yang menarik tentu saja dapat menambah kecantikan dari ruangan Anda. Memilih rak piring dengan kualitas yang bagus merupakan hal yang paling pokok agar rak piring Anda juga kokoh dan awet.

Rak piring dengan bahan dasar yang kuat dan kokoh akan mampu menopang berat dari peralatan makan Anda. Rak piring juga dapat Anda buat sendiri di rumah. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan barang atau benda yang ada disekitar Anda untuk dijadikan sebagai rak piring. Lalu, bagaimana proses re-finishing rak piring agar tampak keren dan cantik? Simak tips berikut ini.

  1. Amplas rak piring Anda
CS Biovarnish

Sebelum Anda memulai untuk mengecat atau proses terakhir pada rak piring Anda, maka ada baiknya untuk mengamplas dahulu rak piring tersebut. Gunakan amplas kemudian amplas perlahan dari rak piring Anda. Pengamplasan merupakan hal yang penting agar hasil dari rak piring Anda maksimal dan tampak lebih cantik dan halus. Pengamplasan ini juga akan memudahkan Anda ketika mengecat rak piring. Selain itu, apabila Anda membuat rak piring sendiri dari bahan dasar kayu atau bahan yang lainnya maka Anda dapat menyamaratakan bagian dari rak piring Anda. Pastikan setelah diamplas tidak ada bagian atau benjolan pada rak piring Anda. Apabila ada bagian yang tidak sama, maka amplaslah kembali.

  1. Bersihkan dari kotoran yang masih menempel

Setelah proses pengamplasan selesai, maka Anda juga harus membersihkan sisa kotoran yang menempel dari rak piring Anda. Bahan dari kayu apabila diamplas maka akan menimbulkan atau meninggalkan debu yang halus menempel. Oleh karena itu, Anda juga perlu membersihkan bagian-bagian dari rak piring tersebut. Hal ini cukup mudah untuk Anda lakukan karena Anda dapat mengelapnya dengan menggunakan kain bersih.

  1. Berikan cat pelapis

Setelah yakin tidak ada benjolan ataupun kotoran yang menempel pada rak piring, maka Anda dapat menggunakan bahan cat pelapis untuk rak piring Anda. Pilih bahan cat pelapis yang sesuai dengan jenis dari rak piring Anda. Anda dapat menanyakan langsung pada toko bangunan terdekat mengenai bahan pelapis atau cat pelapis yang cocok untuk Anda gunakan pada rak piring Anda.

  1. Berikan cat akhir

Pengecatan merupakan hal yang paling terakhir dalam memfinishing suatu furniture. Pilih cat yang cocok dengan rak piring Anda. Pemilihan cat ini dapat Anda sesuaikan dengan tema ruangan yang Anda miliki. Pastikan warna cat yang dipilih merupakan warna yang cocok atau warna yang senada dengan tema ruangan yang Anda miliki. Pengkombinasian warna juga dapat Anda lakukan asal warna yang Anda pilih adalah warna yang cocok dan juga sesuai. Rak piring yang menarik adalah rak piring dengan warna yang sesuai dengan tema ruangannya. Setelah itu, biarkan cat mengering.

Dalam pemilihan bahan cat yang digunakan, pastikan Anda menggunakan jenis cat water based yang lebih aman dan ramah lingkungan. Karena rak piring berada di area dapur yang seringkali bersentuhan langsung dengan makanan. Selain itu, rak piring merupakan tempat untuk menata piring yang tentu saja sering digunakan untuk menyajikan makanan. Memilih jenis cat berpelarut air dan aman lebih direkomendasikan untuk jenis kebutuhan ini.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here