Cat Finishing Kayu Water Based untuk Furniture yang Awet dan Menawan

716

Cat finishing kayu water based merupakan produk cat untuk memperindah tampilan sekaligus untuk perawatan furniture kayu.

Cat finishing kayu water based mulai dikenal oleh masyarakat. Hal ini dilandasi oleh suatu kesadaran akan pentingnya kesehatan dan kondisi lingkungan. Cat water based berbeda dengan cat minyak (solvent based). Cat ini berpelarut air. Kandungan air dan bahan non logam membuat cat ini ramah lingkungan. Selain itu, tidak ada dampak buruk yang ditimbulkan pada kesehatan manusia terutama anak-anak.

Kehadiran cat water based menjadi kabar gembira masyarakat dunia yang khawatir akan dampak buruk cat kayu yang mengandung senyawa kimia. Dampak buruk yang diakibatkan oleh cat dengan senyawa kimia tersebut diantaranya adalah kerusakan lingkungan seperti melebarnya lapizan ozon yang menjadi penyebab utama pemanasan global, polusi air. Selain itu, senyawa kimia tersebut juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti kerusakan syaraf motorik, pernafasan, kanker dan kematian.

CS Biovarnish

Cat finishing kayu water based tidak hanya unggul dalam keamanan lingkungan dan kesehatan. Akan tetapi, produk ini mampu memperindah setiap furniture kayu sebagaimana cat solvent based. Ada berbagai pilihan finishing kayu yang bisa Anda sesuaikan dengan desain rumah atau ruangan. Furniture bisa dicat dengan tipe warna transparan, solid, wash color, patina color, vintage, rustic, atau charcoal.

Kegunaan cat ini tidak hanya focus pada efek tampilan. Akan tetapi, pengaplikasiannya juga bertujuan sebagai perawatan. Cat finishing kayu water based memiliki keunggulan daya tutup yang tinggi. Produk ini efektif menutup pori-pori pada kayu sehingga permukaan atau teksturnya menjadi lebih halus. Bahan-bahan cat kayu water based melindungi furniture dari serangan jamur, bakteri, cuaca. Kelebihan lainnya, biasanya kadar VOC dan logam berat  di bawah ambang batas yang ditetapkan.

Memilih Cat Finishing Kayu Water Based Sebagai Wujud Cinta Keluarga dan Lingkungan

Rumah adalah hunian bagi keluarga untuk beristirahat dan berkumpul. Bangunan ini selalu didesain dengan banyak ruangan apapun ukurannya. Pasti akan banyak furniture yang dibutuhkan mulai dari tempat tidur, meja, kursi, almari, dll. Semua kebutuhan rumah tersebut tidak bisa lepas dari sentuhan manusia. Bahkan anak-anak pun akan menyentuhnya baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

Cat Finishing Kayu Water Based untuk Furniture yang Awet dan MenawanCat finishing kayu water based akan menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga. Selain itu, cat ini menjamin keseimbangan ekosistem yang ada disekitarnya. Produk water based tidak akan menimbulkan penyakit berbahaya seperti kanker, iritasi kulit, iritasi mata, jantung, ginjal, dan penyakit akut lainnya. Cat ini juga tidak menimbulkan bau menyengat seperti cat minyak yang dapat menimbulkan rasa pusing saat proses aplikasi. Terkontimasi senyawa kimia berbahaya tersebut pada umumnya sangat membahayakan manusia ataupun hewan terlebih jika pada anak-anak. Dengan demikian, kandungan aman pada cat water based tersebut tetap aman dan nyaman bagi orang dewasa, anak-anak ataupun hewan.

Bio Industries mempelopori terciptanya cat finishing kayu water based di Indonesia. Produk-produk dari Bio Industries dibuat sesuai dengan standar regulasi ECHA dari Eropa dan US-EPA sehingga produk-produknya ramah lingkungan.  European Chemical Agency (ECHA) Reach Relugation adalah regulasi yang mengatur, mengawasi, dan membatasi bahan kimia beracun dalam suatu produk. Sedangkan US-EPA (United Stated Environmental Protection Agency merupakan regulasi yang mengatur dan membatasi kandungan bahan kimia dalam golongan VOC (Volatile Organic Compound) content dari Amerika Serikat.

Adapun produk-produk finishing Bio Industries yang aman dan ramah lingkungan diantaranya adalah Biovarnish dan BioColours. Kedua cat tersebut memiliki peran yang sama yakni mempercantik sekaligus melindungi media yang dilapisinya dari berbagai kerusakan seperti udara lembab, jamur ataupun serangga. Namun, kedua cat tersebut memiliki kegunaan yang berbeda.

Biovarnish

Biovarnish merupakan cat kayu water based yang khusus digunakan untuk finishing natural kayu. Cat kayu ini memiliki berbagai varian produk finishing yang akan mempermudah proses finishing bagi aplikatornya. Pasalnya, untuk setiap tahap finishing, Biovarnish menyediakan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan finishing diantaranya adalah Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Sanding Sealer, Biovarnish Clear Coat dan Biovarnish Glaze.

Cara aplikasi Biovarnish:

  1. Bersihkan permukaan media finishing dari debu atau noda membandel untuk mempermudah proses finishing
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler yang sudah dilarutkan dengan air yakni 2 bahan : 1 air. Gunakan pisau palet ketika diaplikasikan pada media finishing. Diamkan dalam suhu ruangan selama 20-30 menit. Setelah kering, amplas menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 240
  3. Aplikasikan Biovarnish Liquid Stain/Biovarnish Wood Stain. Larutkan terlebih dahulu dengan perbandingan 2 bahan : 1 air lalu aduk hingga homogen. Kuaskan atau semprotkan ke seluruh permukaan media finishing. Diamkan kurang lebih 60 menit dalam suhu ruangan. Apabila sudah kering sentuh, amplas ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  4. Gunakan Biovarnish Sanding Sealer. Larutkan air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air lalu aduk hingga homogen. Semprotkan ke seluruh permukaan media finishing hingga merata. Lalu diamkan dalam suhu ruangan selama 60 menit. Apabila sudah kering sentuh, amplas ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  5. Gunakan Biovarnish Clear Coat. Larutkan air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air lalu aduk hingga homogen. Aplikasikan ke seluruh permukaan media finishing dengan metode kuas atau semprot. Lalu diamkan selama 24 jam hingga kering packing.

BioColours

BioColours merupakan cat kayu water based yang khusus digunakan untuk finishing dengan tampilan solid colour. Cat kayu ini terdiri dari berbagai varian produk digunakan sesuai dengan kebutuhan diantararanya adalah BioColours BioDuco dan BioColours BioThane. BioColours BioDuco seperti halnya dengan Biovarnish yang terdiri dari berbagai varian produk seperti BioDuco Wood Putty, BioDuco Primer Coat, BioDuco Solid Colour dan BioDuco Topcoat. Sedangkan untuk BioColours BioThane merupakan cat kayu khusus yang digunakan untuk furniture heavy duty ataupun digunakan pada furniture yang terpapar cuaca extreme seperti di pantai.

Cara Aplikasi BioDuco:

  1. Bersihkan permukaan media finishing dengan cara diamplas untuk mempermudah coating melekat sempurna.
  2. Larutkan BioDuco Primer Coat dengan perbandingan 2 bahan: 1 air hingga homogen. Semprotkan ke seluruh permukaan media finishing hingga merata lalu diamkan hingga kering. Dan apabila sudah kering, amplas permukaan media finishing menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  3. Aplikasikan BioDuco Solid Colour yang sudah dilarutkan dengan perbandingan 2 bahan: 1 air. Diamkan lapisan cat tersebut hingga kering dan apabila sudah kering lalu amplas menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400. Apabila warna cat belum terlihat tajam maka aplikasikan kembali cat duco lagi.
  4. Aplikasikan BioDuco Topcoat yang dilarutkan dengan air yakni dengan perbandingan 2 bahan: 1 air. Kemudian semprotkan ke seluruh permukaan media finishing hingga merata. Lalu diamkan selama semalaman hingga cat tersebut kering dan siap digunakan.

Baik Biovarnish ataupun BioColours keduanya cepat kering dan tanpa harus dikeringkan dibawah sinar matahari. Pasca finishing menggunakan produk Biovarnish dan BioColours tersebut tidak perlu khawatir akan bau menyengat sebab cat tersebut tidak mengalami penguapan. Karena tidak mengalami penguapan membuat cat water based ini tidak mudah memudar dan lebih tahan lama. Berbeda dengan cat kayu pada umumnya yang dengan mudah memudar terlebih jika tampilan tersebut adalah gloss. Hal tersebut disebabkan cat mengalami penguapan.

Kenapa cat dapat menguap? Cat kayu yang mudah menguap pada umumnya disebabkan oleh kandungan minyak pada cat tersebut. Kandungan minyak tersebut tidak hanya menyebabkan cat kayu tersebut cepat memudar melainkan juga lama kering selama proses pengeringan.

Pasca finishing, seyogyanya adalah merawat furniture secara rutin dari debu. Debu yang memandel dapat menyebabkan tampilan furniture terlihat lebih kusam. Cara menghilangkan debu membandel ini tidak mudah karena tidak cukup hanya dihilangkan dengan lap setengah basah melainkan harus dioleskan poles kayu atau bahkan refinishing.

Demikian pentingnya cat water based dalam kebutuhan sehari-hari terutama furniture yang selalu digunakan dalam rumah. Dengan kandungan bahannya yang aman akan membuat rasa nyaman disekitar lingkungan Anda. Pastikan untuk saat ini menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan dan aman digunakan demi kesehatan dan kenyamanan orang serta lingkungan sekitar.

Cat finishing kayu water based Bio Industries tersedia dalam berbagai varian. Info produk dan pemesanan dapat menghubungi customer care kami melalui phone/ fax: +62274388301. Kantor pusat Bio Industries berada di jl Sidikan no 94 Yogyakarta 55126. Website Bio Industries: hargacat.com  dan email: [email protected]

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here