Teknik Aplikasi Cat Kayu Kuas Pada Kursi Goyang Rotan Yang Tepat

1390

Menggunakan cat kayu kuas yang tepat dapat menonjolkan warna asli dari kursi goyang berbahan rotan. Hal tersebut sangat mempengaruhi estetika rotan yang ditonjolkan.

Rotan adalah salah satu media alam yang mudah dijumpai di Indonesia untuk kebutuhan furniture atau perbobotan rumah tangga. Salah satu furniture yang sering menggunakan rotan sebagai media utamanya adalah kursi goyang. Seringkali tampilan furniture ini lebih ke natural untuk menonjolkan warna asli dari rotan itu sediri.

cat-kayu-untuk-kursi-goyang-rotan

CS Biovarnish

Agar tampilan kursi goyang tersebut lebih menarik maka gunakan cat kayu kuas agar dapat melekat dengan baik pada permukaan rotan terutama pada bagian yang sulit dijangkau ketika finishing.

Finishing Kursi Goyang Dengan Cat Kayu Kuas

Kursi goyang sering digunakan untuk bersantai sehingga perlu menggunakan cat kayu kuas yang menggunakan bahan-bahan yang tidak menimbulkan bau yang sangat menyengat. Pada umumnya, cat kayu yang ada di Indonesia masih didominasi dengan cat kayu solvent based yang cenderung dapat menimbulkan bau yang sangat menyengat.

Sedangkan cat kayu yang tidak menimbulkan bau yang menyengat adalah cat water based. Walaupun masih tergolong cat yang baru berkembang di Indonesia namun cat ini juga memiliki kualitas yang bagus. Cat water based malah lebih aman digunakan karena tidak megandung bahan kimia berbahaya. Salah satu cat water based yang bagus digunakan adalah Biovarnis. Agar lebih mengetahui cara aplikasi yang benar cat tersebut, berikut cara aplikasi Biovarnish:

  1. Jika perlu, ampelas permukaan rotan untuk menghilangkan kotoran atau sisa minyak
  2. Gunakan Biovarnish Wood Filler untuk menutup pori-pori rotan.
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain menggunakan kuas, tunggu hingga kering selama 60 menit kemudian ampelas halus
  4. Aplikasikan Biovarnish Clear Coat agar tampilan akhir lebih cemerlang

Cat Kayu Yang Rendah VOC

Biovarnish merupakan cat kayu berbahan water based acrylic yang sudah aman dan ramah lingkungan. Cat ini tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan rendah VOC. Kandungan bahan kimia dan VOC ini disesuaikan dengan standar dari regulasi United State EPA dan ECHA-Reach.

VOC atau Volatile Organic Compouns akan sangat berbahaya jika kandungan yang digunakan lebih melampaui batas keamanan. Namun sering kita jumpai, beberapa bahkan hampir semua cat solvent based memiliki kandungan VOC yanng tinggi.

Berbeda halnya dengan cat kayu kuas dari bahan water based, justru VOC yang terkandung dalam cat sangat rendah. Sehingga tidak berdampak buruk pada kesehatan ataupun lingkungan

Biovarnish merupakan salah satu cat kayu kuas yang memiliki kandungan rendah VOC sehingga lebih aman dan tidak merusak lingkungan.

Tidak hanya aman digunakan, Biovarnish dilengkapi dengan keunggulan-keunggulan yang dapat Anda rasakan selama proses finishing berlangsung. Terlebih cat ini terdiri dari varian yang lengkap.

Anda tidak perlu pusing untuk mendapatkan cat water based karena masih terbatasnya produk ini di pasaran. Biovarnish menjadi solusi terbaik bagi Anda yang ingin mencoba dan merasakan finishing menggunakan cat waterbased.

Ya, Biovarnish terdiri dari berbagai varian produk finishing diantaranya adalah Biovarnish Wood Filler (dempul), Biovarnish Wood Stain & Biovarnish Liquid Stain (wood stain), Biovarnish Sanding Sealer, Biovarnish Clear Coat (topcoat) dan Biovarnish Glaze.

Tentu saja penggunaan produk-produk finishing tersebut disesuaikan dengan kebutuhan finishing yang akan Anda lakukan. Dan menariknya, Biovarnish juga telah memiliki 20 varian warna yang dapat Anda pilih untuk tampilan natural kayu. Tampilan tersebut mulai dari warna kayu terang hingga warna kayu gelap seperti sonokeling.

Biovarnish diformulasikan menggunakan bahan berkualitas sehingga menghasilkan cat yang dapat melekat dengan sempurna. Dengan daya rekat yang kuat serta transparansi warna yang tajam membuat cat tersebut akan terlihat optimal.

Untuk tampilan gloss, cat ini belum dapat mencapai tingkat gloss optimal 100%. Sementara ini, Biovarnish masih berkisaran di persentase 80%. Namun, persentase ini sudah tergolong bagus untuk cat water based.

Jika menginginkan tampilan kilap yang lebih dari 80% maka Anda dapat mengulang beberapa layer pengaplikasian Biovarnish Clear Coat gloss hingga mendapatkan tampilan gloss yang diinginkan.

Kenapa tingkat gloss pada cat water based masih kalah dengan cat solvent? Sebab, cat water based tidak terkandung minyak didalamnya. Kandungan minyak akan membuat cat tersebut lebih cepat mengkilap.

Sayangnya, kandungan minyak pada cat juga berdampak pada tampilan yang akan lebih cepat kusam karena proses penguapan. Selain itu, cat tersebut juga lebih lama kering maka dari itu diperlukan sinar matahari agar cat cepat kering.

Penggunaan cat water based sangat direkomendasikan oleh berbagai pelaku finishing profesional serta pecinta lingkungan. Karena cat ini menghasilkan tampilan yang unik dan tidak membahayakan para aplikator.

Untuk mendapatkan hasil finishing yang lebih optimal maka gunakan produk finishing cat water based secara keseluruhan. Terdapat beberapa kasus aplikator menggunakan cat water based dan cat solvent based.

Hasilnya mungkin tidak terlalu terlihat namun dari segi keamanan justru jelas bahwa ramah lingkungan dari cat tersebut justru hilang. Maka dari itu, sangat disarankan untuk memakai produk ramah lingkungan demi kesehatan orang sekitar Anda.

Cara Pemesanan

Bio Industries adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang perkayuan. Tidak hanya menyediakan cat kayu yang ramah lingkungan saja, perusahaan ini juga menyediakan berbagai produk yang dibutuhkan dalam perkayuan diantaranya bahan bleaching kayu dan perawatan kayu.

Untuk mendapatkan berbagai produk ramah lingkungan seperti Biovarish, Anda dapat langsung menghubungi kontak hotline yang tercantum pada website ini. Untuk lebih sederhana, Anda juga dapat melakukan pemesanan via marketplace, yakni

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Shopee: https://shopee.co.id/Biovarnish.official

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here