Alasan Menggunakan Pintu Garasi dari Kayu

43
Cara Merawat Kayu Setelah Finishing Warna Natural

Pemilihan pintu garasi kayu cocok diterapkan pada semua desain rumah termasuk rumah minimalis. Untuk menjaga kualitas pintu garasi sebaiknya lakukan perawatan yang benar.

Desain pintu garasi saat ini cukup beragam dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan rumah. Meskipun demikian, perhatikan kembali model, fungsi dan biaya yang harus dikeluarkan.

Jika rumah Anda ingin pintu garasi terlihat modern dengan kecanggihan teknologi tertentu, mungkin akan dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, perawatan yang dibutuhkan tidak sedikit dan tentu saja butuh teknisi khusus untuk beberapa kasus. Untuk garasi dengan model sederhana, Anda bisa menggunakan pintu garasi manual.

Alasan Anda Harus Pakai Pintu Garasi Kayu

CS Biovarnish

Ketika memilih pintu garasi, Anda pasti mempertimbangkan beberapa hal, salah satunya adalah material yang digunakan. Pintu garasi terdiri dari berbagai macam material seperti besi holo, stainless atau pun kayu.

Untuk menampilkan kesan natural maka tidak ada salahnya jika memilih pintu garasi dari kayu. Kenapa harus menggunakan kayu?

Banyak orang mempertimbangkan dengan matang ketika memilih pintu garasi dari kayu. Berikut beberapa aspek yang harus Anda ketahui ketika memilih untuk menggunakan pintu garasi dari kayu.

  • Cocok Untuk Iklim Tropis

Indonesia adalah salah satu negara dengan iklim tropis dengan dua musim yakni musim kemarau dan musim hujan. Penggunaan kayu sangat cocok untuk iklim tropis karena dikenal sebagai isolator terbaik.

Kondisi Indonesia yang cenderung panas membuat suhu juga cukup panas. Kayu adalah salah satu material yang baik untuk menyerap panas sehingga kondisi ruangan tidak terlalu panas. Pintu garasi dengan material kayu sangat cocok untuk hunian rumah di Indonesia.

Lalu bagaimana dengan bagian Indonesia yang cenderung dingin? Meskipun bagian Indonesia yang dingin, kayu masih dapat digunakan karena kondisi cuaca dingin di Indonesia tidak seekstrem di negara dengan empat musim.

  • Kayu Sangat Kokoh

Kayu tergolong material yang kokoh sehingga dapat tahan lama. Namun, jika Anda tinggal di tempat yang cenderung anginnya kencang, alangkah baiknya untuk desain pintu tidak menggunakan pintu ganda atau bentangan panel pintu yang lebar.

Model pintu garasi semacam ini tidak disarankan bagi rumah yang di daerahnya cenderung berangin.

  • Pintu Garasi Tidak Mudah Membusuk Jika Dirawat

Untuk rumah di daerah yang intensitas curah hujannya tinggi membuat kayu akan mudah membusuk. Pintu garasi dari kayu akan mudah membusuk jika selalu tergenang air hujan apalagi sampai terkena kebanjiran.

Namun, Anda dapat merawat pintu garasi agar tidak mudah membusuk dengan pemberian antiserangga atau antijamur. Meskipun demikian, penggunaan bahan tersebut bersifat mencegah sehingga apabila sudah terlanjur membusuk maka satu-satunya pilihan adalah diganti.

  • Kayu yang Cocok Untuk Pintu Garasi

Tidak semua jenis kayu cocok digunakan untuk pintu garasi. Penggunaan kayu pada pintu garasi tersebut harus disesuaikan dengan fungsinya. Disarankan untuk menggunakan jenis kayu yang memiliki tingkat keawetan dan ketahanan yang baik.

Kayu jati adalah rekomendasi jenis kayu terbaik untuk material pintu garasi. Selain tampilannya yang berkelas, kayu tersebut juga tahan terhadap serangan jamur, rayap serta tahan terhadap perubahan cuaca.

  • Refinishing Pintu Garasi Secara Rutin

Kenapa pintu garasi harus refinishing atau pengecatan ulang? Ini berlaku untuk semua jenis pintu. Apalagi ika pintu tersebut mulai kusam dan debu mulai menyelimuti permukaan kayu karena jarang dibersihkan.

Debu yang menempel pada permukaan kayu dalam kurun waktu yang lama cukup sulit untuk dibersihkan. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya untuk refinishing. Pengecatan ulang tidak hanya berlaku untuk tampilan kusam saja melainkan juga pada tampilan kayu yang memudar, terdapat cacat pada pintu seperti lubang dan masalah lainnya.

Refinishing yang Bagus untuk Pintu Garasi Kayu

Untuk mengecat ulang pintu garasi kayu, perhatikan bahan finishing yang digunakan. Tidak semua cat kayu memiliki ketahanan yang bagus. Selain itu, gunakan cat kayu yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Cat dengan kandungan bahan yang berbahaya bisa menyebabkan penyakit serius bahkan hingga kematian.

Untuk menghindari penggunaan bahan kimia berbahaya, Anda dapat menggunakan cat kayu yang ramah lingkungan. Biovarnish dan Biothane adalah salah satu cat ramah lingkungan yang direkomendasikan untuk finishing material berbahan kayu dengan tampilan natural.

Untuk proses refinishing, Anda dapat melakukannya sendiri karena cat ini sangat mudah diaplikasikan. Selain itu, Anda hanya cukup menggunakan air sebagai pelarut tanpa harus menggunakan thinner atau bahan sejenis.

Setelah mengetahui teknik aplikasinya, sederhana bukan? Bahkan dalam kurun waktu sehari saja sudah dapat digunakan kembali media yang dicat. Sangat cocok bagi Anda yang memiliki waktu sedikit di rumah atau dilakukan di saat weekend.

Untuk pemesanan Biovarnish dan Biothane, silahkan menghubungi kontak person yang tercantum pada website ini. Jika ingin order lebih sederhana dan cepat, silahkan order melalui marketplace di bahwa ini:

Tokopedoa: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Shopee: https://shopee.co.id/bio.official

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here