Cara Mengecat Ulang Rak Kayu Minimalis Mengggunakan Biovarnish

89

Hunian rumah minimalis saat ini sudah umum diterapkan di Indonesia. Dengan ukuran lahan yang kecil tentunya ruangan pun didesain seminimalis mungkin namun tetap lega dan nyaman untuk digunakan. Agar hunian rumah minimalis ini tetap terlihat luas, biasanya membutuhkan peletakan furniture yang tepat. Salah satu furniture yang kini banyak digunakan untuk hunian rumah minimalis adalah rak kayu dengan desain minimalis. Dan rak kayu tersebut biasanya diletakkan pada bagian ruang yang biasanya jarang digunakan seperti bagian sudut. Peletakan rak kayu pada bagian sudut ruangan justru akan memberikan kesan yang baik karena tidak membutuhkan tempat yang banyak.

Namun, furniture yang sudah lama digunakan pasti mengalami pemudaran warna. Cat pada permukaan furniture yang memudar akan sangat mengganggu kesan dalam ruangan terlebih jika cat tersebut  jarang atau tidak pernah dibersihkan. Cat kayu yang memudar bukan hanya mengurangi nuansa ruangan saja melainkan juga berkurangnya perlindungan cat pada furniture. Seperti yang diketahui bahwa kayu merupakan bagian serat alam sehingga akan lebih rawan terserang kerusakan disebabkan ruang yang lembab, rayap atau pun jamur.

Rak kayu dengan tampilan kayu yang sudah memudar sudah waktunya untuk di cat ulang. Dengan mengaplikasikan cat akan meremajakan tampilan rak kayu layaknya seperti baru. Namun, untuk memilih cat kayu harus dilakukan secara teliti terlebih jika Anda melakukannya sendiri. Cat kayu yang banyak beredar di pasaran terdiri dari berbagai macam kualitas namun alangkah baiknya untuk memilih cat kayu yang aman. Cat kayu yang aman merupakan cat kayu yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan rendah VOC. Vehicle Organic Compounds (VOC) merupakan senyawa organik yang mudah menguap dan beracun, apabila senyawa organik ini menguap dalam jumlah banyak akan menyebabkan berbagai masalah lingkungan ataupun kesehatan.

CS Biovarnish

Saat ini, cat kayu yang aman hanya bisa Anda jumpai pada cat water based. Cat kayu tersebut cukup langka di Indonesia karena masih sedikit produsen cat kayu lokal yang memproduksi cat tersebut. Terlebih belum banyak orang mengetahui cat kayu ini sehingga keberadaan cat kayu ini cukup langka. Namun, cat kayu water based tidak langka di kalangan pengusaha mebeling atau pengrajin karena pada umumnya buyer mancanegara sangat memperhatikan akan keamanan produk finishing. Cat kayu water based di Indonesia yang bisa Anda gunakan dan direkomendasikan adalah Biovarnish. Mengecat ulang rak kayu minimalis menggunakan Biovarnish tidak hanya aman saja melainkan akan memberikan tampilan natural kayu yang tajam.

Cara Mengecat Ulang Rak Kayu Minimalis Menggunakan Biovarnish

Untuk mempertajam tampilan natural kayu maka sebaiknya pilih cat kayu dengan transparansi warna yang tajam. Biovarnish merupakan cat kayu yang memiliki tampilan yang tajam dan bahkan mudah untuk diaplikasikan. Biovarnish juga tidak membahayakan lingkungan karena cat kayu ini tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Biovarnish menggunakan bahan yang difomulasikan sesuai dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US EPA dan ECHA Reach.

Buat Anda yang akan mengecat uang rak kayu minimalis menggunakan Biovarnish, sebaiknya perhatikan langkah-langkah dibawah ini untuk mendapatkan tampilan yang optimal:

  1. Rak kayu lama diamplas terlebih dahulu untuk menghilangkan sisa cat kayu yang masih menempel. Pengamplasan ini bertujuan agar cat kayu mudah menempel dengan baik dan hasil warna terlihat lebih sempurna.
  2. Untuk menyamarkan cacat pada rak kayu seperti lubang, gesekan benda tumpul dll maka gunakan Biovarnish Wood Filler. Aplikasikan pada bagian yang cacat kemudian diamkan kurang lebih selama 30 menit. Kemudian amplas hingga rata dengan permukaan kayu tersebut
  3. Agar tampilan kayu terlihat semakin tajam maka gunakan Biovarnish Liquid Stain. Larutkan dengan air terlebih dahulu kemudian aplikasikasikan ke seluruh permukaan rak kayu. Setelah itu, diamkan selama 60 menit dan amplas ambang apabila sudah kering sentuh
  4. Agar cat kayu semakin kuat dan tampilannya semakin tajam, gunakan Biovarnish Sanding Sealer. Lakukan langkah finishing sanding sealer ini seperti halnya dengan langkah no. 3
  5. Gunakan Biovarnish Clear Coat matte atau gloss dan BioCide SPF untuk mencegah kayu terserang jamur. Campurkan Biovarnish Clear Coat, BioCIde SPF dan air lalu aduk hingga homogen. Kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kayu. Diamkan selama semalaman atau hingga kering sempurna dan rak kayu pun siap untuk digunakan.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here