Penting Kah Mengecat Ulang Tikar Kayu Plywood Persiapan Lebaran?

41

Kayu merupakan material dari alam yang paling sering digunakan untuk kepentingan hunian rumah mulai dari kontruksi bangunan, furniture ataupun kerajinan. Sayangnya, kayu solid saat ini dijual cukup mahal karena materialnya yang mulai langka. Hal ini disebabkan karena peminatnya yang semakin meningkat. Karena faktor tersebut, banyak pengrajin atau pengusaha kayu mulai mengganti kayu solid dengan kayu olahan yang jauh lebih terjangkau namun hasilnya pun hampir sama.

Salah satu kayu olahan yang berkualitas dan cukup terjangkau adalah plywood. Kayu ini merupakan lembaran-lembaran kayu yang dipres hingga benar-benar membentuk lembaran kayu yang siap digunakan sebagai material furniture atau perabotan hunian seperti tikar kayu. Namun, tampilan tikar kayu kadangkala mudah memudar karena sering terkena gesekan. Untuk mengembalik tampilan tikar kayu terlebih menjelang lebaran saat ini, sebaiknya cat ulang tikar kayu tersebut.

Mengecat ulang tikar kayu plywood persiapan lebaran sebaiknya dilakukan sendiri karena lebih cepat dan tampilan yang diingikan pun bisa dipilih sendiri. Yang perlu diperhatikan dalam mengecat ulang saat dilakukan sendiri adalah teknik finishing dan cat kayu yang digunakan. Kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang yang belum terbiasa mengecat furniture adalah melakukan pengecatan dengan satu produk cat saja sehingga hasil warnanya tidak sama rata dan kasar.

CS Biovarnish

Sedangkan cat kayu yang digunakan untuk mengecat adakalanya tidak dilarutkan dengan pelarutnya. Seperti yang diketahui, meskipun cat kayu tersebut dalam bentuk liquid tetap saja membutuhkan pelarut untuk menurunkan intensitas warnanya. Selain memperhatikan cat kayu dan teknik finishing, yang perlu Anda perhatikan adalah kandungan bahan pada cat kayu. Pasalnya, cat kayu yang digunakan untuk mengecat ulang tikar kayu plywood persiapan lebaran besok harus membuat nuansa ruangan terkesan nyaman. Tidak ingin bau cat kayu yang tamu berkunjung, bukan?

Cara Mengecat Ulang Tikar Kayu Plywood Persiapan Lebaran

Cat kayu yang ramah lingkungan agar lingkunngan sekitar Anda merasa nyaman dan tidak mengalami masalah kesehatan adalah Biovarnish. Cat kayu Biovarnish merupakan cat kayu yang terbuat dari bahan dasar air yang aman. Cat ini sangat aman dan tidak berdampak buruk karena bahan-bahannya diformulasikan khusus sesuai dengan standar regulai keamanan bahan kimia internasional yakni EPA dan ECHA Reach. Sehingga kandungan bahan kimia dan VOC pada Biovarnish sangat dibatasi agar aman. Bahkan cat kayu Biovarish juga aman untuk finishing mainan anak-anak atau pun furniture bayi.

Berikut Cara mengecat ulang tikar kayu lywood persiapan lebaran menggunakan Biovarnish agar aman dan orang diksekitar Anda pun nyaman:

  1. Amplas terebih dahulu seluruh permukaan tikar kayu hingga sisa cat hilang, Dengan hilangnya cat lama pada tikar kayu akan memberikan tampilan natural kayu yang lebih tajam ketika diaplikasikan cat kayu yang baru
  2. Untuk menyamarkan bekas cacat pada kayu, gunakan Biovarnish Wood Filler. Aplikasikan ke bagian yang cacat kemudian tunggu hingga kering setidaknya 30 menit. Kemudian amplas yang sudah diberikan filler kayu hingga serat kayunya pun terlihat
  3. Kuaskan atau semprotkan Biovarnish Liquid Stain sesuai warna yang diinginkan ke seluruh permukaan plywood. Kemudian, diamkan tanpa harus dikeringkan dibawah sinar matahari selama 60 menit. Jika sudah kering senutuh, amplas ambang seluruh permukaan kayu.
  4. Untuk cat lebih tajam, semprotkan Biovarnish Sanding Sealer yang sebelumnya dilarutkan dengan air ke seluruh permukaan kayu. Kemudian diamkan selama 60 menit hingga kering lalu amplas ambang permukaan tikar plywood tersebut.
  5. Campurkan Biovarnish Clear Coat, BioCide SPF dan air. Kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Untuk hasil yang optimal dan tikar kayu tersebut bisa digunakan, diamkan selama semalaman atau kering sempurna.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here