Tampak Baru. Ini Lah Cara Mengecat Ulang Pintu Sliding Kayu Jelang Lebaran

40

Menjelang lebaran, apa yang sudah Anda persiapkan untuk hunian rumah Anda? Banyak orang akan membersihkan rumah dan memperbarui tampilan rumah agar menarik dipandang. Salah satu yang perlu diperbarui adalah daun pintu yang tampilannya mulai kusam atau cat pada pintu mulai memudar. Maka dari itu, pentingnya untuk mengecat ulang pintu terlebih pintu sliding yang selalu bergesekan.

Mengecat ulang pintu sliding kayu jelang lebaran menjadi momen yang tepat. Dengan memperbarui tampilan natural kayu menjelang lebaran justru membuat orang yang berkunjung pun terkesan nyaman. Nah, mengenai kenyamanan sebaiknya pula gunakan cat kayu yang aman dan tidak mengeluarkan bau yang sangat menyengat. Cat kayu yang aman membuat orang merasa lebih nyaman karena tidak terkontaminasi bahan-bahan kimia berbahaya yang bisa saja menyebabkan masalah kesehatan.

Kini, cat kayu yang aman ini sudah mudah ditemukan di pasaran di Indonesia. Cat kayu tersebut merupakan cat kayu water based yang tidak menggunakan pelarut organik. Cat water based cukup menggunakan pelarut air sehingga tidak menimbulkan bau menyengat. Ya, cat kayu yang mengeluarkan bau menyengat tidak hanya dari cat kayu itu sendiri melainkan juga dari pelarut yang digunakan tersebut. Meskipun cat kayu aman ini belum terlalu familiar di Indonesia namun keberadaannya justru berkembang dibandingkan cat kayu solvent based.

CS Biovarnish

Untuk mengecat ulang furniture Anda sebaiknya aplikasikan cat kayu water based terlebih jika digunakan untuk indoor. Sirkulasi udara dalam ruangan harus lancar dan bersih sehingga partikel zat kimia pada cat tersebut bisa berganti. Maka dari itu, ketika cat kayu solvent based digunakan pada furniture harus diangin-anginkan terlebih dahulu di tempat terbuka agar uap cat bisa hilang. Berbeda jika cat water based yang tidak menguap dan mengeluarkan bau menyengat justru bisa langsung digunakan.

Begini Cara Mengecat Ulang Pintu Sliding Kayu Jelang Lebaran

Apa sih cat kayu water based yang bagus di Indonesia? Di Indonesia, cat kayu water based masih tergolong langka sehingga wajar saja jika cat kayu berbahan dasar ini belum banyak dibandingkan cat solvent based. Cat kayu berbahan dasar air yang direkomendasikan adalah Biovarnish. Cat kayu ini terbuat dari water based acrylic yang sudah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US EPA dan ECHA Reach sehingga kandungan bahan kimia dan VOC pada sangat dibatasi penggunaannya. Jadi wajar saja jika cat kayu ini juga bisa digunakan untuk finishing furniture bayi, mainan anak-anak ataupun furniture yang bersinggungan langsung dengan anak-anak.

Aplikasi cat kayu water based Biovarnish sama halnya dengan cat kayu pada umumnya. Metode finishing yang digunakan pun mudah karena bisa menggunakan metode finishing kuas ataupun semprot. Nah, agar hasil mengecat ulang pintu sliding kayu jelang lebaran bisa optimal, lakukan tahapan pengecatan berikut ini:

  1. Pintu sliding diamplas terlebih dahulu hingga bersih dan sisa cat lama benar-benar hilang agar mudah diaplikasikan cat dan warna yang ditimpakan pun tampak sama rata.
  2. Samarkan cacat pada kayu dengan mengaplikasikan Biovarnish Wood Filler. Aplikasikan dengan pisau palet pada bagian yang cacat lalu diamkan selama 20-30 menit. Setelah kering, amplas hingga permukaan kayu sama rata.
  3. Sebagai pewarnaan dan meremajakan tampilan pintu sliding, aplikasikan Biovarnish Liquid Stain. Kuaskan atau semprotkan ke seluruh permukaan kayu lalu diamkan selama 60 menit. Setelah kering sentuh, amplas ambang seluruh bagian pintu yang di cat.
  4. Gunakan Biovarnish Sanding Sealer untuk menguatkan coating sebelumnya. Lakukan langkah finishing seperti pada tahap sebelumnya.
  5. Gunakan Biovarnish Clear Coat matte atau gloss dan BioCide SPF untuk melindungi pintu sliding kayu dari serangan jamur. Setelah Biovarnish Clear Coat, BioCide SPF dan air dicampurkan dan diaduk hingga homogen, aplikasikan ke seluruh permukaan kayu  searah serat kayu. Kemudian diamkan selaman 24 jam atau semalaman agar mendapatkan hasil yang maksimal.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here