Grosir cat kayu tahan air BioVarnish Baik Untuk Finishing Meja Tamu

770

Meja tamu memiliki peranan yang penting guna memberikan tampilan yang menarik pada ruang tamu, selain itu juga biasanya digunakan untuk menjamu tamu yang datang.

Furniture interior merupakan salah satu furniture yang sangat dibutuhkan pada hunian rumah. Selain berfungsi untuk melengkapi suatu hunian rumah sesuai dengan kebutuhan penggunaannya, furniture juga dapat memberikan tampilan suatu ruangan menjadi semakin indah dipadang.

Di Indonesia, furniture seperti meja sudah banyak dijumpai di berbagai mall, toko mebel dll. Dengan berbagai pilihan model serta tampilan warna dapat Anda sesuaikan dengan nuansa ruangan yang Anda inginkan.

CS Biovarnish

Tidak sedikit furniture menggunakan material dari serat alam seperti kayu. Sebab, material serat alam ini memiliki karakter yang bermacam-macam sekaligus lebih awet.

Kayu banyak digunakan untuk meja karena proses pengerjaannya yang lebih mudah. Selain itu, kayu juga memberikan nuansa dalam ruangan terkesan lebih alami dan elegan.

Meja yang menggunakan kayu biasanya dapat disesuaikan dengan nuansa dalam ruangan. Pasalnya, banyak model meja yang terdapat di pasaran. Jenis meja kayu apakah kesukaan Anda?

Berikut jenis-jenis furniture dari kayu:

  1. Meja minimalis

Meja ini memiliki bentuk tampilan yang minimalis sehingga tidak memakan tempat.

  1. Meja klasik

Meja ini memiliki berbagai desain dan tampilan. Sebab, klasik di Indonesia memiliki dua macam yakni klasik tradisional dan klasik Eropa atau Amerika.

  1. Meja knockdown

Meja knockdown adalah furniture yang dapat dibongkar-pasang atau dilipat. Furniture ini juga dapat termasuk ke dalam furniture minimalis karena biasanya digunakan pada ruangan agar lebih praktis dan tidak memakan ruangan.

Hampir semua jenis meja diatas menggunakan material dari kayu karena lebih mudah digunakan terlebih untuk furniture knockdown. Tentu saja, untuk menjaga keawetan furniture maka dibutuhkan kayu yang awet dan tidak mudah rusak.

Meja tamu yang sering digunakan biasanya menggunakan warna natural kayu. Sebab, warna tersebut lebih terkesan hangat dan sangat natural sehingga akan menimbulkan kesan nyaman pada penghuni maupun pengunjungnya.

Untuk menjaga meja tamu tersebut semakin artistic maka dibutuhkan lapisan cat yang tepat. Pasalnya banyak orang melakukan kesalahan untuk mendapatkan hasil yang bagus justru yang didapatkan adalah terkesan tidak rapi.

Dari sekian jenis tampilan meja tamu sesuai dengan karakter diatas, tampilan yang banyak digunakan adalah tampilan natural kayu. Untuk memberikan kesan natural kayu lantas tidak perlu diaplikasikan cat begitu saja?

Ini adalah pemahaman yang kurang benar, bagaimanapun furniture dengan warna natural kayu tetap  membutuhkan finishing. Selain memberikan tampilan yang menarik, fungsi finishing juga sebagai pelindung kayu dari serangan luar seperti jamur, serangga maupun debu.

Adakalnya orang yang ingin mendapatkan tampilan tersebut biasanya hanya membutuhkan plitur untuk memperkuat tampilan asli dari kayu yang digunakan.

Namun, untuk hasil yang sempurna sebaiknya melapisi cat sesuai dengan tahap finishing yang dibutuhkan. Karena setiap lapisan cat pada finishing memiliki peran dan fungsinya yang berbeda-beda.

Jika orang awam pada umumnya langsung mengaplikasikan plitur namun berbeda jika seorang professional. Ia akan melakukan beberapa tahap finishing seperti pengaplikasian wood filler, sanding sealer, wood stain ataupun topcoat.

Untuk pemilihan cat, Anda juga perlu hati-hati karena cat juga mempengaruhi hasil akhir. Tidak hanya fokus pada hasil finishing, perhatikan pula kandungan bahan yang digunakan. Pasalnya, masih banyak merk cat di Indonesia yang ternyata memiliki kandungan senyawa kimia berbahaya.

Anda bisa menggunakan cat water based untuk finishing yang lebih nyaman dan aman untuk digunakan. Karena cat ini memang diformulasikan sebagai cat yang aman dan ramah lingkungan.

Cat Kayu Yang Pantas Untuk Finishing Meja Tamu

Meja seperti meja tamu pada umumnya dikombinasikan dengan kaca. Hal ini bukan karena tanpa alasan, penggunaan kaca tersebut bertujuan untuk meminimalisir meja rusak karena tertumpah air atau cairan lainnya.

Kadangkala, meja tamu secara tidak langsung mudah terkena percikan atau tumpahan air yang disajikan diatasnya. Beberapa kasus meja yang full kayu solid, lapisan cat pada meja kayu sering blocking apabila air dibiarkan atau tidak segera di lap sehingga akan memberikan pengaruh yang buruk pada tampilan meja tamu.

Cat yang mudah blocking ketika tertumpak cairan pada umumnya adalah cat solvent based. Cat ini sudah banyak dijumpai di Indonesia bahkan juga didominasi jenis cat solvent based. Apa itu cat solvent based?

Cat solvent based adalah cat yang terbuat dari bahan solvent atau oil. Cat tersebut juga pada umumnya menggunakan pelarut dari pelarut organik seperti thinner atau spiritus.

Sedangkan cat kayu tahan air yang memberikan hasil yang baik dan tahan air adalah cat yang menggunakan bahan dasar air atau cat water based. Cat ini tidak mudah blocking bahkan tahan terhadap air.

Meskipun terbuat dari air, cat water based justru memiliki ketahanan terhadap air terbaik. Bahkan cat water based juga lebih awet digunakan karena tidak terdapat kandungan minyak didalamnya.

Selain itu, cat ini jauh lebih aman daripada cat kayu solvent based. Cat kayu  berbahan dasar water based bisa Anda dapatkan di tempat grosir cat kayu tahan air Biovarnish.

Biovarnish merupakan cat berbahan water based acrylic khusus untuk hasil finishing natural kayu. Cat ini tersedia 20 varian warna wood stain yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda.

Selain itu, Biovarnish terdiri dari berbagai varian produk finishing diantaranya adalah Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Sanding Sealer, Biovarnish Glaze dan Biovarnish Clear Coat.

Dengan varian produk finishing yang lengkap akan memudahkan Anda dalam finishing. Karena masih sedikit produk finishing berbahan water based di pasaran membuat aplikator cukup kesulitas harus menggunakan produk finishing lainnya.

Biovarnish menjadi pilihan yang tepat untuk finishing furniture baik interior ataupun eksterior karena Biovarnish juga telah dilengkapi fitur tahan air serta tahan cuaca.

Selain itu, Biovarnish juga elastis sehingga meminimalisir terjadinya flacking. Dengan elastisitas yang baik membuat Biovarnish cukup efektif diaplikasikan pada kayu yang mudah memuai atau menyusut.

Tidak banyak cat yang memiliki elastisitas yang bagus sehingga cat akan mudah mengelupas terlebih jika berkenaan langsung dengan cuaca di luar. Kehadiran Biovarnish mampu menjawab kekhawatiran Anda yang selama ini bermasalah dengan ketahanan cat terhadap proses oksidasi alamiah yang sering terjadi.

Sedangkan untuk cara aplikasi, Biovarnish lebih mudah diaplikasikan karena tarikan kuasnya yang ringan serta daya sebar yang luas ketika Anda menggunakan spray gun. Ya, Biovarnish dapat digunakan dengan berbagai metode termasuk kuas dan semprot.

Nah, bagi Anda yang masih pemula maka disarankan untuk menggunakan kuas. Jika masih khawatir apabila hasil kurang memuaskan dan meninggalkan bekas, maka Anda dapat menggunakan kuas dengan bulu yang sangat halus atau melapisinya dengan kain katun.

Berikut teknik finishing Biovarnish menggunakan metode finishing kuas:

  1. Amplas terlebih dahulu permukaan meja agar lebih bersih dan siap untuk difinishing
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler yang sudah dilarutkan dengan air mengunakan kuas atau pisau scrape. Setelah diaplikasikan, diamkan selama 20-30 menit dalam suhu ruangan. Ketika sudah kering, amplas menggunakan kertas amplas no. 320. Bersihkan sisa debu pengamplasan
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain yang sudah dilarutkan dengan air lalu aduk hingga homogen. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu menggunakan kuas yang sudah terlapisi kain, cukup dengan tekanan ringan saja sehingga cat tidak terlalu tebal. Diamkan dalam suhu ruangan selama satu jam. Jika sudah kering sentuh, amplas ambang menggunakan kertas amplas no. 400
  4. Aplikasikan Biovarnish Clear Coat yang juga sudah dilarutkan air. Setelah diaplikasikan, perhatikan tampilan pada lapisan cat di meja tersebut pada 30 menit pertama. Apabila tampilan belum sesuai dengan yang diinginkan maka Anda dapat mengulangi tahap ini. Sebelum diaplikasikan kembali, amplas terlebih dahulu permukaan kayu menggunakan kertas amplas no. 400 lalu dilanjutkan dengan mengaplikasikan Biovarnish Clear Coat. Apabila sudah mendapatkan hasil yang diinginkan,diamkan selama 24 jam hingga meja tamu benar-benar siap digunakan.

Grosir Cat Kayu Tahan Air BioVarnish

Cat kayu dari grosir cat kayu tahan air BioVarnish ini dijamin aman sebab formulasi bahan yang digunakan telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperti regulasi United State EPA dan ECHA. Sehingga, kandungan bahan yang ada didalamnya tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan rendah VOC.

Selain pada kayu, Biovarnish juga dapat diaplikasikan pada berbagai media seperti bambu, rotan, enceng gondok dan serat alam lainnya. Hal ini dikarenakan Biovarnish memiliki daya rekat film dan transparansi warna yang bagus untuk finishing pada media tersebut.

Untuk mengetahui informasi lebih detail mengenai produk, silahkan menghubungi bagian customer service dari grosir cat kayu tahan air Biovarnish melalui kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini atau melalui e-mail yakni [email protected]

Sedangkan untuk pembelian online lainnya, Anda dapat membeli produk Biovarnish yang tersedia di marketplace dibawa ini:

Bukalapak www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Tokopedia : www.tokopedia.com/biopaint102

Shopee: www.shopee.co.id/biovarnish.official

Sedangkan untuk pembelian offline, Anda dapat mengunjungi Bio Office yang berada di Yogyakarta, Cirebon dan Jepara. Atau di toko-toko retail di daerah Anda. Untuk informasi toko retail yang menyediakan Biovarnish, Anda dapat mengikuti informasi di social media Bioindustries.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here