Manufaktur Cat Kayu Yang Bagus dan Berkualitas Biovarnish Di Jepara

647

Indonesia dikenal sebagai negara dengan mebelingnya. Produk furniture ataupun kerajinan pun sudah sangat sering keluar masuk ke berbagai negara.

Furniture merupakan salah satu produk unggulan Indonesia yang diproduksi oleh tangan-tangan aplikator yang pandai membuat pola sehingga menghasilkan karya furniture yang indah dan fungsional.

Furniture yangvpaling umum adalah furniture yang terbuat dari kayu. Tidak hanya kayu solid, kayu olahan pun kini banyak dipilih karena tidak kalah menarik dan mengjasilkan furniture sesuai fungsinya.

CS Biovarnish

Sayangnya, tidak semua jenis furniture dapat menggunakan kayu olahan. Nah, terdapat beberapa jenis furniture kayu yang memilih untuk menggunakan kayu solid. Selain menampilkan kesan yang natural, furniture dengan kayu solid juga lebih kokoh. Beberapa diantaranya, kayu dapat diukir. Salah satu furniture ukir paling terkenal di Indonesia adalah furniture dari Jepara.

Jepara merupakan salah satu tempat yang memproduksi furniture dengan tampilan warna natural kayu di Indonesia. Selain itu, ukiran tajam khas Jepara menjadi ciri khas yang menarik dan estetik. Wajar saja, harga jual furniture ukir Jepara tergolong mahal.

Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti proses pengerjaan yang rumit, waktu pengerjaan yang panjang dan kayu yang digunakan pun berkualitas baik. Umumnya, furniture Jepara lebih didominasi dengan tampilan klasik seperti Jawa kuno.

Meskipun terkesan kuno, justru tidak sedikit masyarakat yang menyukainya. Tampilan Jawa kuno pasti identik dengan warna-warna natural kayu yang coklat. Tentu saja, tampilan tersebut menambah kesan antik pada furniture tersebut.

Untuk menciptakan tampilan natural kayu pun ada beberapa cara aplikasi wood stain saja, rustic atau bahkan wash finish. Sedangkan jika Anda ingin mencobanya sendiri maka Anda dapat menggunakan cara clear finish yakni dengan mengaplikasikan wood stain.

Wood stain warna natural kayu yang hingga saat ini digunakan di Indonesia adalah plitur. Cat tersebut sangat mudah dijumpai di pasaran bahkan harganya pun tergolong sangat terjangkau.

Apakah menggunakanbplitur bisa memberikan hasil finishing yang bagus? Hal ini tergantung bagaimana cara Anda mengaplikasikan serta pemilihan plitur yang baik. Kedua hal tersebut sangat berpengaruh sebab apabila Anda memilih plitur berkualitas baik namun cara yang Anda gunakan salah maka tidak menutup kemungkinan hasilnya pun kasar dan tidak rapi begitupula sebaliknya.

Nah, memilih plitur pun juga harus teliti. Bukan berarti plitur yang mahal akan memberikan kualitas yang bagus ataupub sebaliknya. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan diantaranya

– Gunakan plitur yang memiliki daya rekat film yang kuat

– Memiliki transparansi warna yang tajam

– Dapat diaplikasikan baik dengan metode kuas ataupun semprot

– Cepat kering

– No sagging

Jika fitur diatas sudah Anda perhatikan pada plitur yang akan gunakan maka selanjutnya lakukan aplikasi sesuai dengan petunjuk pada kemasan. Selain itu, ada beberapa faktor penting yang perlu Anda perhatikan jika menyasar pangsa pasar internasional.

Cat kayu yang banyak dikenal di Indonesia biasanya masih menggunakan pelarut thinner atau sejenisnya, justru cat ini sangat berdampak buruk untuk lingkungan dan kesehatan bagi penggunanya. Berbeda halnya dengan cat dari manufaktur cat kayu yang bagus Biovarnish yang menggunakan bahan yang jauh lebih aman untuk digunakan.

Faktor kandungan bahan kimia serta VOC pada cat inilah yang perlu Anda perhatikan jika ingin menyasar pasar internasional. Tidak sedikit masyarakat dunia memperhatikan akan faktor ini. Tentu alasannya sudah jelas yakni menjaga lingkungan agar tidak tercemar.

Cat Kayu Yang Tidak Beracun

Cat kayu dengan bahan pelarut thinner memang cenderung berbahaya karena mengandung bahan kimia seperti timbal atau merkuri yang jelas akan berdampak buruk pada kesehatan. selain itu cat berpelarut thinner atau cat solvent based juga memiliki kandungan VOC yang sangat tinggi sehingga akan mencemari lingkungan.

Menurut regulasi United State EPA menyebutkan bahwa VOC merupakan senyawa organik yang berbahaya dan beracun. Senyawa organik tersebut berbentuk gas yang diemulsikan dari benda cair atau padat. Kandungan didalamnya beracun sehingga berdampak buruk pada kesehatan.

Selain itu, cat dengan bahan solvent atau penggunaan resin cenderung mengandunga bahan arsenic atau kandungan karsinogenik. Dalam jangka pendek, aroma cat cenderung sangat menyengat sehingga dapat menyebabkan gangguan penciuman hingga pernafasan.

Tidak ada salahnya jika Anda mulai melakukan pencegahan sebelum hal tersebut terjadi dalam diri Anda atau orang di sekitar Anda. Plitur yang dapat menggantikan fungsinya sebagai cat natural kayu adalah cat water based.

Cat water based merupakan solusi paling tepat bagi Anda yang menginginkan finishing warna natural kayu namun tetap aman selama mengaplikasikannya. Meskipun dibilang lebih mahal dibandingkan plitur konvensional namun fakta di lapangan justru lebih hemat.

Kenapa cat water based justru lebih hemat dibandingkan cat konvensional? Ketika Anda menggunakan cat water based maka Anda tidak perlu melarutkannya dengan thinner atau pelarut organik lainnya. Melainkan, Anda hanya cukup menggunakan air saja untuk menurunkan intensitas warna cat.

Meskipun penggunaan pelarutnya adalah air, bukan artinya cat ini akan mudah luntur. Justru cat water based sebaliknya, ketika terkena air maka cat ini tahan lebih lama. Karena penggunaan air pula, cat ini tidak mudah menguap sehingga tampilannya akan tetap tajam meskipun lebij dari lima tahun.

Berbeda halnya dengan cat konvensional yang notabene lebih mudah pudar karena terjadinya penguapan. Awalnya, memang cat ini terkesan sangat mengkilap namun lambat laun tampilannya memudar seiring kandungan cat yang menyuap.

Cat water based yang direkomendasikan untuk dapat Anda gunakan di Jepara ataupun berbagai wilayah di Indonesia adalah Biovarnish. Cat ini merupakan cat lokal yang kualitasnya layaknya cat dari merk dagang luar negeri.

Cat kayu yang aman seperti cat dari manufkatur cat kayu yang bagus Biovarnish ini notabene menggunakan bahan dasar air yang mudah dijumpai di lingkungan sekitar Anda. Cat tersebut jauh lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya selain itu juga rendah VOC.

Manufaktur Cat Kayu Yang Bagus Biovarnish

Cat dari manufaktur cat kayu yang bagus Biovarnish merupakan cat kayu yang menggunakan bahan water based acrylic yang telah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional seperti US EPAd an ECHA.

Dengan memperhatikan standar keamanan internasional, Biovarnish mampu memberikan kualitas terbaik. Selain itu, Biovarnish juga akan lebih aman dan nyaman saat diaplikasikan. Anda tidak akan terganggu bau cat yang menyengat ataupun khawatir akan kandungan bahan yang beracun. Sebab, Biovarnish rendah VOC, tanpa bahan kimia berbahaya dan tidak menimbulkan bau cat yang menyengat.

Cat kayu Biovarnish juga diformulasikan khusus sebagai pengganti cat kayu solvent based seperti plitur atau pernis sehingga sangat cocok diaplikasikan untuk finishing furniture dengan tampilan warna natural kayu. Sebab cat kayu ini memiliki transparansi warna yang bagus dan tajam selain itu cat ini mdah diaplikasikan, tahan air, anti jamur dan cepat kering.

Sehingga cat ini dapat digunakan untuk keperluan indoor ataupub outdoor. Nah, untuk hasil finishing natural kayu maka perhatikan langkah finishing dengan Biovarnish dibawah ini:

  •  Sebelum mengaplikasikan Biovarnish, alangkah baiknya ampelas terlebih dahulu media finishing yang akan di cat. Hal ini bertujuan agar permukaan media tersebut siap di cat sehingga permukaannya rata dan bersih
  • Untuk menutup bagian yang cacat seperti lubang bekas paku ataupun untuk menutup pori-pori kayu yang tampak besar seperti halnya kayu glugu maka Anda dapat mengaplikasikan Biovarnish Wood Filler. Setelah diaplikasikan, cukup diamkan selama 20-30 menit lalu ampelas ulang menggunakan kertas ampelas no. 320
  • Lalu lanjutkan dengan mengaplikasikan wood stain yakni Biovarnish Wood Stain ataupun Biovarnish Liquid Stain. Setelah diaplikasikan secara merata, diamkan dalam suhu ruangan selama 60 menit. Lalu ampelas ambang menggunakan kertas ampelas no. 400
  • Anda dapat menggunakan Biovarnish Sanding Sealer jika menginginkam hasil yang lebih halus. Namun, Anda juga dapat melewati tahap ini jika menginginkan langkah finishing yang lebih cepat
  • Untuk mengunci warna sekaligus memberikan sentuhan akhir maka aplikasikan Biovarnish Clear Coat

Pastikan Anda menggunakan cat kayu dengan kandungan bahannya yang aman agar tidak mengganggu kesehatan serta lingkungan sekitar Anda.

Bingung harus membeli dimana? Ayo tekan nomor pada seluler Anda sesuai dengan nomor kontak hotline pada website ini untuk pemesanan! Atau Anda dapat memesan sekaligus konsultasi melalui e-mail yakni [email protected]

Apakah sudah ada di shopee ataupun marketplace lainnya? Anda tidak perlu khawatir, kini Biovarnish telah tersedia di berbagai marketplace kesayangan Anda.

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Untuk pembelian offline, Biovarnish juga telah tersedia di Jepara dan sekitarnya. Nah, sudah tahu kan pentingnya penggunaan produk-produk ramah lingkungan di era ini? Dengan memulai dari penggunaan produk ramah lingkungan maka Anda sudah ikut serta dalam menjaga lingkungan serta kesehatan orang yang Anda sayangi.

Yuk, pastikan sejak sekarang untuk selalu menggunakan produk ramah lingkungan guna menjaga lingkungan tetap terjaga dan aman.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here