Cat Kayu Untuk Pengecatan Ulang Bagian Rumah Yang Berbahan Kayu

1529

Tampilan yang sudah mulai kusam pada bagian rumah yang dibuat dari kayu dapat diatasi dengan pengecatan ulang menggunakan cat kayu Biovarnish.

Cat Kayu Untuk Pengecatan Ulang

Penggunaan material kayu untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan beberapa bagian pada konstruksi rumah masih tetap diterapkan hingga saat ini. Meskipun saat ini sudah jarang terdapat rumah yang menggunakan bahan dasar kayu sebagai material utamanya, tetapi unsur kayu tetap ada di bagian-bagian tertentu.

CS Biovarnish

Bagian yang terbuat dari kayu ini membutuhkan perawatan yang lebih dibandingkan pada bagian lain. Jika kayu yang digunakan merupakan kayu dengan keawetan serta ketahanan kelas I, sangat besar kemungkinan lebih awet.

Berbeda halnya dengan kayu seperti kayu lunak notabene sifat ketahanan dan keawetannya yang lemah sehingga lebih mudah lapuk dan rusak. Apabila kayu lunak ini digunakan sebagai furniture atau pun perabotan rumah tangga maka dibutuhkan perawatan rutin.

6 Faktor Furniture Atau Konstruksi Bangunan Dari Kayu Harus Di Cat Ulang

Di Indonesia, kayu adalah material yang sangat mudah untuk dijumpai. Hal ini dikarenakan banyaknya pepohonan yang tumbuh di negara ini. Selain itu, banyak jenis kayu yang bisa Anda gunakan guna keperluan rumah baik sebagai furniture, konstruksi bangunan, perabotan atau pun hiasan rumah.

Tidak semua jenis kayu memiliki karakter yang sama. Bahkan dari satu kayu dengan kayu lainnya saja dapat memberikan tampilan dan karakter yang berbeda. Oleh karena itu, secara umum banyak pengusaha atau pengrajin menggunakan jenis kayu tertentu guna menciptakan kesan estetik.

Penggunaan kayu untuk furniture memang terkesan awet namun apabila tidak dirawat dengan baik maka akan menimbulkan masalah pada kayu tersebut seperti debu membandel, jamur hingga rayap. Tidak mau hal tersebut terjadi, bukan?

Selain itu, tampilan furniture yang sudah lama akan menjadi lebih usang sehingga dibutuhkan pengecatan ulang. Ada pun faktor furniture kayu harus di cat ulang sebagai berikut:

  • Tidak Rutin Dibersihkan

Furniture yang jarang dibersihkan akan menumpuk debu. Sedangkan debu apabila tidak segera dibersihkan atau sudah lama tidak dibersihkan akan mengendap.

Debu yang mengendap akan membuat tampilan furniture menjadi lebih kusam dan sulit untuk dibersihkan. Oleh karena itu, sangat penting membersihkan debu dari permukaan furniture setiap harinya.

  • Tumpahan Air

Kenapa furniture yang tertumpah air harus di cat ulang? Bagian furniture yang tertumpah furniture akan membuat tampilan cat menjadi memudar. Tentu tidak dapat diatas hanya bagian yang tertuang air saja melainkan harus di cat ulang secara keseluruhan.

Apabila hanya mengecat bagian furniture yang tertuang air tersebut maka akan membuat tampilan furniture menjadi tidak sama. Alhasila akan mengganggu estetik furniture tersebut.

  • Usia

Furniture yang sudah lama akan membuat tampilannya lebih kusam. Tampilan cat ini akan terlihat lebih kusam pada cat yang menggunakan bahan dari solvent based. Pasalnya, cat solvent based mengalami penguapan yang membuat tingkat warna dari cat tersebut lambat-laun memudar.

Cat yang sudah memudar terlebih karena faktor usia harus segera di cat ulang. Karena, cat yang pudar justru memiliki daya proteksi yang rendah sehingga membuat kayu akan lebih cepat rusak dan lapuk.

  • Akibat Jamur

Apabila furniture sudah mulai terserang jamur permukaan maka warnanya pun juga akan memudar. Meskipun jamur tersebut dapat di sapu dengan lap kering namun jamur tersebut dapat muncul kembali.

Nah, sebelum furniture tersebut di cat ulang maka atasi terlebih dahulu masalah jamur tersebut. Oleh karena itu, Anda dapat mengaplikasikan obat anti jamur terlebih dahulu sehingga jamur tersebut dapat menghilang.

Setelah jamur tersebut menghilang maka Anda dapat mengecat ulang furniture tersebut.

  • Adanya Goresan

Furniture yang terkena goresan benda tumpul akan membuat tampilan menjadi kurang menarik. Untuk mengecat ulang furniture tersebut tidak boleh asal di cat begitu saja melainkan harus di dempul terlebih dahulu.

  • Terpapar Sinar Matahari Atau Air Hujan Dalam Jangka Waktu Yang Lama

Furniture yang terkena sinar matahari secara terus-menerus juga akan membuat tampilan furniture tersebut menjadi lebih cepat kusam. Tidak hanya berlaku pada furniture outdoor saja melainkan juga furniture indoor yang selalu terkesan sinar matahari.

Oleh karena itu, untuk menjaga kualitas tampilan furniture dari paparan sinar matahari maka gunakan cat kayu dengan fitur weather resistance sehingga furniture dapat bertahan lebih lama.

Pengecatan Ulang Bagian Kayu Pada Rumah

biovarnish-woodstain

Salah satu kelemahan kayu yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan rumah adalah kerentanannya akan kerusakan yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor di atas.

Hal inilah yang membuatnya menjadi ditinggalkan dan digantikan untuk material pembangunan rumah. Akan tetapi, pada bagian rumah yang masih menggunakan bahan ini seperti pada jendela, pintu maupun kusen, risiko tersebut masih terbuka lebar.

Untuk itu, diperlukan perhatian khusus pada bagian-bagian tersebut. Salah satu bagian pada kayu yang sering rusak adalah pada lapisan finishingnya. Kerusakan pada lapisan finishing bisa disebabkan karena pemakaian atau paparan cuaca.

Hal ini dapat membuat tampilan kayu menjadi kusam, pudar bahkan tergores. Tampilan ruah secara keseluruhan pun akan menjadi tidak menarik. Agar hal tersebut tidak terjadi, diperlukan proses pengecatan ulang pada bagian tersebut. Hasil yang memuaskan bisa diperoleh ketika menggunakan cat kayu berkualitas seperti Biovarnish sebagai bahan finishingnya.

Tampilan yang sering dipakai pada bagian rumah yang berbahan kayu adalah tampilan natural. Lapisan finishing yang lebih baik dengan tampilan ini bisa didapat dengan pemakaian Biovarnish sebagai material cat kayusaat dilakukan pengecatan ulang. Produk ini memiliki warna yang transparan dan tajam untuk memperlihatkan serat asli kayu dengan lebih menarik.

Biovarnish sendiri sangat cocok untuk diaplikasikan di bagian rumah karena aman. Produk ini dibuat dari bahan water based rendah racun yang tidak akan membahayakan penghuni rumah.

Cat kayu ini pun telah dapat memenuhi standar keamanan bahan finishing yang berlaku di negara-negara maju menurut ketentuan US-EPA dan EU-ECHA. Biovarnish dapat diperoleh dengan harga yang terjangkau, sekitar Rp. 81.000 per kg.

Biovarnish terdiri dari berbagai macam produk finishing water based yang dapat memenuhi proses pengecatan ulang Anda. Seperti halnya dempul, sanding sealer hingga clear coat.

Berikut tahap pengecatan ulang untuk furniture karena tampilannya yang mulai kusam:

  1. Ampelas terlebih dahulu sisa cat agar warna finishing lebih rata dan cat dapat melekat dengan sempurna.
  2. Gunakan Biovarnish Wood Filler untuk mengatasi cacat pada kayu seperti lubang, retak dan lain sebagainya. Setelah diaplikasikan, diamkan selama 20-30 menit. Kemudian ampelas menggunakan kertas ampelas grid 320
  3. Aplikasikan Biovarnish Liquid Stain untuk pewaraan yang sebelumnya sudah dilarutkan dengan air. Anda dapat menggunakan cara kuas atau semprot ketika mengaplikasikannya. Setelah diaplikasikan, diamkan selama 60 menit dalam suhu normal. Kemudian ampelas ambang menggunakan kertas ampelas grid 400 apabila sudah kering sentuh.
  4. Gunakan Bioavarnish Sanding Sealer untuk memperhalus tekstur cat. Setelah diaplikasikan, diamkan selama 60 menit kemudian ampelas ambang menggunakan kertas ampelas grid 400
  5. Untuk mengunci warna, aplikasikan Biovarnish Clear Coat yang sebelumnya sudah dilarutkan dengan air. Kemudian diamkan selama semalaman atau cat benar-benar kering. Setelah cat kering, furniture tersebut sudah dapat digunakan.

Baca Juga : cara mendempul kayu kusen

Anda tidak perlu khawatir mengenai bau cat karena Biovarnish tidak mengeluarkan bau cat yang menyengat. Selain itu, cat tersebut tidak mengalami penguapan sehingga dapat langsung digunakan atau ditempatkan di dalam ruangan.

Oleh karena itu, Biovarnish merupakan cat kayu yang ramah lingkungan bahkan aman bagi anak-anak sekali pun. Karena kandungan bahan cat yang aman, Biovarnish juga aman jika digunakan untuk finishing mainan anak.

Untuk informasi dan pembelian, dapat menghubungi kontak hotline yang sudah tercamtum pada website ini. Untuk order lebih cepat, silahkan order melalui marketplace di bawah ini:

Shopee: https: https://shopee.co.id/biovarnish.official

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here